8tv

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari 8TV (Malaysia))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
8TV
PemilikMedia Prima Berhad
SloganWe're diffrent
NegaraBendera Malaysia Malaysia
Situs webwww.8tv.com.my

8TV merupakan sebuah televisi swasta di Malaysia. Stasiun televisi ini diluncurkan pada 8 Januari 2004. 8TV adalah milik Media Prima dan merupakan saluran tambahan dari TV3 dan bukan untuk menarik perhatian penonton-penonton TV3, 8TV menyiarkan rancangan-rancangan untuk kumpulan fokus pelanggan yang berbeda yaitu kepada remaja, anak-kanak, musik dan juga rancangan Bahasa Mandarin.

8TV diketuai Ahmad Izham Omar. Dirut TV8 ialah Paul Moss, seorang juri dalam Malaysian Idol.

8TV disiarkan melalui UHF. Di lembah Klang, saluran UHFnya ialah 25. Selain itu, 8TV juga didapati melalui saluran 708 (Sebelumnya di saluran 18) Astro Malaysia dan saluran 108 TM HyppTV

Waktu siaran (senin - Jumat): 6:30pg — 3:00pg hari berikutnya; (Sabtu - Minggu): 8:30pg — 3:00pg hari berikutnya.

Pada awal 2018, warna logo on-air 8 pada logo 8tv yang sebelumnya berwarna oranye, Kini menjadi warna Ungu. Dan pada 5 Maret 2018, 8TV resmi menjadi stasiun televisi swasta berbahasa Mandarin pertama di Malaysia. Sehingga Jumlah acara berbahasa Mandarin bertambah signifikan setelah ntv7 berfokus ke Melayu. Dan Setelah 8tv berstatus menjadi TV Swasta Berbahasa Mandarin pertama di Malaysia pada 2018, 8tv tidak menyiarkan siaran Radio Hot FM lagi.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

8TV didasarkan pada golongan muda dengan konsep "satu stasiun, dua saluran", yang mana sesi pertama penyiaran merupakan saluran bahasa Tionghoa, manakala sesi keduanya merupakan slot program yang kebanyakannya berBahasa Inggris. Satu lagi bagian ketiga penyiaran menampilkan permainan SMS interaktif, serta video musik dalam bahasa Inggris, Melayu dan Mandarin.

Slogannya, "We're different," melambangkan misi 8TV untuk menawarkan keberbagaian seri dan film popular yang bertumpukan muda-mudi, penduduk kota dan bangsa Tionghoa sebagai penonton sasaran.

Maskot[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2006, 8TV memperkenalkan maskot barunya yang berbentuk seorang bayi bernama "Pow Pow". Bayi ini menghiasi setengah iklan promo yang mempromosikan rancangan 8TV, serta halaman utama halaman web resmi 8TV. Asalnya dia hanya digelar "8TV baby" hingga selesainya pertandingan mencari nama sesuai, maka dari itulah terpilihnya nama "Pow Pow".

Pow Pow sering dilihat memakai sehelai baju merah berkolar yang tertera logo 8TV di bagian depan, dihiasi jubah berwana oranye yang juga tertera logo 8tv8tv di atasnya, berserta sehelai lampin. Kadang-kadang dia juga dilihat bermain dengan gitar elektrik. Wajah Pow Pow banyak menyerupai watak Jack-Jack dari film Disney-Pixar, the Incredibels.

Acara-acara pilihan[sunting | sunting sumber]

Sesi sembang 8TV merangkumi:

  • Simulcast Hot FM AM Krew (Senin—Jumat, 7-10 pagi): Menampilkan juruhebah Fara Fauzana dan Faizal bin Ismail yang boleh diinteraksi melalui telepon atau SMS.
  • 8TV Jukebox (Senin—Jumat, 10 pagi—1 tengah hari; Senin, Selasa, Khamis dan Jumat, 1.30—3 tengah hari; setiap malam, kira-kira 12.45—2 pagi): Memainkan klip video musik.
  • Celebrity Chat (Rabu, 1.30-2.30 tengah hari): Menampilkan temubual selebriti bersama pengacara Ruzy atau Dennis
  • Funki Jukebox (setiap malam, 2—3 pagi): Permainan SMS interaktif.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 2004, dalam acara sepak bola Euro 2004 hangat di udara, 8TV didapati menyiarkan iklan pengeluar minuman keras Carlsberg yang merupakan penanda penyiaran pertandingan olahraga itu. Akibatnya, Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia mengenakan denda sebanyak RM50,000 terhadap 8TV mengikut peruntukan Seksi 242, Akta Komunikasi dan Multimedia 1998.[1]

Pada 13 Januari 2008, pada konsert sambutan ulang tahun, artis Faizal Tahir menanggalkan bajunya hingga mendedahkan dadanya di pentas apabila bersiaran langsung. Akibatnya, pada 19 Januari 2008, SKMM berkata mereka menggantung acara-acara siaran langsung dan tertunda berbentuk hiburan di stasiun 8TV selama tiga bulan berkuat kuasa 15 Januari 2008.[2][3]

Pada awal bulan Ramadan 2011, 8tv kembali diprotes setelah para penonton mereka mengeluhkan serangkaian iklan layanan masyarakat untuk menyambut bulan Ramadan yang berbau SARA (lihat video). Iklan tersebut terdiri dari 3 skenario berbeda, dimana iklan ini menceritakan seorang gadis beretnis Cina yang makan secara terbuka, mengenakan pakaian minim dan kurang beradab ketika bulan Ramadan, dengan pesan untuk non-Muslim supaya menghormati bulan puasa dengan sewajarnya. Penayangan iklan itu akhirnya dihentikan setelah respon penonton yang negatif, termasuk umat Islam yang juga menonton iklan itu.[4][5] Pihak 8tv juga meminta maaf kepada penonton lewat pesan di Facebook.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "8TV didenda RM50,000 karena arak". Utusan Malaysia. 2004-09-13. 
  2. ^ "Permohonan Maaf Terbuka Dari Faizal Tahir". gua.com.my. 2008-01-06. 
  3. ^ "Siaran langsung 8TV, Faizal digantung 3 bulan". utusan.com.my. 2008-01-19. 
  4. ^ Ramadan: Ekoran kecaman, Media Prima tarik balik iklan rasis, The Malaysian Insider, 2 Ogos 2011. Dicapai pada 5 Ogos 2011.
  5. ^ Iklan rasis: Pakatan mahu tindakan keras ke atas 8TV, The Malaysian Insider, 2 Ogos 2011. Dicapai pada 5 Ogos 2011.
  6. ^ Stasiun Televisi Malaysia Cabut Iklan Ramadan yang Rasis, 3 Agustus 2011, Republika

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]