Alat tulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Alat tulis adalah peralatan yang dipergunakan untuk menuliskan atau menorehkan tanda atau bentuk di atas suatu permukaan. Alat ini biasanya digunakan dengan menggunakan tangan dan mengandung zat pigmen untuk mewarnai permukaan. Permukaan yang biasa digunakan adalah permukaan berpori-pori untuk menyerap pigmen diantaranya adalah jenis kertas, plastik, kaca, kulit, kayu dan lain-lain.

Jenis alat tulis[sunting | sunting sumber]

Alat tulis terdiri atas berbagai jenis, namun jenis yang paling umum ditemui adalah pensil, bolpoin, pena, spidol, serta kapur tulis.

Pensil[sunting | sunting sumber]

Pensil biasanya sebutan alat tulis yang mengandung grafit sebagai pigmen. Grafit dibungkus oleh kayu, namun pada saat ini pembungkus grafit bisa berupa kertas keras maupun sejenis karet lentur. Selain itu saat ini pensil mekanik dipergunakan dengan luas. Pensil mekanik adalah alat tulis yang memiliki alat mekanik didalamnya untuk mengatur pengeluaran grafit dan grafit dapat diisi ulang.

Pena[sunting | sunting sumber]

Awalnya dibentuk dari bulu angsa yang di potong meruncing bagian ujungnya dan sebelum menulis harus dicelupkan kedalam tinta terlebih dahulu. Pena modern saat ini tidak lagi terbuat dari bulu angsa, namun dapat terbuat dari plastik, stainless steel, kuningan dengan ujung lancip serta memiliki selongsong tempat penyimpanan tinta sehingga tidak diperlukan lagi pencelupan ke dalam tinta. Beberapa jenis pena saat ini juga dapat merupakan alat untuk menunjukkan kelas sosial pemiliknya. Pena berharga seringkali hanya digunakan untuk membubuhkan tanda tangan.

Bolpoin[sunting | sunting sumber]

Adalah perkembangan dari pena, namun memiliki ujung membulat seperti bola yang berguna untuk mengatur pengeluaran tinta. Bolpoin lebih sering digunakan untuk keperluan menulis sehari-hari.

Spidol[sunting | sunting sumber]

Alat tulis yang memiliki ujung lunak untuk menulis. Spidol lebih sering digunakan untuk keperluan khusus atau menggambar. Memiliki tinta khusus yang mengandung alkohol disimpan dalam sejenis busa yang dapat menguap jika terpapar udara terus menerus.

Alat tambahan[sunting | sunting sumber]

Selain alat tulis yang telah disebut di atas, terdapat pula penghapus yang gunanya untuk melakukan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan dengan menggunakan pensil. Penyerut pensil digunakan untuk menajamkan ujung pensil, sehingga menghasilkan tulisan yang lebih rapi. Penggaris, selain digunakan sebagai alat ukur juga digunakan untuk membantu dalam pembuatan garis pada tulisan.