Pori-pori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pori-pori adalah folikel rambut kecil di kulit. Ketika tersumbat oleh minyak dan kotoran folikel ini akan tampak lebih besar, ukuran pori-pori bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Pori-pori membesar disebabkan karena meningkatnya sel-sel kulit mati yang menumpuk di dasar pori-pori, dan karena kondisi pori-pori tersumbat maka minyak berlebih tidak dapat diserap oleh kulit. Pori-pori memiliki fungsi yang penting, jadi jangan menganggap bahwa pori-pori hanya akan mengganggu penampilan anda.

Selain sebagai tempat tumbuhnya rambut, pori-pori juga berfungsi sebagai jalan minyak untuk sampai ke permukaan kulit. Minyak tersebut lah yang akan melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

Pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati atau minyak dalam waktu tertentu akan membentuk sebuah komedo hitam maupun putih. Selain terbentuknya komedo, pori-pori yang tersumbat juga bisa menimbulkan jerawat.

Untuk mengecilkan pori-pori secara alami sebenarnya tidak sulit, cukup dengan menjaga kebersihan terutama wajah dan pembersihan atau perawatan secara rutin. Berikut ini beberapa cara mengecilkan pori-pori secara alami :

1. Mandi Uap

Mandi uap sangat direkomendasikan oleh para ahli kecantikan, karena dengan mandi uap pori-pori akan terbuka dan lebih mudah membersihkannya.

2. Cuka Apel

Selain mengatasi jerawat dengan cuka apel Diarsipkan 2020-01-12 di Wayback Machine., ternyata cuka apel juga berguna untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air kemudian celupkan kapas dan oleskan ke bagian wajah anda.

3. Es Batu

Es batu juga dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya tergolong sangat mudah, yaitu bungkus sebongkah es batu dengan kain atau saputangan lalu oleskan pada wajah Anda. Supaya pori-pori wajah mengecil lakukan cara tersebut selama 15 menit.

4. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid yang terdapat pada minyak zaitun berfungsi untuk membantu menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga mengandung zat anti-oksidan yang disebut polifenol, dan zat polifenol inilah yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan minyak zaitun yaitu campurkan 1sdm minyak zaitun dengan 1sdt madu kemudian gunakan campuran tersebut sebagi masker wajah.

5. Jeruk Nipis

Vitamin C dan anti-oksidan yang terkandung pada buah jeruk dapat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat dan mengatasi minyak berlebih. Maka dari itu jeruk nipis diyakini sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Cara mengecilkan pori-pori wajah[pranala nonaktif permanen] menggunakan jeruk nipis yaitu belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu peras airnya, setelah itu oleskan perasan jeruk nipis tersebut ke bagian wajah dan setelah 15 menit bilas dengan air bersih