Shershaah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shershaah
SutradaraVishnuvardhan
ProduserHiroo Yash Johar
Karan Johar
Apoorva Mehta
Shabbir Boxwala
Ajay Shah
Himanshu Gandhi
Ditulis olehSandeep Srivastava
PemeranSidharth Malhotra
Kiara Advani
Penata musikSkor:
John Stewart Eduri
Lagu
Tanishk Bagchi
B Praak
Jaani
Jasleen Royal
Javed-Mohsin
Vikram Montrose
SinematograferKamaljeet Negi
PenyuntingA. Sreekar Prasad
Perusahaan
produksi
Dharma Productions
Kaash Entertainment
DistributorAmazon Prime Video
Tanggal rilis
  • 12 Agustus 2021 (2021-08-12)[1]
Durasi135 menit
NegaraIndia
BahasaHindi

Shershaah (Bahasa Indonesia: Raja singa) adalah sebuah film biografi perang bahasa India 2021 disutradarai oleh Vishnuvardhan dan ditulis oleh Sandeep Shrivastava, bersama Hiroo Yash Johar, Karan Johar dan Apoorva Mehta dari Dharma Productions dan Shabbir Boxwala, Ajay Shah dan Himanshu Gandhi dari Kaash Entertainment bersama-sama berperan sebagai produser, menelusuri perjalanan hidup penerima penghargaan Param Vir Chakra dan Kapten Angkatan Darat India Vikram Batra, dibintangi Sidharth Malhotra dalam peran ganda, sebagai Kapten Batra dan saudara kembar identiknya Vishal Batra, sementara Kiara Advani berperan sebagai pacar Vikram, Dimple Cheema.[2]

Diumumkan pada Mei 2019, fotografi utama dimulai pada bulan yang sama dan selesai pada Januari 2020. Awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 3 Juli 2020, film tersebut ditunda karena Pandemi COVID-19.[3][4] Film ini tayang perdana pada 12 Agustus 2021 di Amazon Prime Video.[1] Setelah dirilis, film ini mendapat tanggapan positif dari kritikus dan penonton, dengan pujian terhadap penampilan utama (terutama Malhotra), naskah, penyutradaraan, koreografi aksi dan sinematografi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan Vishal Batra (Sidharth Malhotra) menyampaikan ceramah tentang kehidupan saudaranya (berdasarkan pembicaraan Ted di kehidupan nyata yang ia sampaikan). Sisa dari film ini diriwayatkan dalam kilas balik.

Vikram Batra muda sedang bermain kriket ketika dia berkelahi dengan anak-anak remaja yang lebih tua karena bola, mengungkapkan sifat tak kenal takut yang kemudian dikenalnya. Serial TV Param Vir Chakra menginspirasinya untuk bergabung dengan Angkatan Darat India. Sebuah montase menunjukkan patriotisme dan keinginannya untuk bergabung dengan tentara saat ia tumbuh dewasa. Pada usia 23, ia ditugaskan ke Perusahaan Delta, batalyon ke-13, Senapan Jammu dan Kashmir (13 JAK RIF) dan ditempatkan di Sopore sebagai letnan. Dia mengembangkan hubungan baik dengan anak buahnya dan penduduk setempat dan mengambil bagian dalam operasi kontra-pemberontakan. Pada salah satu operasi tersebut, dia menentang CO Lt. Sanjeev "Jimmy" Jamwal (Shiv Panditt) tetapi menetralisir para pelaku dan menyelamatkan nyawa Jimmy. Jimmy menegur pendekatannya tetapi kemudian mendekatinya.

Kembali di pangkalan, Batra menerima surat dari pacarnya, Dimple Cheema (Kiara Advani). Film ini kembali ke tahun 1995 ketika Batra dan Dimple mulai berkencan. Mereka memutuskan untuk menikah, namun ayah Dimple menolak menerima Batra karena mereka berbeda kasta. Untuk menyenangkan ayahnya, Batra memutuskan untuk melepaskan impian Angkatan Daratnya dan bergabung dengan Merchant Navy untuk gaji yang lebih tinggi. Namun, temannya Sunny (Sahil Vaid) meyakinkannya untuk tidak melepaskan mimpinya. Akibatnya, Batra dan Lesung berkelahi.

