Markéta dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Markéta dari Bohemia (1313-1341) merupakan putri Raja Jan Lucemburský dan istri pertamanya Eliška dari Bohemia.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Markéta adalah kakak Kaisar Romawi Suci Karl IV, yang dinobatkan pada tahun 1349. Kakek maternal Markéta adalah Vaclav II dari Bohemia dan istri pertamanya, Guta dari Habsburg. Kakek paternalnya adalah Heinrich V, Kaisar Romawi Suci dan istrinya Margaretha dari Brabant. Ketika Markéta berusia sekitar tujuh belas tahun, ibundanya meninggal. Ayahandanya memutuskan untuk menikah lagi dengan Béatrice dari Bourbon. Mereka memiliki seorang putra, Václav, yang menggantikan ayahandanya di Luksemburg. Saudara-saudaranya yang lain termasuk: Bonne (istri Jean II dari Prancis), Jan Jindřich, Markgraf Moravia dan Anna (istri Otto, Adipati Austria)

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Markéta menikah dengan Heinrich XIV, Adipati Bayern di Straubing pada tanggal 12 September 1328. Keturunannya dengan Heinrich XIV dari Bayern adalah:

Suami Markéta berkonflik dengan saudaranya Otto IV (meninggal tahun 1334) dan sepupunya, Heinrich XV, Adipati Bayen atas partisi tanah mereka yang memperburuk hubungan di antara kaisar dan Heinrich XIV, yang bersekutu dengan ayahanda Markéta, Jan. Beberapa bulan setelah rekonsiliasi dengan Ludwig IV pada bulan Februari 1339 Heinrich meninggal karena penyakit kusta dan digantikan oleh putra sulungnya, Johann I, Adipati Bayern. Dengan kematian Adipati Johann I pada tahun 1340 Ludwig IV, Kaisar Romawi Suci menjadi ahli waris Bayern Hilir dan kemudian menyatukan kembali kadipaten Bayern. Markéta sebagai anggota keluarga Wangsa Luksemburg harus kembali ke Bohemia.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Richardis dari Jülich
Adipati Bayern Hilir
1328–1339
Diteruskan oleh:
Margarete dari Tirol (Bayern dipersatukan)