A State of Trance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
A State of Trance
GenreTrance
Durasi120 menit (2 jam)
Negara Belanda
Stasiun utama
Menampilkan
PembuatArmin van Buuren
Tanggal mengudaraSejak 18 Mei 2001
Situs webA State of Trance

A State of Trance (sering disingkat ASOT) adalah Program Radio Trance Belanda yang dibawakan oleh Armin van Buuren dan co-produser Ruben de Ronde yang mengudara pertama kali pada Mei 2001. Siaran ini mengudara setiap minggunya pada hari Kamis pukul 20:00 (Waktu Eropa Tengah) dan diperkirakan jumlah pendengar mencapai 40 juta orang[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Latar belakang dan berkembangnya[sunting | sunting sumber]

Program ini mengambil format 2 jam DJ Mix di mana Armin memainkan lagu lagu Trance yang baru yang diantaranya adalah sebagai promosional lagu maupun sebagai tanda rilisnya lagu tersebut. Semua lagu diumumkan selama program berlangsung. Program ini memiliki website sendiri di mana para pendengar bisa berdiskusi di ruang diskusi maupun di forum, seperti di Digitally Imported saat sementara siaran sedang berlangsung. Suksesnya program ini juga melahirkan beberapa konser bertema dance music di seluruh dunia. Program ini mengadakan sebuah konser langsung setiap tahunnya di lokasi yang berbeda di seluruh dunia dengan daftar artisnya adalah terdiri dari berbagai artis trance[1].

Episode pertama (Episode 000) mengudara pada 18 Mei 2001 di ID&T Radio. Pada 1 Juni 2001, Episode berikutnya (Episode 001) disiarkan dan mulai disiarkan setiap minggunya.

Episode 182 adalah episode terakhir di ID&T Radio sebagai program yang dibatalkan secara tiba-tiba setelah stasiun radio tersebut memutuskan untuk mengubah kebijakan musik mereka. Episode 183 mengudara sebulan setelahnya melalui stasiun radio internet ETN.fm. Untuk adaptasi yang lebih baik terhadap pendengar internasional, Armin mulai mengubah bahasa siarannya dari Bahasa Belanda menjadi Bahasa Inggris.

Dari episode 185, program ini pindah dari ETN.fm ke DI.fm dan mulai disinkronasikan di berbagai stasiun radio nasional.

Program radio A State of Trance saat ini disiarkan di website seperti Digitally Imported. Juga, program ini disiarkan oleh berbagai stasiun radio di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, disiarkan oleh Geronimo FM di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya[2]. Sejak Episode 800 Bagian 2, program ini disiarkan langsung di YouTube. Program ini juga tersedia di beberapa layanan musik seperti Spotify, iTunes, Deezer, Tidal, dan Anghami. Daftar lagu untuk setiap episode dapat ditemukan di website A State of Trance.

Label rekaman (2003-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Label rekaman A State of Trance dibentuk pada tahun 2003 sebagai sub label dari Perusahaan Belanda Armada Music. Gaya musik yang dirilis disini sebagian besarnya adalah Trance dan Progressive Trance. Label ini fokus kepada producer muda (seperti Filo & Peri, 8 Wonders, Robert Nickson, dan Galen Behr) serta artis artis senior (seperti Markus Schulz, Sunlounger, Sean Tyas, Signum, dan Vincent de Moor). Label ini merilis piringan hitam pertamanya dengan "Questia - Nexus Asia"[3] dan mencapai rilis ke 100 dengan "The Doppler Effect - Beauty Hides In The Deep / Envio - For You (Blizzard Remix)".

Episode spesial dan event perayaan[sunting | sunting sumber]

Meskipun program ini biasanya mengambil format 2 jam DJ Mix yang di mana itu menginformasikan perkembangan musik terkini, spesial episode juga dibuat seperti siaran ulang tahun, program yang terdapat pemilihan Tune of the Year, Yearmix, siaran rekaman atau sesi langsung, dan berbagai spesial lainnya (seperti episode 666).

Episode 100 adalah 5 jam program spesial, dengan DJ mix dari bintang tamu dan lagu terbaik dari 100 episode.

Episode 200 adalah 4 jam program spesial, dengan lagu yang paling diminta oleh pendengar, DJ Mix dari bintang tamu Gabriel & Dresden, dan 1 jam pertunjukan langsung dari Amsterdam.

Sejak episode 250 dan setiap 50 episode, ada beberapa perayaan dengan beberapa DJ Trance yang ikut meramaikan program ini secara langsung. Sejak episode 400, perayaan dilaksanakan di berbagai negara.

Pada Maret 2011, selama Ultra Music Festival, A State of Trance mendapatkan panggung sendiri sebagai bagian dari Tur Episode 500. Ini adalah pertama kalinya sebuah program radio mendapatkan tempat di festival musik, serta dengan siarannya sendiri, sebagian dari siaran resmi festival tersebut. Biasanya sebuah panggung festival dibawakan oleh gaya musik tertentu, atau mewakili sebuah label rekaman. Sejak Ultra Music Festival 2011, A State of Trance memiliki arena tersendiri di Ultra Music Festival dan Electric Daisy Carnival di Las Vegas.

Sejak episode 500, perayaan tahunan episode A State of Trance efektif menggantikan Trance Energy (setelahnya dipanggil Energy, yang akan lebih fokus ke lagu Electro House daripada Trance) sebagai event musik trance utama di Belanda, di mana setiap tahunnya perayaan besar ini diadakan.

Fitur reguler[sunting | sunting sumber]

Setiap siaran reguler akan diputarkan 5 lagu terpilih sebagai Tune of the Week, Future Favorite, Service for Dreamers, Trending Track, dan Progressive Pick.

Tune of the Week adalah lagu yang dipilih secara pribadi oleh Armin van Buuren sebagai lagu baru terbaik dalam episode saat ini.

Future Favorite adalah lagu yang dipilih oleh pendengar dari daftar lagu lagu baru dari episode sebelumnya. Pemilihan berlangsung di website A State of Trance.

Service for Dreamers (dari episode 284 hingga 769 sebagai ASOT Radio Classic dan antara episode 770 hingga 799 sebagai Armin Oldskool Classic) adalah lagu lagu pilihan Armin dari lagu lagu tahun sebelumnya dan menjelaskan secara singkat apa yang membuat lagu tersebut adalah sebagai lagu klasik. Armin juga memutarkan lagu lagu klasik ini masing masing di 16 episode pertama di awal awal program radio ini. Lagu lagu tersebut diproduksi dari tahun 1990an dan menunjukkan sebagian pionir yang sangat awal di genre musik trance ini.

Armin juga bertanya kepada pendengar program radionya untuk menyampaikan saran yang orisinil untuk segmen ini dengan ketentuan bahwa lagu tersebut adalah bukan lagu yang sudah diputarkan di program ini sebagai lagu klasik.

Trending Track adalah lagu yang paling didiskusikan dari episode sebelumnya. Segmen ini dimulai dari episode 706.

Progressive Pick adalah lagu Progressive Trance yang baru dan untuk ditampilkan. Segmen ini dimulai dari episode 717.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b https://www.astateoftrance.com/about/
  2. ^ https://www.astateoftrance.com/stations/
  3. ^ "Questia - Nexus Asia". Discogs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]