Kembali di masa sekarang, Perusahaan Delta menangkap antek kelompok pemberontak. Sebagai pembalasan, pemimpin Haider menyergap Perusahaan Delta dengan memikat mereka dengan intel cache senjata. Teman Batra, Naib Subedar, Bansi Lal, termasuk di antara mereka yang tewas. Trauma dan dendam, ia melacak Haider dan mendapatkan izin dari unit CO, Letnan Kolonel Yogesh Kumar Joshi (Shataf Figar) untuk operasi. Bagian Kompi Delta yang dipimpin Batra menggerebek rumah Haider, membunuhnya. Selanjutnya, dia bersiap untuk pergi cuti karena tanpa sepengetahuannya Perang Kargil sudah dekat.

Pada bulan Mei 1999 di Rawalpindi, Pakistan, Jenderal Pervez Musharraf memulai serangan untuk menangkap Kashmir dan mengirim pasukan untuk menduduki puncak gunung di Kargil, melanggar Konvensi Jenewa dan Perjanjian Shimla. Saat berita tentang potensi perang menarik perhatian, Batra memutuskan untuk mempersingkat liburannya dan kembali. Dia membuat janjinya yang terkenal kepada Sunny, "Aku akan kembali setelah mengibarkan bendera India dalam kemenangan atau kembali dengan dibungkusnya. Tapi aku pasti akan datang."

Unit tersebut dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Darat Ghumri, sebagai pasukan cadangan, bersama dengan resimen lain untuk menyesuaikan diri dan mempersiapkan diri. Pangkalan itu berada di bawah tembakan artileri yang mengakibatkan banyak penyebab, termasuk senior Batra, Mayor Ajay Singh Jasrotia (Nikitin Dheer). Tiga minggu setelah perang, 13 JAK RIF dipindahkan ke tugas aktif untuk melepaskan 2nd Rajputana Rifles (2 RAJ RIF) dan ditugaskan untuk merebut kembali Point 5140 pada 17.000 feat. Batra diberi kode nama "Shershaah" dan sinyal kemenangan "Yeh Dil Maange More", untuk komunikasi radio. Jimmy dan Batra memimpin kompi mereka dan merebut kembali Point 5140 tanpa sebab, mengumpulkan pujian di tentara dan publik. Batra dipromosikan menjadi Kapten dan dinominasikan untuk Maha Vir Chakra.

Menyusul kemenangan mengesankan mereka, Komando Angkatan Darat menugaskan 13 JAK RIF dengan merebut Titik 4875 yang menghadap ke Jalan Raya Nasional 1 dan secara kiasan akan mengakhiri perang. Mereka memulai serangan di Point 4875 keesokan harinya, tetapi memakan banyak korban karena medan yang berat dan banyak bunker musuh. Akhirnya, mereka menghancurkan empat bunker yang mereka sadari. Tidak menyadari bunker kelima yang disamarkan, mereka menembak dengan hebat. Batra menugaskan Rifleman Yashpal (Pranay Pachauri) untuk menggunakan RPG-7 Pakistan di bunker. Namun seorang penembak jitu memukulnya sebelum dia bisa menembak. Batra berlari melintasi tanah terbuka untuk menyelamatkannya dan melakukannya dengan sukses tetapi dipukul beberapa kali oleh penembak jitu dan peluru AK-47. Saat dia pingsan, dia melihat Subedar Raghunath Singh mengambil alih komando dan menyerang di bunker terakhir. Dia menyerah saat para pria mengibarkan bendera India dalam kemenangan. Dia secara anumerta dianugerahi Param Vir Chakra atas tindakannya di Point 4875.

