Universitas Suryadarma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Suryadarma
Moto Universitas Suryadarma di bawah bimbingan [Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara
Didirikan 24 Juni 1999
Jenis Universitas Swasta
Lokasi Jl. Protokol Halim Perdana Kusuma, Komp. Bandara Halim Perdana Kusuma, DKI Jakarta, Jakarta Timur 13610, Indonesia
Julukan Unsurya
Situs web http://universitassuryadarma.ac.id

Universitas Suryadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan TNI Angkatan Udara, yang terletak di kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Suryadarma adalah Lembaga Pendidikan Tinggi yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Tekhnologi Dirgantara oleh TNI Angkatan Udara dengan dasar hukum Keputusan MenDikBud RI nomor : 109/D/O/1999 tanggal 24 Juni 1999.

Institut Tekhnologi Dirgantara (1987 - 1989)[sunting | sunting sumber]

Keinginan TNI-AU untuk mendirikan perguruan tinggi seperti Institut Angkatan Udara, sesungguhnya sudah mulai timbul sejak tahun 1970-an, namun baru terlaksana pada tahun 1987. Sebagai inti kekuatan HANKAM di wilayah Dirgantara Nasional, TNI AU melalui Yayasan "ADI UPAYA" (YASAU) menyadari pentingnya penyiapan tenaga profesional di bidang kedirgantaraan dan penguasaan terhadap tekhnologi kedirgantaraan dan untuk itulah didirikan Institut Tekhnologi Dirgantara (ITD).

Pada awalnya ITD membuka 3 jurusan yaitu Tekhnik Logistik Penerbangan, Tekhnik Aeronautika, Tekhnik Elektro Penerbangan...

Sekolah Tinggi Tekhnologi Dirgantara (1989 - 1998)[sunting | sunting sumber]

Perkembangan berikutnya melalui Surat Keputusan MenDikBud No. 0295/O/1989 tanggal 19 Mei 1989 MenDikBud RI memberi status terdaftar kepada STTD dan sekaligus mengubah ITD menjadi STTD.

kemudian dengan Skep DirJen DikTi DepDikBud No. 0369/Kop/Dikti/1998 tanggal 14 Oktober 1998 mengubah status Terdaftar menjadi status Diakui. Sekolah Tinggi ini merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedirgantaraan pertama di Indonesia.

Universitas Suryadarma (1999 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi kedirgantaraan oleh TNI Angkatan Udara melalui Lembaga Sekolah Tinggi Tekhnologi Dirgantara (STTD) memacu Yayasan "Adi Upaya" (YASAU) untuk mengembangkan lembaga pendidikannya dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas dengan nama Universitas Suryadarma (UNSURYA).

Adapun dasar hukum pengembangan STTD menjadi Universitas Suryadarma adalah Keputusan MenDikBud RI nomor : 109/D/O/1999 tanggal 24 Juni 1999.

Pengembangan Pendidikan Tinggi menjadi Universitas diaplikasikan dengan pendirian fakultas-fakultas baru yang bersifat umum (tidak berkaitan langsung dengan kedirgantaraan) seperti Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik.

Tentang Unsurya[sunting | sunting sumber]

Logo Unsurya[sunting | sunting sumber]

Logo Unsurya

Universitas Suryadarma (UNSURYA) memiliki logo berbentuk lingkaran segi lima, di dalamnya terdapat seekor garuda yang terbang di atas hamparan buku dengan separuh bola dunia berwarna hijau dan langit hitam bertabur bintang di latar belakangnya, di bawahnya terdapat pita bertuliskan HAKIKI.

Adapun pengertian lambang Universitas Suryadarma adalah:

  1. Langit hitam bertabur bintang menggambarkan ruang angkasa dan antariksa yang tiada batas.
  2. Bulatan dunia berwarna hijau menggambarkan sifat keilmuan yang universal.
  3. Burung garuda terbang mengepakkan sayap, berwarna kuning menggambarkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan dalam pembangunan nasional.
  4. Buku putih yang lebar terbuka menggambarkan pengembangan sarana dan prasarana keilmuan dan tekhnologi yang tersedia di Universitas Suryadarma untuk mencapai tujuan nasional di bidang kedirgantaraan.
  5. Lingkaran dengan tulisan "UNIVERSITAS SURYADARMA" menggambarkan keterpaduan yang kokoh terhadap unsur-unsur di atas.
  6. Pita bertuliskan "HAKIKI" di bawah berarti benar, sebenar-benarnya yang bersifat inti, mendasar.

Bendera Unsurya[sunting | sunting sumber]

Universitas Suryadarma (UNSURYA) memiliki bendera tiga warna, yaitu merah, Abu-abu (perak) dan kuning, berposisi bersaf kesamping mempunyai perbandingan antara lebar dan panjang sama dengan dua berbanding tiga.

  • Warna Merah: Melambangkan semangat, kemauan dan potensi untuk mencapai sasaran / tujuan yang diinginkan
  • Warna Abu-abu (Perak): Melambangkan sifat suci, rela berkorban demi tercapainya cita-cita yang luhur.
  • Warna Kuning: Melambangkan cita-cita luhur, jiwa kesatria dan bijaksana.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas Suryadarma mempunyai 4 fakultas dengan 1 program studi S-2, 7 program studi S-1 dan 2 program studi D-3. Program studi S-2 yaitu Magister Manajemen, program studi S-1 yaitu Fakultas Teknologi Kedirgantaraan dengan program studi Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Industri dengan program studi Teknik Industri, Teknik Elektro dan Sistem Informasi. Fakultas Ekonomi dengan program studi Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Hukum dengan program studi Ilmu Hukum. Program studi D-3 meliputi Teknik Aeronautika dan Manajemen Informatika.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Universitas Suryadarma menjalin hubungan kerjasama dengan Universitas dan berbagai instansi-instansi, baik negara maupun swasta. Terjalinnya hubungan kerjasama yang dilandaskan pada mutual benefit ini bersifat strategis yang berdampak luas dan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Beberapa hubungan kerjasama ini ada yang dituangkan formal dalam Memorandum of Understanding dan ada pula yang didasarkan pada hubungan kekeluargaan yaitu saling membantu.

Hubungan kerjasama tersebut antara lain dengan:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]