Pembunuhan ABC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The A.B.C. Murders)
The A.B.C. Murders, Os Crimes do ABC
PenulisAgatha Christie
NegaraInggris Raya
BahasaInggris
Seriescanon of Hercule Poirot
Genrefiksi detektif, cerita seru dan fiksi kriminal
Set inInggris
Diterbitkan6 Januari 1936
PenerbitCollins Crime Club dan Am Oved
Pages256
ISBN
OCLC416232276
SebelumnyaMaut di Udara
SetelahnyaPembunuhan di Mesopotamia
Selengkapnya di Wikidata


Pembunuhan ABC atau The A.B.C. Murders adalah sebuah karya fiksi detektif buatan Agatha Christie, yang pertama kali diterbitkan di Inggris oleh Collins Crime Club pada 6 Januari 1936[1] dan di AS oleh Dodd, Mead and Company pada 14 Februari tahun yang sama.[2] Edisi Inggrisnya dihargai tujuh shilling dan sixpence (7/6)[3] dan edisi ASnya seharga $2.00.[2]

Buku tersebut menampilkan karakter-karakter Hercule Poirot, Arthur Hastings dan Kepala Inspektur Japp. Bentuk novel tersebut tak lazim, memadukan naratif orang pertama dan ketiga. Gaya tersebut dikenal dipelopori oleh Charles Dickens dalam Bleak House, dan dipakai oleh Agatha Christie dalam The Man in the Brown Suit. Apa yang tak biasa dalam The A.B.C. Murders adalah bahwa naratif orang ketiga direkonstruksi oleh narator orang pertama, Hastings. Gaya tersebut menunjukkan komitmen Christie untuk bereksperimen dengan kesusastraan, yang dikenal dicontohkan oleh The Murder of Roger Ackroyd.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Observer, 29 December 1935 (p. 6)
  2. ^ a b "The Classic Years: 1935 - 1939". American Tribute to Agatha Christie. May 2007. Diakses tanggal 2014-04-28. 
  3. ^ Chris Peers, Ralph Spurrier and Jamie Sturgeon. Collins Crime Club – A checklist of First Editions. Dragonby Press (Second Edition) March 1999 (p. 15)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]