Akhir cerita menunjukkan pemakamannya di Palampur dan Dimple yang putus asa. Gambar, klip, dan nasib pria yang sebenarnya terungkap sebelum kredit bergulir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sidharth Malhotra sebagai
  • Kiara Advani sebagai Dimple Cheema, tunangan Vikram Batra
  • Shiv Pandit sebagai Kapten Sanjeev Jamwal alias Jimmy
  • Nikitin Dheer sebagai Mayor Ajay Singh Jasrotia alias Jassi
  • Himmanshoo A. Malhotra sebagai Mayor Rajeev Kapoor
  • Anil Charanjeett sebagai Naib Subedar Bansi Lal Sharma
  • Shataf Figar sebagai Letnan Kolonel Yogesh Kumar Joshi
  • Sahil Vaid sebagai Advokat Amit Sood alias Sunny
  • Raj Arjun sebagai Subedar Raghunath Singh
  • Rakesh Dubey sebagai Mayor Vijay Bhaskar
  • Abhiroy Singh sebagai Mayor Subrata Mukherjee alias Subbu
  • Ankur Sharma sebagai Mayor Vikas Vohra
  • Pranay Singh Pachauri sebagai Rifleman Yash Paul Sharma
  • Atul Verma sebagai Rifleman Meher Singh
  • Rahaao sebagai Perwira Pakistan Di Pt.5140
  • Pawan Chopra sebagai G.L. Batra, ayah Vikram dan Vishal
  • Mir Sarwar sebagai Haider[5]
  • Vijay Meenu sebagai Kamal Kanta Batra
  • Rukman Khanna sebagai Seema Batra
  • Ankita Goraya sebagai Nutan Batra
  • Bijay Anand sebagai Mr. Cheema, Ayah Dimple
  • Manmeet Kaur sebagai Mona
  • Zahoor Zaidi sebagai Gafoor
  • Afnan Ashia sebagai Arslaan
  • David Browne sebagai Attaullah
  • Bobby Khanna sebagai Gen. Musharaff
  • Raaj Sungar sebagai Gen. Mehmood
  • Kapil Kumar sebagai Jenderal Tariq Pervez
  • Rajiv Bharadwaj sebagai Gen. Aziz Khan
  • Krishnay Tuteja sebagai Vikram Muda Batra
  • Kavay Tuteja sebagai Junior Vishal Batra

Produksi[sunting | sunting sumber]

Karan Johar mengkonfirmasi pada tahun 2018 bahwa ia akan memproduksi film biografi tentang kehidupan Kapten Vikram Batra. Keluarga Batra ingin Sidharth Malhotra memerankan mendiang Vikram Batra. Dia akhirnya terpilih untuk memerankan peran ganda Batra dan saudara kembarnya yang identik, Vishal. Beberapa aktris sedang berdiskusi untuk memerankan tunangan Batra, Dimple Cheema sebelum Kiara Advani dipilih. Malhotra memulai pelatihan militer untuk film tersebut pada 17 April 2019.[6] Sebelum pengumuman resmi film tersebut, ada spekulasi bahwa judulnya adalah "Mera Dil Maange More" tetapi kemudian diubah menjadi "Shershaah".

Film ini secara resmi diumumkan pada 2 Mei 2019, dengan judul dikonfirmasi dan lokasi syuting adalah Chandigarh, Palampur, Kargil-Ladakh dan Kashmir.[7] Fotografi utama dimulai pada 7 Mei dan film selesai pada 12 Januari 2020, ketika pembuat membagikan beberapa gambar dari lokasi syuting dan mengumumkan berita.[8] Beberapa pemotretan tambal sulam kemudian dibiarkan berubah yang sepenuhnya selesai pada 23 Oktober 2020.[9]

Musik[sunting | sunting sumber]

Shershaah
Album lagu tema karya Tanishk Bagchi, B Praak, Jasleen Royal, Javed-Mohsin dan Vikram Montrose
Dirilis16 Agustus 2021[10]
GenreFitur soundtrack film
Durasi22:03
BahasaHindi
LabelSony Music India

Musik film disusun oleh Tanishk Bagchi, B Praak, Jasleen Royal, Javed-Mohsin dan Vikram Montrose sedangkan lirik ditulis oleh Manoj Muntashir, Rashmi Virag, Anvita Dutt, Jaani dan Tanishk Bagchi.

Di kredit akhir film tertulis bahwa terdapat satu lagu tambahan berjudul "Maan Bharryaa 2.0 (Film Version)" yang dinyanyikan oleh Payal Dev, tetapi tidak dirilis secara digital hanya digunakan untuk film.

