A Haunting in Venice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Haunting in Venice
Poster resmi
SutradaraKenneth Branagh
Produser
SkenarioMichael Green
Berdasarkan
Hallowe'en Party
oleh Agatha Christie
Pemeran
Penata musikHildur Guðnadóttir
SinematograferHaris Zambarloukos
PenyuntingLucy Donaldson
Perusahaan
produksi
  • Kinberg Genre
  • The Mark Gordon Company
  • Scott Free Productions
  • Agatha Christie Limited
  • TSG Entertainment
Distributor20th Century Studios
Tanggal rilis
  • 13 September 2023 (2023-09-13) (Indonesia)
  • 15 September 2023 (2023-09-15) (Amerika Serikat)
Durasi103 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta[2]
Pendapatan
kotor
$122.3 juta[3][4]

A Haunting in Venice adalah sebuah film misteri Amerika Serikat tahun 2023 yang diproduksi dan disutradarai oleh Kenneth Branagh dari skenario oleh Michael Green, berdasarkan pada novel Agatha Christie tahun 1969, Hallowe'en Party. Film ini merupakan sekuel dari Death on the Nile (2022) dan merupakan film ketiga di mana Branagh mengulangi perannya sebagai detektif asal Belgia, Hercule Poirot.[5] Pemeran ansambel termasuk Kyle Allen, Camille Cottin, Jamie Dornan, Tina Fey, Jude Hill, Ali Khan, Emma Laird, Kelly Reilly, Riccardo Scamarcio dan Michelle Yeoh.

A Haunting in Venice dirilis di Indonesia pada 13 September 2023[6] dan di Amerika Serikat pada 15 September 2023 oleh 20th Century Studios. Film ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus dan telah meraup $122 juta di seluruh dunia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1947, Hercule Poirot menjalani masa pensiun di Venesia, setelah kehilangan kepercayaannya pada Tuhan dan kemanusiaan. Ia juga mempekerjakan mantan petugas polisi Vitale Portfoglio untuk bertindak sebagai pengawal. Pada Halloween, penulis misteri Ariadne Oliver meyakinkan Poirot untuk menghadiri pesta Halloween dan pemanggilan arwah di palazzo penyanyi opera terkenal, Rowena Drake dan mengungkap Joyce Reynolds, seorang perawat tentara Perang Dunia I yang berubah menjadi cenayang, sebagai penipu. Palazzo sendiri diklaim dihantui oleh arwah anak-anak, yang ketika palazzo masih menjadi panti asuhan, dikurung dan dibiarkan mati ketika wabah melanda kota, dengan rumor bahwa arwah tersebut menyiksa perawat dan dokter mana pun yang berani memasuki palazzo tersebut.

Rowena telah mempekerjakan Joyce untuk membantunya berkomunikasi dengan putrinya Alicia, yang dilaporkan meninggal karena bunuh diri setelah tunangannya, koki Maxime Gerard, memutuskan pertunangan mereka. Beberapa tamu yang hadir adalah Maxime, pengurus rumah tangga Rowena Olga Seminoff, dokter keluarga Drake Leslie Ferrier dan putranya Leopold, serta asisten Joyce Romani, Desdemona Holland. Saat pemanggilan arwah, Poirot menyimpulkan bahwa Joyce memiliki dua asisten, mengungkapkan saudara Desdemona, Nicholas, bersembunyi di cerobong asap. Joyce tiba-tiba berbicara dengan suara Alicia dan mengungkapkan bahwa dia dibunuh oleh salah satu tamu. Poirot mencoba menghadapi Joyce, yang menyuruhnya untuk bersantai dan memberikan topeng dan jubahnya. Beberapa detik setelah penyerang tak dikenal hampir menenggelamkan Poirot saat dia terombang-ambing dengan apel, Joyce ditemukan tertusuk patung di halaman.

Saat badai menghampiri palazzo, Poirot mewawancarai para tamu, di mana dia menyaksikan manifestasi hantu Alicia dan mendengar seorang gadis muda menyenandungkan sebuah lagu. Investigasi menghasilkan hasil yang membingungkan:

  • Leslie, yang sangat trauma dengan pengalamannya saat pembebasan kamp konsentrasi Bergen-Belsen, jatuh cinta dengan Rowena.
  • Maxime, yang awalnya tidak diundang, memutuskan pertunangannya karena Rowena tidak menyetujuinya, dan Alicia terobsesi untuk membahagiakan ibunya.
  • Nicholas dan Desdemona telah mencuri dari Joyce dan berniat menggunakan uang itu untuk bepergian ke St. Louis, Missouri, yang membuat mereka jatuh cinta sama tempat tersebut setelah melihat separuh dari film Meet Me in St. Louis di kamp pengungsi.
  • Leopold mengaku mendengar suara-suara dari roh anak-anak yang merupakan suara yang sama yang didengar Poirot sejak dia hampir tenggelam.

Ketika para tamu menemukan ruang bawah tanah berisi sisa-sisa kerangka anak-anak yang meninggal, Leslie mengalami serangan panik dan hampir membunuh Maxime. Dia dikunci di dalam ruang musik untuk pemulihan, Rowena memberi Poirot satu-satunya kunci. Setelah memeriksa undangan Maxime, Poirot menyimpulkan Ariadne mengirimkannya dan berkonspirasi dengan Vitale. Vitale, yang menyelidiki kematian Alicia dan mengundurkan diri dari kepolisian akibat kasus tersebut, memberikan rincian pribadi kepada Joyce, sementara Ariadne berharap untuk menggunakan ketidakmampuan Poirot dalam menjelaskan hal-hal gaib sebagai plot untuk buku berikutnya. Leslie kemudian ditemukan ditikam sampai mati.

