A Rugrats Passover

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"A Rugrats Passover"
Episode Rugrats
Seorang bayi kartun yang sedang tersenyum diletakkan dalam sebuah keranjang berisi botol-botol, mengambang di air.
Episode no.Musim 3
Episode 26
SutradaraJim Duffy
Steve Socki
Jeff McGrath
PenulisPeter Gaffney
Paul Germain
Rachel Lipman
Jonathon Greenberg
Tanggal siar13 April 1995
Aktor tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Pickles vs. Pickles"
Selanjutnya →
"Kid TV"
Daftar episode Rugrats

"A Rugrats Passover" adalah episode ke-26 dan terakhir dari musim ketiga serial televisi animasi Amerika Rugrats, dan episode ke-65nya secara keseluruhan. Episode tersebut aslinya ditayangkan pada 13 April 1995, di jaringan kabel Nickelodeon. Alurnya mengisahkan tentang Kakek Boris dan para bayi ketika mereka terperangkap di loteng pada Paskah Yahudi; pada waktu itu, Boris, bercerita tentang kisah Yahudi keluar dari Mesir. Pada episode tersebut, para bayi itu sendiri beradegan dalam cerita tersebut, dengan Tommy muda berperan sebagai Musa, sementara sepupunya Angelica mewakili Firaun Mesir.

"A Rugrats Passover" disutradarai oleh Jim Duffy, Steve Socki, dan Jeff McGrath dari naskah buatan Peter Gaffney, Paul Germain, Rachel Lipman, dan Jonathon Greenberg. Episode tersebut tersebut dicetuskan padan 1992 ketika Germain menanggapi permintaan Nickelodeon untuk membuat sebuah episode khusus Hanukkah Rugrats dengan membuat episode Paskah Yahudi sebagai gantinya. Episode tersebut meraih rating Nielsen sejumlah 3.1, membuat episode tersebut menjadi "acara dengan rating tertinggi dalam sejarah Nickelodeon",[1] dan meraih ulasan yang sebagian besar positif, termasuk dari publikasi komunias Yahudi. Episode tersebut dinominasikan untuk sebuah Primetime Emmy Award, sebuah Annie Award, dan sebuah CableACE Award. Namun, episode tersebut juga menuai kontroversi, ketika Liga Anti-Defamasi membandingkan rancangan artistik dari karakter-karakter tua dengan penggambaran anti-Semitik dari sebuah surat kabar Nazi 1930an.

Episode tersebut membuat Rugrats menjadi salah satu serial animasi pertama yang menyoroti hari raya Yahudi; kesuksesannya disusul dengan pembuatan episode khusus lainnya, "A Rugrats Chanukah", yang juga meraih sambutan meriah. Novelisasi dari episode tersebut pada 2007 dipamerkan di Sherwin Miller Museum of Jewish Art, Tulsa, Oklahoma.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nickelodeon on a roll; Learning Station's bright idea". Billboard: 66. 1995-10-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]