Wiola Elżbieta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wiola Elżbieta
Permaisuri Bohemia dan Polandia
Periode1305–1306
Lahirskt. 1291
Wafat21 September 1317 (usia 26)?
Bohemia, Ceko
Pemakaman
WangsaWangsa Piast
AyahMieszko I, Adipati Teschen
IbuGrzymisława?
PasanganVaclav III dari Bohemia
Petr I dari Rožmberkové

Wiola dari Teschen, kemudian dikenal sebagai Elżbieta (bahasa Polandia: Wiola Elżbieta cieszyńska, bahasa Ceko: Viola Alžběta Těšínská) (skt. 1291 – 21 September 1317), merupakan seorang putri Polandia, ia berasal dari Wangsa Piast cabang Cieszyn dan melalui pernikahan menjadi Ratu Bohemia dan Polandia.

Wiola adalah anak ketiga dan putri tunggal Mieszko I, Adipati Teschen, dan istrinya yang tidak diketahui, diduga disebut Grzymisława.[1] Ia dinamakan sama seperti nenek moyangnya Wiola, istri Adipati Kazimierz I dari Opole.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ratu Bohemia dan Polandia[sunting | sunting sumber]

Wiola menikah dengan Raja muda Vaclav III dari Bohemia dan Polandia pada tanggal 5 Oktober 1305 di Brno. Alasan untuk menikah tidak terlalu jelas: walaupun beberapa kronikus kemudian menggambarkan betapa cantiknya Wiola, ayahandanya, Adipati Mieszko I hanyalah salah satu vasal Raja Vaclav III, dan oleh karena itu, ini merupakan persatuan yang tidak setara. Alasan utamanya bukan karena kecantikannya tapi mungkin akan posisi strategis Cieszyn di antara Kerajaan-kerajaan Bohemia dan Polandia. Empat hari setelah pernikahan (9 Oktober), Vaclav III membatalkan pertunangannya yang panjang dengan Erzsébet, putri Raja András III dari Hongaria dan dengan ini melepaskan semua haknya atas mahkota Hongaria.[2]

Setelah menikah, Wiola mengambil nama Elżbieta, tetapi pernikahannya dengan Raja tidak sepenuhnya bahagia karena gaya hidup bebas suaminya dan oposisi kuat bangsawan Bohemia, yang harus mencegah persatuan "rendah" ini. Sepuluh bulan kemudian, pada tanggal 4 Agustus 1306, Raja Vaclav III dibunuh di Olomouc dalam keadaan misterius, meninggalkan Wiola sebagai seorang janda muda yang berusia lima belas tahun. Mungkin karena mereka masih terlalu muda, pernikahan tersebut tidak menghasilkan keturunan.

Dengan berbekal sedikit uang dan tidak ada tempat menetap, Wiola mungkin tinggal bersama saudari iparnya, Anna dan Eliška di dalam salah satu kesusteran. Kedua putri tersebut berselisih atas mahkota Bohemia, tetapi Wiola menghindar. Kemudian ia tinggal di Moravia, kota-kota maharnya.

Pernikahan kedua dan kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah penangkapan Jindřich z Lipé, Ratu yang sekarang, Eliška dari Bohemia dan suaminya Jan Lucemburský mencoba untuk membuat Petr I dari Rožmberkové (Petr I. z Rožmberka) seorang bangsawan yang kuat berpihak ke sisi mereka yang pada waktu itu bertunangan dengan putri Jindřich. Segera Pter I membatalkan pertunangannya dan beraliansi dengan Raja dan Ratu Bohemia; untuk memperkuat ikatannya dengan sekutu barunya, Raja Jindřich menjodohkannya dengan janda Ratu Wiola. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tahun 1316 namun ikatan tersebut tanpa keturunan dan singkat: Wiola meninggal setahun kemudian, pada tanggal 21 September 1317, dan dimakamkan di sebuah kubah besi Wangsa Rožmberkové di dalam Biara Vyšebrodský.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • J.Golec, S. Bojda: Słownik biograficzny ziemi cieszyńskiej, vol. 1, Cieszyn 1993, p. 91.
  • K. Jasiński: Rodowód Piastów śląskich, vol. 3, Wrocław 1977.
  • I. Panic: Poczet Piastów i Piastówien cieszyńskich, Cieszyn b.r., p. 8.
Wiola Elżbieta
Lahir: skt. 1291 Wafat: 21 September 1317
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Agnes dari Austria
Permaisuri Hongaria
1305
Diteruskan oleh:
Maria dari Bytom
Didahului oleh:
Ryksa Elżbieta dari Polandia
Permaisuri Bohemia
1305–1306
Diteruskan oleh:
Anna dari Bohemia
Permaisuri Polandia
1305–1306
Diteruskan oleh:
Jadwiga dari Kalisz