Anne dari Bohemia (1323–1338)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Anne dari Bohemia (1323 – 3 September 1338), juga dikenal sebagai Anna dari Luksemburg, adalah putri Jan Lucemburský dan istri pertamanya, Eliška. Anne berasal dari keluarga Wangsa Luksemburg.[1]

Kehidupan awal dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Anne dilahirkan pada tahun 1323. Pada saat ibundanya tinggal di pengasingan di Bayern (di kota perbatasan Cham), jauh dari Bohemia. Anne memiliki saudari kembar, Eliška yang dinamakan sama seperti ibundanya namun ia meninggal ketika ketika berusia satu tahun. Jan mengirim istri dan putri kembarnya uang selama mereka berada di pengasingan. Eliška kembali ke Bohemia pada tahun 1325. Ia dan Anne; Eliška yang lebih muda meninggal pada tahun sebelumnya. Ibundanya tidak pernah benar-benar sehat setelah mereka kembali, namun ia hidup sampai lima tahun kemudian. Eliška meninggal pada tahun 1330, dari penyakit Tuberkulosis.

Anne adalah saudari dari:

Setelah kematian Eliška, Jan menikah lagi dengan Beatrice dari Bourbon. Jean dan Beatrice memiliki dua orang anak, Václav I dari Luksemburg dan Bonne, yang mati muda.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Anne dijodohkan dua kali, sebelum ia menikah. Perjodohan pertamanya adalah dengan László, putra Károly Róbert dan Elżbieta dari Polandia. Perjodohan itu berakhir ketika László meninggal pada tahun 1329. Jika László selamat dan pasangan tersebut menikah, Anne akan menjadi Ratu Hongaria.

Ia dijodohkan kedua kalinya dengan Ludwig II dari Brandenburg. Perjodohan ini berakhir karena ayahanda Ludwig, Ludwig IV, Kaisar Romawi Suci, dapat diekskomunikasikan oleh Paus.

Anne akhirnya menikah pada tanggal 25 Maret 1330 dengan Otto dari Austria. Ini adalah pernikahan kedua bagi Otto, istri pertamanya, Elizabeth dari Bayern meninggal setelah melahirkan dua orang putra untuknya.

Pernikahan itu berlangsung selama delapan tahun. Pada waktu itu, Anne masih kanak-kanak dan masih terlalu kecil untuk memiliki keturunan. Anne dan Otto tidak memiliki keturunan, dan Anna meninggal pada usia lima belas tahun. Suaminya meninggal beberapa bulan kemudian dan digantikan oleh putra-putranya dari pernikahan pertamanya dengan Elisabeth dari Bayern.[2][3]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]