Armageddon Time

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Armageddon Time
Poster resmi
SutradaraJames Gray
Produser
  • Anthony Katagas
  • Marc Butan
  • Rodrigo Teixeira
  • Alan Terpins
  • James Gray
  • Gustavo Debs
Ditulis olehJames Gray
Pemeran
Penata musikChristopher Spelman
SinematograferDarius Khondji
PenyuntingScott Morris
Perusahaan
produksi
  • RT Features
  • MadRiver Pictures
  • Keep Your Head
  • Spacemaker Productions
Distributor
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2022 (2022-05-19) (Cannes)
  • 28 Oktober 2022 (2022-10-28) (Amerika Serikat)
Durasi115 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$15 juta[2]
Pendapatan
kotor
$6.6 juta[3][4]

Armageddon Time adalah film drama Amerika Serikat tahun 2022 yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh James Gray. Film ini dibintangi oleh Anne Hathaway, Jeremy Strong, Banks Repeta, Jaylin Webb dan Anthony Hopkins. Terinspirasi oleh pengalaman masa kecil Gray,[5] film ini menceritakan seorang anak laki-laki Yahudi-Amerika yang berteman dengan teman sekelasnya yang keturunan Afrika-Amerika dan mulai berjuang dengan harapan keluarganya dan tumbuh di masa ketidaksetaraan dan prasangka. Pengambilan gambarnya dilakukan di New Jersey dan di Fresh Meadows, Queens, New York, tempat Gray dibesarkan.

Armageddon Time tayang perdana di Festival Film Cannes 2022 pada 19 Mei 2022, dan dirilis di Amerika Serikat melalui rilis teater terbatas pada 28 Oktober 2022, oleh Focus Features, sebelum ditayangkan secara luas pada 4 November. Film ini mendapat sambutan positif ulasan dari kritikus, tetapi gagal di box office, meraup $6,6 juta dibandingkan anggaran produksi sebesar $15 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980 di Queens, Kota New York, pada hari pertamanya di kelas enam, Paul Graff, keturunan Yahudi-Amerika berteman dengan teman sekelasnya yang pemberontak, keturunan Afrika-Amerika, Johnny Davis. Johnny tidak naik kelas dan mendapat perlakuan lebih kasar dari gurunya saat mereka berdua bercanda di kelas. Paul sering kali melepaskan diri dari tugas sekolahnya dan malah menggambar.

Paul tinggal bersama keluarganya yang stabil secara finansial. Ia dekat dengan kakek dari pihak ibunya, Aaron Rabinowitz, yang mendorongnya untuk mengejar cita-citanya menjadi seorang seniman. Orangtuanya yang bermaksud baik namun tegas, Esther dan Irving, kurang yakin dengan prospek karier Paul sebagai seniman. Pada malam hari, Aaron menceritakan kepada Paul kisah tentang bagaimana ibu Aaron lolos dari penganiayaan antisemitisme di Ukraina, melarikan diri ke London sebelum akhirnya beremigrasi ke Amerika Sserikat bersama suaminya yang berkebangsaan Inggris dan anaknya, Aaron.

Suatu hari, Paul dan Johnny ketahuan sedang merokok di toilet, tidak menyadari bahwa itu adalah obat-obatan terlarang. Marah, Esther mengizinkan Irving memukul Paul sebagai hukuman. Dengan harapan agar ia menjadi lebih disiplin, Paul dikirim ke sekolah swasta Forest Manor Prep oleh orang tuanya, tempat kakak laki-lakinya, Ted, juga bersekolah. Sementara itu, Johnny berhenti bersekolah setelah diturunkan ke pendidikan khusus.

Forest Manor didukung secara finansial oleh pengusaha terkenal Fred Trump, yang juga mendukung Ronald Reagan dalam pemilihan presiden mendatang. Banyak siswa yang juga mendukung Reagan. Pada hari pertama Paul, putri Fred, Maryanne, salah satu alumni dari sekolah tersebut, menyampaikan pidato kepada para siswa tentang bekerja untuk mencapai kesuksesan. Paul melihat keunggulan sekolah tersebut dibandingkan sekolah sebelumnya tetapi tidak merasa diterima. Dia juga kaget dengan komentar rasis siswa lain saat Johnny bertemu dengannya saat istirahat. Johnny mulai tinggal secara rahasia di clubhouse Paul, tidak punya tempat tujuan selain tinggal bersama neneknya yang sakit, tempat pekerja sistem asuh yang mencari Johnny mulai berkunjung secara teratur.

