Jan Jindřich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jan Jindřich
John Henry I of Moravia.jpg
Jan Jindřich di Katedral Santo Vitus
Markgraf Moravia
Berkuasa1349 – 12 November 1375
PendahuluKarl IV
PenerusJošt Moravský
Comte Tirol
Berkuasa1335-1341
Lahir12 Februari 1322
Wafat12 November 1375
Brno, Moravia
Pemakaman
WangsaWangsa Luksemburg
AyahJan Lucemburský
IbuEliška dari Bohemia
PasanganMargaret Maultasch dari Tirol
(cerai 1342)
Markéta dari Opava
AnakKateřina dari Moravia
Jošt Moravský
Alžběta dari Moravia
Anna dari Moravia
Jan Soběslav
Prokop dari Moravia

Jan Jindřich dari Luksemburg (Bahasa Jerman: Johann Heinrich; 12 Februari 1322 – 12 November 1375)[1] adalah Comte Tirol dari tahun 1335 sampai 1341 dan Markgraf Moravia dari tahun 1349 sampai kematiannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Jindřich lahir di Melnik, putra ketiga yang masih hidup dari Raja Jan Lucemburský dari Wangsa Luksemburg dan Ratu Eliška dari Bohemia. Oleh karena itu, Jan Jindřich adalah adik Kaisar Karl IV.

Ayahandanya Jan telah berupaya untuk berdamai dengan mantan saingannya Heinrich, Adipati Kärnten dan Comte Tirol, yang dipecat olehnya sebagai Raja Bohemia pada tahun 1310. Pada tahun 1327, putranya, Jan Jindřich, dan putri Heinrich, Margarete Maultasch, bertunangan. Heinrich tidak memiliki keturunan laki-laki dan Jan Lucemburský berharap untuk membesarkan tanah Luksemburg. Jan Jindřich dan Margarete menikah pada tanggal 16 September 1330 di Innsbruck. Namun demikian, Kaisar Ludwig IV pada tahun yang sama diam-diam menjanjikan kadipaten Kärnten termasuk Perbatasan Carniola dan bagian-bagian besar Tirol ke Austria, adipati Albrecht II dan Otto dari Austria dari Wangsa Habsburg.

Dengan demikian, setelah Heinrich dari Gorizia-Tirol meninggal pada tahun 1335, Kaisar Ludwig IV memberikan Kärnten dan Tirol selatan termasuk jabatan maharaja di Trent dan Brixen untuk para adipati Habsburg, yang mereka sendiri dapat merujuk ke ibunda mereka Elisabeth dari Gorizia-Tirol, adinda almarhum Heinrich. Raja Jan Lucemburský yang merasa kehilangan, mengakhiri pertengkarannya dengan Kazimierz III dari Polandia dan berkampanye kadipaten Austria. Perdamaian disimpulkan di kota Enns pada tanggal 9 Oktober 1336, ketika Jan Lucemburský meninggalkan Kärnten, sedangkan Margarete Maultasch dan Jan Jindřich dapat mewarisi Tirol.

Karl IV bertindak sebagai pemangku takhta untuk adiknya, Jan Jindřich yang berusia empat belas tahun dan ia segera berkonflik dengan bangsawan Tirol. Selain itu, Jan Jindřich dan istrinya yang kabarnya buruk rupanya diisukan tidak memiliki pernikahan yang bahagia. Margarete akhirnya memimpin pemberontakan melawan suaminya, ketika ia menolaknya akses ke Kastil Tirol pada tanggal 1 November 1341. Jan Jindřich melarikan diri ke Negara Patriarkal Aquileia, sementara istrinya menuntut bahwa pernikahan mereka tidak pernah terwujud. Margarete didukung oleh Kaisar Ludwig IV, yang memiliki rencana untuk menjamin warisan Tirol untuk Wangsa Wittelsbach. Ia mengutus sarjana Marsilius dari Padua dan William dari Ockham untuk mengabarkan bahwa pernikahan tersebut tidak berlaku. Pada tahun 1342, Margarete mengambil warisannya di Tirol untuk suami berikutnya, putra Kaisar dan adipati Bayern, Ludwig V.

Lambang Jan Jindřich, Markgraf Moravia.

Merasa dipermalukan, Jan Jindřich kembali ke Bohemia. Setelah pernikahannya secara resmi dibubarkan menurut hukum kanon pada tahun 1349, ia menikah dengan Markéta dari Troppau (Markéta dari Opava), putri Mikuláš II, Adipati Troppau. Karl IV memberinya Perbatasan Moravia sebagai apanase. Pernikahan ini menghasilkan beberapa putra (namun tidak ada seorang anakpun yang selamat, sehingga garis Jan Jindřich berakhir pada tahun 1411). Yang sulung adalah Markgraf Jobst dari Moravia, Elektor Brandenburg pada tahun 1388, yang pada tahun 1410 terpilih menjadi Raja Romawi, namun sesungguhnya adalah saingan raja.

Setelah Markéta dari Troppau (Markéta dari Opava) meninggal pada tahun 1363, Jan Jindřich menikah dengan Margarete dari Austria, putri Adipati Albrecht II dari Austria dan janda putra Margarete Maultasch, Meinhard III dari Gorizia-Tirol.

Ia dimakamkan di Biara Santo Thomas di Brno.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]