Aleida March

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Che-airport-14mar65.jpg
Che Guevara - Familia.jpg

Aleida March (lahir pada 1937 di Santa Clara, Kuba) adalah istri kedua Ernesto "Che" Guevara, dan anggota tentara Kuba pimpinan Castro.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Aleida March adalah seorang kombantan aktif dalam Kampanye Che Guevara pada Desember 1958. Ia hadir saat pertempuran Las Villas dimana Pasukan 8 dari Gerakan 26 Juli diperintah oleh Fidel Castro untuk menaklukan pasukan militer Presiden Fulgencio Batista di provinsi tersebut.

Pernikahannya dengan Che Guevara dikabarkan terjadi pada 23 Maret 1959 dan 2 Juni 1959, setelah Che bercerai dengan Hilda Gadea. Sebuah upacara sipil diadakan di benteng militer La Cabaña.[1] Setelah pernikahan 2 Juni, Guevara dan Aleida datang ke Tarara, sebuah kota resor pinggir laut yang berjarak 20 kilometer dari Havana untuk berbulan madu.[2] Pasangan tersebut memiliki empat anak: Aleida, Camilo, Celia, dan Ernesto.

Ia adalah pengarang buku Evocation tentang kisah cinta dan pernikahannya dengan Che Guevara, dan membesarkan empat anak mereka setelah Che meninggal.[3]

Dalam biopik 2008 Che, ia diperankan oleh Catalina Sandino Moreno, sementara dalam biopik 2005 Che Guevara, ia diperankan oleh Paula Garcés.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ABC News, Life and Death of Che Guevara.
  2. ^ Castaneda, p. 159.
  3. ^ New York Daily News, 1 October 2007.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Castaneda, Jorge, The Life and Death of Che Guevara: Companero, New York: Vintage Books (1998) ISBN 0-679-75940-9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]