Arpad Elo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arpad Elo
ArpadElo.jpg
LahirÁrpád Imre Élő
(1903-08-25)25 Agustus 1903
Egyházaskesző, Kekaisaran Austria-Hongaria (sekarang Hongaria)
Meninggal5 November 1992(1992-11-05) (umur 89)
Brookfield, Wisconsin, Amerika Serikat
KebangsaanHongaria, Amerika Serikat
AlmamaterUniversitas Chicago
Karier ilmiah
BidangFisika
InstitusiUniversitas Marquette

Arpad Emmerich Elo (lahir Élő Árpád Imre;[1][2] lahir di Egyházaskesző, Kekaisaran Austria-Hongaria, 25 Agustus 1903 – meninggal di Brookfield, Wisconsin, Amerika Serikat, 5 November 1992 pada umur 89 tahun) adalah pencipta sistem peringkat Elo untuk permainan dua pemain seperti catur. Lahir di Egyházaskesző, Kekaisaran Austro-Hungaria, ia pindah ke Amerika Serikat bersama orang tuanya pada tahun 1913.

Elo adalah seorang profesor fisika di Universitas Marquette di Milwaukee dan seorang master catur. Pada 1930-an ia adalah pemain catur terkuat di Milwaukee, yang saat itu merupakan salah satu kota catur terkemuka di Amerika. Dia memenangkan Kejuaraan Catur Wisconsin delapan kali.[3]

Elo meninggal di Brookfield, Wisconsin, Amerika Serikat.

Sistem peringkat Elo[sunting | sunting sumber]

Elo terkenal karena sistem penilaian pemain caturnya. Sistem peringkat catur asli dikembangkan pada tahun 1950 oleh Kenneth Harkness, Manajer Bisnis Federasi Catur Amerika Serikat. Pada tahun 1960, dengan menggunakan data yang dikembangkan melalui Sistem Penilaian Harkness, Elo mengembangkan formula sendiri yang memiliki basis statistik yang kuat dan merupakan peningkatan pada Sistem Harkness. Sistem peringkat baru disetujui dan disahkan pada pertemuan Federasi Catur Amerika Serikat di St. Louis pada tahun 1960.

Pada tahun 1970, FIDE, Federasi Catur Dunia, setuju untuk mengadopsi Sistem Peringkat Elo. Sejak saat itu hingga pertengahan 1980-an, Elo sendiri membuat perhitungan peringkat. Pada saat itu, tugas komputasi relatif mudah karena kurang dari 2000 pemain dinilai oleh FIDE.

FIDE menugaskan kembali tugas mengelola dan menghitung peringkat untuk orang lain, tidak termasuk Elo. FIDE juga menambahkan aturan "Kualifikasi untuk Rating" baru ke dalam buku pegangannya yang memberikan peringkat arbitrer (biasanya dalam kisaran 2200, yang merupakan ujung rendah untuk master catur) untuk pemain yang mencetak setidaknya 50 persen dalam permainan yang dimainkan di acara yang dipilih, seperti Olimpiade Catur.[4][5] Elo dan lainnya[siapa?] menolak aturan baru ini karena menganggap rentan oleh sewenang-wenang orang dan motivasi politik.[butuh rujukan]

Buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]