Saat bermain di taman pada akhir pekan, Paul memberi tahu Aaron tentang perjuangannya di sekolah dan bagaimana dia tidak melakukan apa pun saat menyaksikan rasisme. Aaron mendorong Paul untuk menentang hal tersebut ketika dia melihatnya, mengingatkan dia bahwa meskipun antisemitisme masih ada secara sembunyi-sembunyi, dia dan keluarganya masih memiliki hak istimewa karena berkulit putih. Tak lama setelah itu, Aaron meninggal karena kanker tulang, dan keluarganya berduka atas kehilangannya.

Bosan hidup di bawah ekspektasi yang tinggi dari keluarga dan sekolah, serta perlakuan tidak adil terhadap Johnny, Paul meyakinkan Johnny untuk mencuri komputer dari sekolah dan menjualnya agar mereka dapat melarikan diri bersama. Setelah mencuri komputer, mereka ditangkap karena mencoba menggadaikannya. Saat diinterogasi, Paul mengaku bahwa itu semua adalah rencananya. Tapi mengetahui bahwa dia tidak punya pilihan dalam hidup, Johnny mengambil tanggung jawab untuk membiarkan Paul pergi. Paul dan Johnny mengucapkan selamat tinggal, saat Irving datang untuk membawanya pulang tanpa konsekuensi apa pun karena Irving pernah membantu petugas yang menginterogasi Paul. Di rumah, Irving mengaku kepada Paul bahwa dia bersimpati atas rasa frustrasinya terhadap ketidaksetaraan rasial yang tidak adil di Amerika Serikat, namun mengatakan kepadanya bahwa mereka harus bertahan hidup untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Keduanya setuju untuk tidak memberi tahu ibunya apa yang terjadi, karena dia masih berduka atas ayahnya.

Beberapa hari kemudian, keluarga Graff kecewa dengan kemenangan Reagan dalam pemilu, sementara Paul fokus pada tugas sekolah. Saat pesta dansa Thanksgiving di sekolah, Fred Trump berbicara kepada para siswa, mengungkapkan harapan bahwa mereka akan menjadi elit sukses berikutnya. Paul yang kecewa pergi saat pidatonya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Banks Repeta sebagai Paul Graff
  • Anne Hathaway sebagai Esther Graff
  • Jeremy Strong sebagai Irving Graff
  • Jaylin Webb sebagai Johnny Davis
  • Anthony Hopkins sebagai Aaron Rabinowitz
  • Tovah Feldshuh sebagai Mickey Rabinowitz
  • Ryan Sell sebagai Ted Graff
  • John Diehl sebagai Fred Trump
  • Jessica Chastain sebagai Maryanne Trump
  • Andrew Polk sebagai Mr. Turkeltaub
  • Teddy Coluca sebagai Uncle Louis
  • Marcia Haufrecht sebagai Aunt Ruth
  • Dane Zagarino sebagai Topper Lowell

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 76% dari 226 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6,8/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Armageddon Time menemukan penulis-sutradara James Gray menggali masa lalunya sendiri dan kembali dengan drama yang diperankan dengan baik dan menyegarkan, bebas dari nostalgia."[6] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan skor 74 dari 100 berdasarkan 54 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya disukai".[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Armageddon Time". Cannes Film Festival. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 20, 2022. Diakses tanggal May 9, 2022. 
  2. ^ "Focus Features Finalizing $15M WW Deal For James Gray-Directed 'Armageddon Time:' Virtual Cannes". Deadline. July 7, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 21, 2022. Diakses tanggal October 10, 2022. 
  3. ^ "Armageddon Time (2022)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal November 23, 2022. 
  4. ^ "Armageddon Time (2022)". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal December 22, 2022. 
  5. ^ "Armageddon Time: James Gray's Apologetic Origin Story". National Review. 28 October 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2022. Diakses tanggal 4 December 2022. 
  6. ^ "Armageddon Time (2022)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 13 Februari 2024. 
  7. ^ "Armageddon Time". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal November 12, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]