Apa Kata Yaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Apa Kata Yaya?)

Apa Kata Yaya
PembuatAnimonsta Studios
Negara asal Malaysia
Bahasa asliBahasa Melayu
Jmlh. episode27 (daftar episode)
Produksi
DurasiSekitar 1 menit
Rilis asli
Jaringan
Format gambar16:9 720p (HD)
RilisPilot:
06 Juli 2011 (2011-07-06)
Resmi:
23 Juni 2013 (2013-06-23) –
06 Maret 2014 (2014-03-06)
Acara terkait
BoBoiBoy

Apa Kata Yaya adalah cuplikan video pendek berbentuk teladan yang diunggah di akun resmi YouTube di saluran AnimonstaStudios (Mini Monsta) di mana Yaya bertindak sebagai penasihat, sesekali melihat teman-teman dan adiknya yang berperilaku tidak wajar dalam berbagai situasi. Ia merupakan sempalan dari seri animasi BoBoiBoy.

Episode[sunting | sunting sumber]

Video Apa Kata Yaya yang pertama diunggah ke YouTube pada tahun 2011 melalui saluran lama, animonstamedia. Video ini kemudian diperbarui dengan wajah baru pada karakter-karakter tersebut dan diunggah kembali di YouTube melalui saluran yang baru, Mini Monsta (sebelumnya AnimonstaStudios) serta disiarkan di TV3 pada awal bulan Ramadan pada tahun 2013 dengan disponsori oleh Kuwait Finance House.

