Vikram Batra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kapten
Vikram Batra
PVC
JulukanLuv, Shershah
Lahir(1974-09-09)9 September 1974
Palampur, Himachal Pradesh, India
Meninggal7 Juli 1999(1999-07-07) (umur 24)
Kargil, Jammu and Kashmir, India
Pengabdian India
Dinas/cabangFlag of Indian Army.svg Indian Army
Lama dinas1997–1999
PangkatCaptain of the Indian Army.svg Kapten
Nomor dinasIC-57556
Kesatuan13 Jammu and Kashmir Rifles
Perang/pertempuranPerang Kargil
PenghargaanParam-Vir-Chakra-ribbon.svg Param Veer Chakra

Kapten Vikram Batra (09 September 1974 - 07 Juli 1999) adalah seorang perwira Angkatan Darat India yang meraih keberanian dengan menunjukkan keberanian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam Perang Kargil. Dia secara anumerta dianugerahi Param Vir Chakra, kehormatan kesopanan tertinggi di India.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Rumah Pada 9 September 1974, dua anak kembar lahir setelah dua anak perempuan. Mata Kamalakanta sangat menghormati Shriramcharitmanas, jadi dia menamai mereka berdua Luv dan Kush. Cinta berarti Vikram dan Kush berarti Vishal. DAV School pertama, kemudian Central School diterima di Palampur. Melihat disiplin tentara karena memiliki sekolah di barak tentara dan mendengar cerita-cerita patriotisme dari ayah, patriotisme berlaku sejak masa sekolah di Vikram. Di sekolah, Vikram tidak hanya menjadi yang teratas di bidang pendidikan, tetapi ia juga pemain hebat dalam tenis meja dan ia berpartisipasi dalam acara-acara budaya. Setelah belajar selama dua tahun, Vikram pindah ke Chandigarh dan memulai gelar Bachelor of Science in Science di DAV College, Chandigarh. Selama waktu ini ia terpilih sebagai kadet terbaik NCC dan juga berpartisipasi dalam Parade Hari Republik. Dia memutuskan untuk bergabung dengan tentara dan mulai mempersiapkan CDS (Pemeriksaan Layanan Pertahanan Gabungan) juga. Namun, Vikram juga mendapatkan pekerjaan di Angkatan Laut Pedagang di Hong Kong selama waktu ini yang ditolaknya.

Kehidupan militer[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dalam sains, Vikram terpilih menjadi tentara melalui CDS. Pada Juli 1996, ia bergabung dengan Akademi Militer India Dehradun. Pada akhir pelatihan pada bulan Desember 1997, ia diangkat sebagai letnan di 13 Jammu dan Kashmir Rifles di Sopore, Jammu pada 6 Desember 1997. Dia juga menjalani beberapa pelatihan dengan Pelatihan Commando pada tahun 1999. Pada 1 Juni 1999, pasukannya dikirim ke Perang Kargil. Vikram diangkat menjadi kapten setelah memenangkan tempat Hamp dan Raki Nab.

5140 Menangkan Top[sunting | sunting sumber]

Setelah ini, kontingen Kapten Batra mendapat tanggung jawab untuk membebaskan puncak 5140 terpenting dari Angkatan Darat tepat di atas jalan Srinagar-Leh. Kapten Batra berkeliaran dengan kompinya dan bergerak menuju daerah ini dari arah timur dan mencapai dalam jangkauan serangannya tanpa ada musuh. Kapten Batra mengatur kembali pasukannya dan memotivasi mereka untuk menyerang target musuh secara langsung. Memimpin pasukan di garis depan, mereka dengan berani menyerang musuh dan membunuh empat dari mereka dalam pertempuran tatap muka. Meskipun tidak dapat diakses, Vikram Batra, bersama dengan rekan-rekannya, mencapai puncaknya pada jam 3.30 pagi pada tanggal 20 Juni 1999. Kapten Vikram Batra membuat Vijay Ujhosh melalui radio dari puncak ini 'Hati ini menuntut Jika dia mengatakan 'Merak', maka bukan hanya tentara, tetapi namanya tersebar di seluruh India. Pada saat yang sama, bersama dengan nama kode Vikram, Sher Shah, ia juga dinamai 'Singa Kargil'. Keesokan harinya, foto Vikram Batra dan timnya dengan bendera India di puncak 5140 muncul di media.

