Akademi Militer India

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Akademi Militer India
Indian Military Academy, Dehradun, Uttrakhand, India.jpg
Motoवीरता और विवेक (Berani dan Bijak)
Didirikan1 Oktober 1932
JenisAkademi Militer
KomandanLetnan Jenderal
LokasiDehradun, Uttarakhand, India
WarnaMerah darah dan Abu-abu baja
        
Pada saat upacara wisuda taruna Akmil India

Akademi Militer India (Bahasa Hindi: भारतीय सैन्य अकादमी - Bhaarateey Sainy Akaadamee), (Bahasa Inggris: Indian Military Academy) disingkat IMA adalah akademi pembentukan dan pelatihan perwira Angkatan Darat India. Akademi tersebut didirikan pada 1932. Akademi ini terletak di kaki pegunungan Himalaya, sekitar 8 km sebelah barat Dehradun di negara bagian Uttarakhand, India utara. Kampusnya ada di National Highway 72 (Jalan Raya Nasional 72), yang memisahkan Kampus Utara dan Selatan. Kampus akademi tersebut awalnya membentang 206 hektar dan sekarang wilayah akademinya adalah 1.400 hektar (5,7 km2).

Dibangun pada tahun 1930, Balai Chetwode di halaman depan lapangan utama menjadi markas administrasi Akmil India dan juga merupakan pusat pelatihan akademis. Memiliki ruang kuliah, lab komputer dan kafe perwira. Di seberang Lapangan utama adalah Auditorium "Khetarpal". Diresmikan pada tahun 1982, ia memiliki kapasitas tempat duduk lebih dari 2000.

Sayap baru dari Aula Chetwode, ditambahkan pada tahun 1938, menyimpan Perpustakaan Pusat. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 100.000 jilid dan langganan ratusan sumber pustaka dari seluruh dunia, selain bagian multimedia. Selain itu, ada dua perpustakaan cabang yang dekat dengan barak kadet (Taruna) di seberang kampus.

Museum Akmil India di kampus menampilkan artefak penting sejarah. Di antara peninggalan perang lainnya, ini menampilkan pistol Letnan Jenderal Amir Abdullah Khan Niazi dari Angkatan Darat Pakistan yang diserahkannya kepada Letnan Jenderal Jagjit Singh Aurora setelah menandatangani Instrumen Penyerahan untuk mengakhiri Perang Pembebasan (Liberation War) tahun 1971.

Kediaman komandan kampus adalah struktur kolonial yang tampan dengan taman 6 hektar yang indah. Menawarkan panorama Sungai Tons yang dilatar-belakangi oleh pegunungan Himalaya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, kadet ditampung di Perempat GC, yang terdiri dari Kingsley dan Collins Blocks. Dengan pertumbuhan Akmil India menjadi lima batalyon taruna, beberapa batalyon ditampung di barak di Kampus Selatan dan Timur.

Helipad Akmil India terletak di Lembah Tons di barat laut kampus.[1]

Alumni terkenal[sunting | sunting sumber]

Alumni India[sunting | sunting sumber]

Alumni yang dianugerahi dengan ''Param Vir Chakra'' (penghargaan militer luar biasa India) meliputi:[2]

Alumni Asing[sunting | sunting sumber]

Akmil India juga menerima taruna asing dari berbagai negara yang dapat menempuh pelatihan dan pendidikanya di IMA. Diantaranya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]