Tjalling Charles Koopmans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tjalling Charles Koopmans ('s-Graveland, 28 Agustus 1910New Haven, 26 Februari 1985) adalah pemenang Penghargaan Nobel Ekonomi 1975. Ia menerima penghargaan itu bersama dengan Leonid Kantorovich.

Koopmans lahir di 's-Graveland, Belanda. Ia mulai pendidikan perguruan tinggi di Universitas Utrecht, usia 17, mengkhususkan diri dalam matematika. 3 tahun kemudian, pada tahun 1930, ia beralih ke fisika teoretis. Pada tahun 1933, ia bertemu Jan Tinbergen, pemenang Nobel Ekonomi 1969, dan pindah ke Amsterdam untuk belajar ekonomi matematika dengannya. Di samping ekonomi matematika, Koopmans memperluas penjelajahannya ke bidang ekonometri dan statistik.

Koopmans pindah ke Amerika Serikat tahun 1940. Di sana ia bekerja untuk badan pemerintahan di Washington D.C., di mana ia menerbitkan karya tentang ekonomi transportasi berfokus pada pengarahan optimal, lalu pindah ke Chicago di mana ia bergabung dengan sebuah badan riset yang berafiliasi dengan Universitas Chicago. Pada tahun 1946, ia menjadi warganegara Amerika Serikat yang dinaturalisasikan. Pada tahun 1955, ia pindah ke Universitas Yale di mana ia terus menerbitkan, kini pada ekonomi pertumbuhan optimal dan analisis aktivitas.

Karya awal Koopmans pada teori Hartree-Fock berkaitan dengan teorema Koopmans, yang amat terkenal dalam kimia kuantum. Koopmans dianugerahi Nobel (bersama dengan Leonid Vitaliyevich Kantorovich) untuk sumbangannya pada bidang alokasi dana, khususnya teori penggunaan dana secara optimal. Karya yang dianugerahi Nobel itu berfokus pada analisis aktivitas, studi interaksi antara pemasukan dan pengeluaran produksi, dan hubungannya pada efisiensi ekonomi dan biaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]