Ambalresmi, Ambal, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ambalresmi
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanAmbal
Kodepos54392
Kepadatan-

Ambalresmi adalah merupakan sebuah desa di kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Ambalresmi merupakan daerah pusat perekonomian dan pemerintahan di Kecamatan Ambal bersama Desa Kenoyojayan. Desa Ambalresmi dibagi menjadi 7 Pedukuhan. Dahulu daerah ini merupakan sebuah Kadipaten selama kurang lebih 3,5 tahun.

Kesenian tradisional yang khas daerah ini antara lain Kepang Pur yang masih sejenis dengan tarian kuda lumping. Kemudian terdapat kesenian Janeng yang masih sejenis musik rebana. Makanan khas yang terkenal dari daerah ini adalah Sate Ambal dan Emping Melinjo yang renyah dan gurih. Budaya lainnya adalah Enthak-Enthik yang diadakan setiap bulan Maulid dan Sabanan yang diadakan setiap bulan Saban. Hampir semua budaya di daerah ini berhubungan dengan laut, hal tersebut dikarenakan wilayah Desa Ambalresmi terletak di daerah Urut Sewu yang merupakan wilayah bibir pantai Samudra Hindia. Desa ini juga mempunyai grup namanya Pansel yang dirintis oleh masyarakat Dukuh Kapung Wetan.

Idul Fitri di Desa Ambalresmi di rayakan selama hampir 2 minggu. Lomba pacuan kuda diadakan setiap tahun terutama saat Idul Fitri. Wisata yang ada di daerah ini berupa wisata laut, pasar malam, hiburan ketoprak, dll. Terdapat dua pemakaman besar yang cukup angker disebelah timur namanya Kranji dan di barat nama makamnya adalah Kalijo. Masyarakat setempat biasanya menyebut makam dengan sebutan "Stono". Di utara pasar juga terdapat sebuah makam yang sering di ziarahi yaitu Makam Mbah Jogoresmi.

Sebelum JLSS (Jalur Lintas Selatan Selatan) dibuka, pusat pemerintahan Desa Ambalresmi kerap bergeser setiap ada pergantian Kepala desa. Kapung Wetan yang letaknya di utara Pasar Ambal yang menjadikan daerah paling favorit untuk dikunjungi. Konon dulu kabarnya banyak pendatang dari Mataram yang menetap di Desa Ambalresmi, bahkan termasuk pada jamannya Diponegoro. Di salah satu bekas rumah dinas Bupati masih dijumpai peninggalan2 Mataram. Desa Ambalresmi memiliki beberapa bahasa yang digunakan yaitu Ngapak Jogja-Solo, Ngapak Ndeso, dan Ngapak Banyumasan. Terdapat 2 Sekolah dasar di Desa Ambalresmi yakni SDN 1 Ambal dan SDN 2 Ambal. Kemudian juga terdapat SMPN 1 Ambal serta SMKN 1 Ambal

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Utara: Desa Kenoyojayan dan Desa Ambalkliwonan
  2. Selatan: Samudra Hindia
  3. Barat: Desa Kenoyojayan
  4. Timur: Desa Kaibonpetangkuran

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dukuh Kapung Wetan
  2. Dukuh Kapung Kulon
  3. Dukuh Jogoresmen Kulon
  4. Dukuh Jogoresmen Wetan
  5. Dukuh Alun-alun
  6. Dukuh Kebonan
  7. Dukuh Manisjangan