Agnes dari Austria (1281–1364)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Agnes dari Austria
Agnes Regina.JPG
Permaisuri Hongaria
Periode 1296–1301
Lahir 18 Mei 1281
Mangkat 10 Juni 1364 (usia 83)
Königsfelden, Grafschaft Tirol,
Kekaisaran Romawi Suci
Pemakaman Biara Königsfelden, Grafschaft Tirol, Kekaisaran Romawi Suci
Wangsa Wangsa Habsburg
Wangsa Árpád
Ayah Albrecht I dari Jerman
Ibu Elisabeth dari Gorizia-Tirol
Pasangan András III dari Hongaria

Agnes dari Austria (lahir 18 Mei 1281 – meninggal 10 Juni 1364 pada umur 83 tahun) merupakan putri Albrecht I dari Jerman dan istrinya Elisabeth dari Gorizia-Tirol. Ia menjadi Ratu Hongaria melalui pernikahannya, ia berasal dari Wangsa Habsburg.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Agnes dari Austria, Ratu Hongaria

Pada tanggal 13 Februari 1296 di Wina, Agnes menikah dengan András III dari Hongaria.[1] Setelah itu, dengan dukungan ayah mertuanya, András berhasil mengalahkan pemberontakan Miklós Kőszegi dan Máté Csák III, dan menempati kastil-kastil Kőszeg dan Pozsony. Pada tahun 1298 András mendukung dengan pasukan pemberontakan ayah mertuanya melawan Raja Adolf dari Nassau.

Agnes tidak menyukai turnamen-turnamen, tapi menyukai khotbah. Karena ia berperawakan kecil, ia biasanya memakai gaun yang tidak lagi diinginkan oleh saudari-saudarinya, yang membuatnya mendapatkan pujian atas kerendahan hatinya.[2]

Kematian András III pada tanggal 14 Januari 1301 di Buda, mengakhiri keturunan laki-laki Wangsa Árpád. Salah seorang dari zamannya menyebutnya "ranting emas Árpád yang terakhir".

Kehidupan kemudian dan reputasi[sunting | sunting sumber]

Pada saat itu, Agnes telah menjanda dan ia tidak memiliki keturunan untuk meneruskan Wangsa Árpád. Namun ia baru berusia sembilan belas tahun sehingga masih dapat menikah lagi dan memiliki keturunan, tapi ia tidak pernah melakukannya. Agnes menjadi kepala biarawati di Biara Königsfelden, Grafschaft Tirol, yang didirikan oleh ibundanya untuk mengenang almarhum suaminya. Agnes membawa putri tirinya, Erzsébet bersamanya dan tinggal di sebuah rumah kecil di dekat biara.[2] Ia merupakan salah satu anggota terakhir. Erzsébet diharapkan menikah dengan Vaclav III dari Bohemia, namun pernikahan tersebut tidak pernah terjadi dan Vaclav sebaliknya malah menikahi Wiola Elżbieta. Ditinggalkan bebas, ia menjadi seorang suster Dominikan di dekat Biara Töss, dimana ia mendapatkan reputasi kudus.

Agnes digambarkan sebagai seorang wanita yang saleh. Di sisi lain, menurut Chronicon helveticum abad ke-16, Aegidius Tschudi, ia membalas dendam atas pembunuhan ayahandanya dengan memerintahkan eksekusi dan pengusiran 1000 orang (keluarga dan pengikut pembunuhnya), namun tampaknya laporan ini sebagian besar didasarkan pada propaganda anti-Habsburg Swiss.[3] Karena reputasinya yang baik, ia diminta beberapa kali untuk bertindak sebagai mediator. Pada tahun 1333, ia mendirikan sebuah perjanjian di antara Austria dan sejumlah kota dan wilayah selama Gümmenenkrieg. Pada tahun 1351, ia memecahkan perselisihan di antara Basel dan Bremen dan melakukan hal yang sama di tahun itu untuk Albrecht II dari Austria dan Konfederasi Swiss Lama.[4] Saudara-saudaranya kerap datang mengunjunginya di Königsfelden untuk meminta nasehat.

Agnes meninggal pada tanggal 10 Juni 1364 di Königsfelden, dan dimakamkan di pemakaman kesusteran di Biara Königsfelden.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Austria, Medieval Lands
  2. ^ a b Duggan, Anne (1997). Queens and Queenship in Medieval Europe. Woodbridge: The Boydell Press. hlm. 112. 
  3. ^ Honemann, Volker 'A Medieval Queen and her Stepdaughter', p. 112.
  4. ^ Duggan, Anne (1997). p. 114.
Agnes dari Austria (1281–1364)
Lahir: 1281 Wafat: 1364
Didahului oleh:
Fenenna dari Inowrocław
Ratu Hongaria
1296–1301
Diteruskan oleh:
Wiola Elżbieta