Judul Tanggal diunggah Ringkasan
Elak Makan Makanan Ringan

6 Juli 2011 (asli)


13 Juli 2013 (baru)
Gopal dengan bantuan BoBoiBoy mengubah barang-barang yang dibuang menjadi kerupuk, permen, cokelat dan sebagainya, tetapi dihentikan oleh Yaya yang berpesan kepada mereka bahwa makanan ringan akan membahayakan kesehatan. Akhirnya, gigi depan Gopal patah maka dia harus buru-buru bertemu dengan dokter gigi.
Pulangkan Barang Yang Dijumpai 23 Juni 2013 Gopal ingin mentraktir teman-temannya makan dengan uang dari dompet yang dia temukan di jalan, tapi Yaya cepat menegurnya supaya pergi ke kantor polisi mengembalikan kembali dompet itu kepada pemiliknya.
Pentingnya Sarapan Gopal kurang bersemangat menaiki tangga ke sekolah dibandingkan teman-temannya karena tidak sempat bersarapan. Yaya berpesan betapa pentingnya sarapan untuk kesehatan fisik.
Buat Baik Dengan Haiwan Yaya dan Ying menemukan seekor anak kucing yang terlantar di dalam kotak di pinggir jalan, tetapi kedua-duanya tidak bisa mempertahankannya karena dilarang oleh keluarga masing-masing. Akhirnya mereka membawa kucing itu ke sekolah dan meminta teman-temannya yang lain untuk mengumpulkan dana untuk menampung perawatannya.
Jangan Potong Barisan 13 Juli 2013 Setelah mendengar pengumuman Makcik Kantin bahwa hanya tersisa tiga biji donat wortel, Fang terburu-buru memotong antrean untuk mengambil semua donat yang tersisa. Setelah ditegur oleh Yaya karena perbuatan serakahnya, Fang akhirnya terjatuh dan semua donatnya masuk ke dalam lumpur.
Bersabar dengan Adik Kecil ToToiToy meminta Yaya untuk bermain mainan bersama tetapi Yaya meminta bermain setelah dia selesai membuat biskut (dengan bahan tidak wajar). Namun ToToiToy mencoret dinding dan Yaya membujuk ToToiToy untuk melukis di kertas sampai akhirnya Yaya dilukis bunga di mata Yaya.
Belajarlah Secara Bijak BoBoiBoy, Gopal dan Iwan belajar kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sulit, tetapi lama-kelamaan bertengkar hingga Iwan pun pingsan. Yaya menyela dan memesan mereka untuk mendapatkan seseorang yang ahli dalam matapelajaran tersebut.
Utamakan Keselamatan Tok Aba menjemput BoBoiBoy, Ochobot dan Yaya naik mobil ke taman. Dalam perjalanan, Yaya segera memesan teman-temannya untuk menggunakan sabuk pengaman, tetapi Tok Aba membuat perjalanan dekat sebagai alasan hinggalah mobilnya nyaris menabrak kucing.
Siapkan Kerja Sekolah BoBoiBoy dan Gopal cemas karena lupa mengerjakan pr, tetapi setelah Ying menjatuhkan buku latihannya, mereka mengambil kesempatan. Pada akhirnya, mereka dihukum karena semua jawaban salah (karena subjek buku berbeda).
Semangat Menabung 18 Juli 2013 BoBoiBoy dan Gopal tertarik dengan sebuah mobil mainan dikendalikan jarak jauh baru di toko, tetapi cepat kehilangan semangat dek harganya mahal, hinggalah Yaya menunjukkan mobil yang dibeli sendiri berkat dari duit simpanannya.
Menabung Dengan Cara Berjimat 19 Juli 2013 BoBoiBoy menahan lapar di kantin semata-mata demi 'semangat menabung'. Yaya menasehati BoBoiBoy supaya menabung dengan berhemat supaya tidak menyiksa diri sendiri, yaitu mengikut resam "sikit-sikit lama-lama jadi bukit".
Episod Ramadhan 1 Agustus 2013 Yaya menegur BoBoiBoy yang buat-buat letih semata-mata karena mengerjakan ibadah puasa.
Bersenam Jangan Tak Bersenam 3 Agustus 2013 Di kelas pendidikan jasmani, Yaya menegur sikap Gopal yang malas bersenam, dan oleh itu cepat letih.
Ziarahi Orang yang Sakit 5 Agustus 2013 Yaya mengajak BoBoiBoy dan Gopal untuk menjenguk Ying yang jatuh sakit, dan BoBoiBoy mengusulkan untuk membawa buah tangan.
Tidur Pada Waktu Sesuai Tok Aba mengejutkan BoBoiBoy untuk bangun dari tidurnya karena "sudah lambat". BoBoiBoy pun bersiap untuk ke sekolah, tetapi ternyata yang dimaksud oleh Tok Aba adalah "nanti lambat nak solat maghrib berjemaah".
Tidurlah Awal 6 Agustus 2013 BoBoiBoy tertidur di kelas karena tidak cukup tidur, karena bergadang untuk menonton sepak bola.
Gunakan Duit Simpanan Dengan Cermat 13 Agustus 2013 BoBoiBoy mengumpulkan duit yang cukup untuk membeli permainan video "Papa Zola - Kebenaran di Lorong Kegelapan 2", tetapi akhirnya memilih benda lain demi memijat Tok Aba dengan duit yang ada.
Hargai Apa Yang Ada Sambil bekerja di toko, BoBoiBoy girang mengingat dia berbagi main helikopter dikendalikan jarak jauh dengan teman-teman sekolah. Tok Aba mengambil hati lalu memberi BoBoiBoy layang-layang edisi terbatasnya.
Uruskan Masa Dengan Cermat 4 September 2013 BoBoiBoy dan Gopal rugi melewatkan Funfair karena menunda pekerjaan merapikan warung semata-mata demi menikmati diri dengan permainan video atau televisi.
Gotong Royong Jaga Kebersihan Gigitan nyamuk terhadap Gopal mendorong BoBoiBoy dan teman-temannya untuk membersihkan Taman Pulau Rintis yang kotor.
Tabung Simpanan 5 November 2013 Yaya memberitahu BoBoiBoy dan Gopal bahwa dia menyimpan duit di dalam dua tabung untuk dua tujuan berbeda.
Sentiasa Berlaku Adil BoBoiBoy, Gopal dan Fang rebutan penggaris Papa Zola edisi terbatas; Yaya memesan mereka supaya bergantian menggunakannya.
Bersedekah 6 Maret 2014 Yaya memesan tiga minuman dari Tok Aba, dua diantaranya untuk disedekahkan kepada golongan miskin.
Akui Kesalahan Gopal bersembunyi di dalam toko Tok Aba untuk bersembunyi dari ayahnya yang marah karena memecahkan cangkir kesayangannya.
Jimat Elektrik BoBoiBoy tertidur sambil membiarkan peralatan listrik terpasang setelah puas merapikan rumah.
Cita-Cita Papa Zola menyemai semangat bercita-cita tinggi kepada kalangan murid-murid.
Selamat Hari Raya Yaya mengajak teman-temannya menikmati jamuan raya tanpa bersikap terlalu cerewet.