Daftar lagu
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Raataan Lambiyan"Tanishk BagchiTanishk BagchiJubin Nautiyal, Asees Kaur3:50
2."Ranjha"Anvita DuttJasleen RoyalB Praak, Jasleen Royal3:48
3."Kabhii Tumhhe"Rashmi ViragJaved-MohsinDarshan Raval3:50
4."Jai Hind Ki Senaa"Manoj MuntashirVikram MontroseVikram Montrose2:31
5."Kabhii Tumhhe" (Female Version)Rashmi ViragJaved-MohsinPalak Muchhal3:38
6."Mann Bharryaa 2.0"JaaniB PraakB Praak4:26
Durasi total:22:03

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini dijadwalkan rilis secara teatrikal pada 3 Juli 2020 tetapi ditunda karena pandemi COVID-19. Pada 20 Februari 2021, tanggal rilis baru diumumkan sebagai 2 Juli 2021, sebelum ditunda lagi.[11] Film ini tayang perdana pada 12 Agustus 2021 di Amazon Prime Video.[1]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Shershaah menerima sambutan hangat dari para kritikus, yang sebagian besar memfokuskan pujian pada kinerja Malhotra, banyak yang menganggapnya sebagai penampilan terbaik dalam karirnya dan juga penampilan terbaik oleh aktor mana pun pada tahun 2021, arahan Wisnuvardhan dan naskah Shrivastava, chemistry Malhotra dengan Advani dan sub plot romantis.

Shubhra Gupta dari The Indian Express memberi film tersebut 2 bintang dari 5 dengan mengatakan bahwa "film Sidharth Malhotra tidak memiliki drama yang diperlukan yang melekat dalam film perang yang retak, juga tidak membuat merinding patriotik". Dia menyimpulkan, '[t]kisahnya perlu melambung, dan Shershaah perlu mengaum. Ya, penisku ingin lebih'.[12]

Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberi film tersebut 3,5 bintang dari 5 yang menyebut Shershaah "bertenaga" dan menulis, "Shershaah salut pada keberanian, keberanian, dan keberanian pahlawan perang Kargil Kapten Vikram Batra, Inspiratif dan emosional… Pengubah permainan untuk Sidharth Malhotra . Tindakan memerintah... Tidak dapat dilewatkan!. Sutradara Vishnu Varadhan menceritakan kisah Shershaah dengan kompetensi tertinggi. Penulisan skenarionya menyerap untuk sebagian besar. Urutan perang dieksekusi dengan berkembang... Finalnya pasti akan membuat Anda berlinang air mata".[13]

Bhavna Agarwal dari Bollywood Bubble memberi film ini 3,5 bintang dari 5 dengan mengatakan "Sidharth Malhotra menarik dari keberanian dan flamboyan Vikram Batra; Kiara Advani bersinar". Berbicara tentang penampilan Kiara Advani di Shershaah, dia menulis Kiara Advani sebagai Dimple mudah. Dia membawa kerentanan dan kekuatan ke Dimple.[14]

Anna M. M. Vetticad dari Firstpost memberi film tersebut 2,75 bintang dari 5 pendapat 'biografi Kapten Vikram Batra mencekam sebagai prosedur Angkatan Darat, [tetapi] turun di luar zona konflik', mencatatnya sebagai penampilan terbaik Malhotra sejak Kapoor and Sons, dan bahwa 'Wisnu Varadhan tidak dapat menemukan bintang arus utama yang lebih cocok untuk bergabung dengannya dalam mengenang salah satu pahlawan perang favorit India'.[15]

Saibal Chatterjee dari NDTV memberi film 2,5 bintang dengan mengatakan Malhotra "memiliki apa yang diperlukan" tetapi mengeluhkan kurangnya energi dalam naskah. Dia menulis 'Mengingat nada dan perlakuannya, Kapten Vikram Batras mengeksploitasi sebagai seorang perwira dan seorang pria terhormat menambah narasi yang lebih banyak menggunakan goresan luas daripada menggali evolusi sebagai pria yang luar biasa berani.' Dia menyimpulkan 'Hanya sedikit lebih banyak senjata dan batu api sinematik mungkin telah membuat Shershaah jauh lebih tinggi - dan lebih jauh lagi - sebagai drama perang.'.[16]