Mengumpulkan tamu-tamu yang tersisa, Poirot mengungkapkan Rowena adalah pembunuhnya. Terobsesi menjaga Alicia untuk dirinya sendiri, Rowena memutuskan kontak Alicia dengan Maxime setelah mengetahui bahwa mereka berencana untuk kembali bersama, dan kemudian menggunakan sejumlah kecil madu yang beracun dan halusinogen yang diekstraksi dari rhododendron untuk melemahkan dan kemudian merawat Alicia; madu yang sama tampaknya menjadi penyebab penglihatan Poirot terhadap hal gaib. Suatu malam, Olga tanpa sadar memberikan teh kepada Alicia yang mengandung dosis fatal. Rowena, takut ketahuan, merencanakan bunuh diri Alicia. Ketika Rowena mulai menerima ancaman pemerasan, Rowena mencurigai Joyce atau Leslie. Dia berusaha menenggelamkan Poirot, menyadari bahwa dia telah salah mengira dia sebagai Joyce, dan kemudian mendorong Joyce hingga tewas. Kemudian, melalui saluran telepon internal palazzo, dia memaksa Leslie menikam dirinya sendiri dengan mengancam akan membunuh Leopold. Rowena berharap untuk menganggap kedua kematian tersebut sebagai bagian dari kutukan anak-anak. Ketika Poirot menghadapi Rowena di atap, hantu Alicia tampak muncul di hadapan mereka berdua, menarik Rowena turun dari gedung dan masuk ke kanal tempat dia tenggelam.

Saat fajar, Poirot berpisah dengan Ariadne dan memilih untuk tidak melaporkan Vitale atas tuduhan penipuan. Belakangan, Poirot secara pribadi mengonfrontasi Leopold, pemeras sebenarnya. Leopold menjelaskan bahwa dia mengidentifikasi tanda-tanda keracunan yang di identifikasi ayahnya. Poirot menyarankan agar Leopold dan Olga menjernihkan hati nurani mereka dengan menggunakan uang tersebut untuk membantu keluarga Holland memulai hidup baru di Amerika Serikat. Keyakinannya sebagian besar pulih, Poirot kemudian kembali ke rumah untuk menerima kasus baru.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Kenneth Branagh sebagai Hercule Poirot, pensiunan detektif Belgia yang terkenal di dunia.
  • Kyle Allen sebagai Maxime Gerard, mantan tunangan Alicia Drake.
  • Camille Cottin sebagai Olga Seminoff, pembantu Rowena.
  • Jamie Dornan sebagai Dr. Leslie Ferrier, seorang dokter yang menderita trauma psikologis.
  • Tina Fey sebagai Ariadne Oliver, teman Poirot dan seorang novelis kriminal.
  • Jude Hill sebagai Leopold Ferrier, putra Dr. Ferrier yang dewasa sebelum waktunya.
  • Ali Khan sebagai Nicholas Holland, asisten Reynolds dan saudara Desdemona.
  • Emma Laird sebagai Desdemona Holland, asisten Reynolds dan saudara Nicholas.
  • Kelly Reilly sebagai Rowena Drake, pensiunan penyanyi opera dan ibu Alicia.
  • Riccardo Scamarcio sebagai Vitale Portfoglio, pengawal Poirot dan mantan polisi.
  • Michelle Yeoh sebagai Joyce Reynolds, yang dianggap sebagai cenayang.
  • Rowan Robinson sebagai Alicia Drake, putri mendiang Rowena.
  • Amir El-Masry sebagai Alessandro Longo, seorang pemuda yang mencari bantuan Poirot.
  • Vanessa Ifediora sebagai Sister Maria Felicitas

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 76% dari 291 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6,5/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Putaran yang lebih gelap dan menakutkan dari Poirot karya Branagh, A Haunting in Venice adalah camilan Halloween yang layak yang misterinya mendapat peningkatan dari visual yang bagus dan pemeran all-star."[7] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 63 dari 100, berdasarkan 52 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "umumnya disukai".[8] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B" pada skala A+ hingga F, sama seperti dua bagian pertama, sementara mereka yang disurvei di PostTrak memberikan skor positif keseluruhan sebesar 73%, dengan 48% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikan film ini.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Haunting in Venice (12A)". BBFC. August 15, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 16, 2023. Diakses tanggal August 15, 2023. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony (2023-09-13). "A Haunting In Venice Hopes To Scare Nun 2 From Top Spot At Box Office – Preview". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 14, 2023. Diakses tanggal 2023-09-13. 
  3. ^ "A Haunting in Venice – Financial Information". The Numbers. Diakses tanggal November 14, 2023. 
  4. ^ "A Haunting in Venice (2023)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 14, 2023. 
  5. ^ Vlessing, Etan (2023-07-19). "Kenneth Branagh Battles Supernatural Forces in 'Haunting in Venice' Trailer". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2023. Diakses tanggal 2023-09-10. 
  6. ^ "Film Terbaru Hercule Poirot A Haunting in Venice Rilis". Liputan6. 13 September 2023. Diakses tanggal 11 Januari 2024. 
  7. ^ "A Haunting in Venice (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 11 Januari 2024. 
  8. ^ "A Haunting in Venice Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 11 Januari 2024. 
  9. ^ D'Alessandro, Anthony. "'Nun 2' Scares Off Poirot To Become Mother Superior Of Box Office With $14.7M Second Weekend". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 17, 2023. Diakses tanggal September 17, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]