Adolf Jouke Sondakh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Adolf Jouke Sondakh
Gubernur Sulawesi Utara ke-11
Masa jabatan
1 April 2000 – 18 Maret 2005
Presiden Megawati Soekarnoputri
Didahului oleh Evert Ernest Mangindaan
Digantikan oleh Lucky Harry Korah
Informasi pribadi
Lahir Adolf Jouke Sondakh
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Suami/istri Sientje Mandey
Anak Ingrid Sondakh
Denny Sondakh
Orangtua Pdt. Markus Lolombulan Sondakh dan Dora Rosaly Rawung
Agama Kristen

Adolf Jouke Sondakh (lahir di Suluun, Minahasa, Sulawesi Utara, 20 Juni 1939 – meninggal di Singapura, 8 Maret 2007 pada umur 67 tahun) adalah seorang politikus Indonesia, yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara periode 2000-2005.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Adolf dilahirkan sebagai seorang di antara enam bersaudara dari keluarga Pdt. Markus Lolombulan Sondakh dan Dora Rosaly Rawung. Salah seorang adiknya adalah Lucky Sondakh, tokoh pendidikan di Sulawesi Utara.

Mereka hidup dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan, sehingga kadang-kadang tidak mempunyai apa-apa untuk makan. Kesulitan hidup ini membuat Adolf dan Lucky berjuang keras untuk lepas dari tekanan ekonomi. Adolf sejak kecil memang bercita-cita ingin menjadi tokoh politik. Karena itulah, setelah selesai pendidikan di S1, ia terjun mengajar sebagai dosen tetapi juga aktif di bidang politik.

Sondakh menjabat sebagai ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Golkar Sulawesi Utara dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama tiga periode. Pada 1993 ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR.

Sejumlah politikus muda Golkar yang kini menduduki jabatan bupati dan walikota di provinsi Sulawesi Utara adalah hasil didikannya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Sondakh meninggal dunia di Rumah Sakit Gleneagles, Singapura, setelah dirawat intensif selama dua bulan akibat penyakit infeksi tenggorokan dan leukemia.

Ia meninggalkan seorang istri, Sientje Mandey, yang juga menjabat sebagai anggota DPD Golkar dari Sulut, serta dua orang anak, yaitu Ingrid Sondakh (ketua Golkar Minahasa Utara) dan Denny Sondakh (anggota DPRD Kota Manado).

Sondakh dimakamkan di Bukit Kasih, Kanonang, Minahasa pada 13 Maret 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
E.E. Mangindaan
Gubernur Sulawesi Utara
2000–2005
Diteruskan oleh:
Sinyo Harry Sarundajang