Anupama Chopra dari Film Companion menulis, "Struktur film yang kikuk tidak memungkinkannya untuk menimbulkan ketegangan atau memberikan cengkeraman, tetapi menjadi hidup di jam kedua setelah pertempuran dimulai.."[17]

Nirmal Narayanan dari International Business Times menulis, "Beberapa cerita dimaksudkan untuk diceritakan, dan Shershaah adalah salah satu kisah yang dapat meningkatkan patriotisme di setiap orang India.."[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Sidharth Malhotra and Kiara Advani starrer Shershaah to release on August 12 on Amazon Prime Video". Bollywood Hungama. 15 July 2021. Diakses tanggal 15 July 2021. 
  2. ^ "Vikram Batra biopic, tentatively titled Shershah, to go on floors this summer". Bollywood Hungama. 25 January 2019. Diakses tanggal 27 April 2019. 
  3. ^ "Shershaah First Look: Sidharth Malhotra is Captain Vikram Batra in intriguing posters, film to release on July 3, 2020". Bollywood Hungama. 16 January 2020. Diakses tanggal 3 July 2020. 
  4. ^ "Shershaah: On Birthday, Sidharth Malhotra Shares First Look Posters Of The Vikram Batra Biopic". NDTV. 16 January 2020. Diakses tanggal 16 January 2020. 
  5. ^ "Kashmir's Bollywood actor Mir Sarwar in Laxmi Bomb with Akshay Kumar and Dharma Productions Shershaah". www.jkmonitor.org. 17 July 2020. Diakses tanggal 17 July 2020. 
  6. ^ "Sidharth Malhotra begins training for Vikram Batra biopic". The Times of India. 18 April 2019. Diakses tanggal 27 April 2019. 
  7. ^ "Shershaah: Karan Johar announces Vikram Batra biopic with Sidharth Malhotra and Kiara Advani". India Today. 2 May 2019. Diakses tanggal 3 May 2019. 
  8. ^ "Kiara Advani, Sidharth Malhotra Wrap up Shershaah Shoot". News18. 13 January 2020. Diakses tanggal 18 January 2020. 
  9. ^ "Sidharth Malhotra wraps up Shershaah, the biopic on Captain Vikram Batra". Bollywood Hungama. 23 October 2020. Diakses tanggal 2 July 2021. 
  10. ^ "Shershaah – Original Motion Picture Soundtrack". Jiosaavn. 
  11. ^ "Sidharth Malhotra and Kiara Advani's Shershaah to release on July 2". India Today. 20 February 2021. Diakses tanggal 13 February 2021. 
  12. ^ "Shershaah movie review: Sidharth Malhotra-starrer needed to soar, for yeh dil maange more". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). 2021-08-12. Diakses tanggal 2021-08-12. 
  13. ^ Adarsh, Taran. "Tweet". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-12. 
  14. ^ "Shershaah Review: Sidharth Malhotra pulls off the valour and flamboyance of Vikram Batra; Kiara Advani shines". Bollywood Bubble (dalam bahasa Inggris). 2021-08-12. Diakses tanggal 2021-08-13. 
  15. ^ "Shershaah movie review: Captain Vikram Batra biopic is gripping as an Army procedural, dips outside conflict zones". Firstpost. 2021-08-12. Diakses tanggal 2021-08-12. 
  16. ^ https://www.ndtv.com/entertainment/shershaah-review-sidharth-malhotra-has-what-it-takes-but-a-war-hero-deserves-a-more-energetic-film-2508487
  17. ^ Chopra, Anupama. "Shershaah, On Amazon Prime Video, Doesn't Have The Daring Of Its Subject". Diakses tanggal August 12, 2021. 
  18. ^ Narayanan, Nirmal (2021-08-12). "Shershaah movie review: Captain Vikram Batra's saga is a treat for movie lovers". ibtimes.co.in (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]