Kemenangan di puncak sempit 4875[sunting | sunting sumber]

Setelah ini, tentara memulai kampanye untuk merebut puncak 4875 dan untuk ini juga Kapten Vikram dan pasukannya diberi tanggung jawab. Dia dan pasukannya dipercayakan tugas melindungi musuh dari puncak sempit dengan lereng curam di kedua sisi dan yang satu-satunya rute adalah blokade oleh musuh dalam jumlah besar. Kapten Vikram Batra memutuskan untuk menyerang target musuh di dekat dataran tinggi untuk menyelesaikan proses. Memimpin serangan, dalam pertempuran tatap muka yang sengit, membunuh lima tentara musuh dengan sangat erat. Dia menderita cedera parah selama aksi ini. Meskipun luka parah, mereka merangkak ke arah musuh dan melemparkan granat, yang menghabisi musuh di tempat itu. Di garis depan, ia memobilisasi rekan-rekan tentaranya dan memotivasi mereka untuk menyerang dan menyelesaikan tugas militer yang hampir tidak mungkin dalam menghadapi tembakan musuh yang berat. Dia, bersama dengan rekan-rekannya, termasuk Letnan Anuj Nayyar, tanpa peduli untuk hidupnya, membunuh beberapa tentara Pakistan. Tetapi karena luka, petugas ini sampai ke Veergati.

Terinspirasi oleh kepemimpinannya yang luar biasa, sesama rahangnya menghancurkan musuh untuk membalas dendam dan merebut Point 4875, memusnahkan musuh.

Ayah Kapten Batra, G.L. Batra mengatakan bahwa komandan putranya, Letnan Kolonel Y.K. Joshi memberi Vikram nama panggilan Sher Shah.

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Dengan cara ini, Kapten Vikram Batra melakukan pengorbanannya yang tertinggi sesuai dengan tradisi tertinggi Angkatan Darat India, di depan musuh, menunjukkan keberanian dan kepemimpinan pribadi yang sangat luar biasa dari ordo tertinggi.

Untuk keberanian dan keberanian yang tak tergoyahkan ini, Kapten Vikram Batra secara anumerta dianugerahi Param Vir Chakra oleh Pemerintah India pada 15 Agustus 1999 yang mulai berlaku sejak 7 Juli 1999.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003 film Hindi LOC: Kargil, berdasarkan seluruh konflik Kargil Abhishek Bachchan memainkan peran Kapten Batra.[2]

Dalam film tahun 2021 Shershaah, Sidharth Malhotra memerankan Batra dalam sebuah film biografi yang disutradarai oleh Vishnuvardhan dan diproduksi oleh Dharma Productions dan Pen India Limited.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-14. Diakses tanggal 2020-04-01. 
  2. ^ "My life is insignificant". Rediff.com. December 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 April 2017. Diakses tanggal 4 March 2017. 
  3. ^ "Kargil martyr Vikram Batra's brother on his biopic: I hope Sidharth Malhotra does justice to Vikram". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 5 June 2018. Diakses tanggal 17 July 2019. 
  4. ^ "कैप्टन विक्रम बत्रा की बराबरी करने कम हील वाले शूज पहनेंगे सिद्धार्थ, फिल्म के लिए ले रहे हार्ड ट्रेनिंग" [Siddharth will wear low-heeled shoes to match Captain Vikram Batra, taking hard training for the film]. Dainik Bhaskar (dalam bahasa Hindi). 16 July 2019. Diakses tanggal 17 July 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Vikram Batra Story - DeshRatna[pranala nonaktif permanen]