Ambang (geografi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aldersund di Helgeland, Norwegia memisahkan pulau Aldra (sisi kiri) dari benua

Dalam geografi, ambang adalah kumpulan air yang lebih kecil yang biasanya terhubung dengan laut atau samudera. Sebuah ambang mungkin merupakan ceruk yang lebih dalam dari sebuah teluk dan lebih lebar dari sebuah fiord ; atau saluran laut sempit atau saluran laut antara dua daratan, seperti selat ; atau juga laguna antara gisik penghalang dan daratan.[1] [2]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Øresund ( Inggris: The Sound </link> ), dari Helsingborg, Swedia

Ambang sering kali dihasilkan oleh lautan yang membanjiri lembah sungai . Hal ini menghasilkan saluran masuk yang panjang dimana lereng bukit lembah yang landai turun ke permukaan laut dan terus berada di bawah air hingga membentuk dasar laut yang landai. ini lebih tepat disebut ria . Ambangarlborough di Selandia Baru adalah contoh bagus dari jenis formasi ini.

Terkadang ambang dihasilkan oleh gletser yang membelah lembah di pantai kemudian surut, atau laut yang menyerbu lembah gletser. Gletser menghasilkan ambang yang sering kali memiliki sisi curam dan hampir vertikal yang memanjang jauh di bawah air. Dasar laut seringkali datar dan lebih dalam di ujung daratan dibandingkan ujung ke arah laut, karena endapan morain glasial. Jenis suara ini lebih tepat disebut fiord (atau fiord). Ambang-ambang di Fiordland, Selandia Baru, terbentuk dengan cara ini.

Ambang umumnya berkonotasi dengan pelabuhan yang dilindungi. Ini bisa menjadi bagian dari sebagian besar pulau-pulau besar.

Dalam penggunaan yang lebih umum di Eropa utara, ambang adalah selat atau bagian tersempit dari sebuah selat. Di Skandinavia dan sekitar Laut Baltik, terdapat lebih dari seratus selat bernama Sund, sebagian besar diberi nama berdasarkan pulau yang dipisahkan dari benua atau pulau yang lebih besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "sound-3". TheFreeDictionary.com. Diakses tanggal 3 March 2013. 
  2. ^ "sound-4". Oxford English Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 August 2012. Diakses tanggal 3 March 2013.