Pesta Hallowe'en

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pesta Hallowe'en
Hallowe'en Party
Berkas:Hallowe'en Party First Edition Cover 1969.jpg
Ilustrasi edisi Inggris pertama
PengarangAgatha Christie
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
GenreNovel kejahatan
PenerbitCollins Crime Club
Tanggal terbit
November 1969
Jenis mediaCetak (sampul keras & sampul kertas)
Halaman256 (edisi pertama, sampul keras)
Didahului olehBy the Pricking of My Thumbs 
Diikuti olehPassenger to Frankfurt 

Pesta Hallowe'en atau Hallowe'en Party adalah sebuah karya fiksi detektif buatan Agatha Christie dan pertama kali diterbitkan di Inggris oleh Collins Crime Club pada November 1969[1] dan di AS oleh Dodd, Mead and Company pada tahun yang sama.[2][3] Edisi Inggrisnya seharga dua puluh lima shilling.[1] Dalam persiapan untuk desimalisasi pada 15 Februari 1971, karya tersebut juga dihargai £1.25. Edisi ASnya seharga $5.95.[3]

Novel tersebut menampilkan detektif Belgia Hercule Poirot dan novelis misteri Ariadne Oliver, yang memulai novel tersebut dengan menghadiri sebuah pesta Hallowe'en. Seorang gadis di pesta tersebut mengklaim bahwa ia menyaksikan sebuah pembunuhan, yang, pada masa itu, ia dianggap terlalu muda untuk melakukan sebuah pembunuhan. Kemudian, gadis itu sendiri terbukti membunuh, dan Oliver memanggil Poirot. Buku tersebut didedikasikan kepada P.G. Wodehouse.

Sebuah ulasan pada masa publikasi dan 20 tahun kemudian yang lain sama-sama merasa bahwa kisahnya bukanlah salah satu karya terbaik Agatha Christie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Chris Peers, Ralph Spurrier and Jamie Sturgeon. Collins Crime Club – A checklist of First Editions. Dragonby Press (Second Edition) March 1999 (p. 15)
  2. ^ John Cooper and B.A. Pyke. Detective Fiction – the collector's guide: Second Edition (pp. 82, 87) Scholar Press. 1994. ISBN 0-85967-991-8
  3. ^ a b American Tribute to Agatha Christie

Pranala luar[sunting | sunting sumber]