Leonid Vitaliyevich Kantorovich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leonid Vitaliyevich Kantorovich

Leonid Vitaliyevich Kantorovich (bahasa Rusia:Леонид Виталиевич Канторович; 19 Januari 19127 April 1986) menerima Penghargaan Nobel Ekonomi 1975 dengan Tjalling Charles Koopmans "untuk sumbangan mereka pada teori alokasi optimum sumber penghasilan". Kantarovich lahir dan meninggal di Rusia dan melakukan semua karya profesinya di sana. Gebrakan utama pertamanya muncul pada 1938 saat ia memberi nasihat pada Laboratorium Perserikatan Kayu Lapis pemerintahan Uni Soviet. Diminta merancang teknik pendistribusian bahan mentah untuk memaksimalkan hasil produksi, Kantorovich melihat bahwa masalahnya ada pada matematika: untuk memaksimalkan fungsi linear yang menjadi sasaran banyak pembatas. Kini teknik yang dikembangkannya dikenal sebagai pemrograman linear.

Dalam buku 1939, Metode Matematis Perencanaan dan Organisasi Produk, Kantorovich menunjukkan bahwa semua masalah alokasi ekonomi dapat dipandang memaksimalisasi fungsi yang menjadi sasaran pembatas. Di tempat lain John R. Hicks di Britania dan Paul A. Samuelson di Amerika Serikat sedang mencapai kesimpulan yang sama di saat yang sama. Kantorovich, seperti Paul Samuelson, menunjukkan bahwa koefisien tertentu dalam persamaan itu dapat dianggap sebagai harga tiap input.

Buku terkenal Kantorovich adalah Pemanfaatan Terbaik Sumber Ekonomi. Di dalamnya ia mengembangkan pokoq yang dibuat dalam buku tahun 1939-nya. Ia menunjukkan bahwa ekonomi perencanaan sentral mesti mengenai penggunaan harga untuk mengalokasikan sumber penghasilan. Ia juga berpendapat bahwa ekonomi sosialis harus mengenai penjualan antara masa kini dan depan, kemudian harus menggunakan suku bunga seperti yang dilakukan kapitalis. Namun, Friedrich August von Hayek telah menunjukkan bahwa satu-satunya jalan menggunakan harga adalah meemiliki sistem harga—yakni pasar dan kepemilikan pribadi.

Di samping memenangkan Hadiah Nobel dalam Ekonomi, Kantorovich memenangkan Penghargaan Lenin dari pemerintah Uni Soviet pada 1965 dan Orde Lenin pada 1967. Dari 1944 hingga 1960, Kantorovich ialah profesor di Universitas Leningrad. Pada 1960 ia menjadi direktur metode ekonomi matematika di Akademi Ilmiah Uni Soviet Divisi Siberia. Pada 1971 ia diangkat sebagai kepala laboratorium Manajemen Ekonomi Nasional di Moskow.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]