Thomsonfly

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thomsonfly
Thomsonfly logo.png
IATA ICAO Kode panggil
BY TOM TOMSON
Didirikan 1962 (dengan nama Euravia)
Hub Bandar Udara Internasional Birmingham
Bandar Udara Internasional Cardiff
Bandar Udara London Gatwick
Bandar Udara London Luton
Bandara Internasional Manchester
Bandar Udara Newcastle
Kota fokus Bandar Udara Bournemouth
Bandar Udara Coventry
Bandar Udara Doncaster Sheffield Robin Hood
Aliansi TUI Airlines
Ukuran armada 50 (April 2007)
Kota tujuan 87
Perusahaan induk TUI Airlines-(TUI Group)
Kantor pusat Wigmore House, Luton
Orang penting Colin Mitchell (Managing Director), Captain Nick Winspear (Director of Flight Operations)
Situs web http://www.thomsonfly.com

Thomsonfly merupakan sebuah maskapai penerbangan yang dimiliki oleh TUI Group dengan basis di seluruh Britania Raya. Thomsonfly merupakan maskapai penerbangan charter terbesar di dunia. Dengan basis utamanya di Bandara Internasional Manchester; Thomsonfly mengoperasikan penerbangan menuju 20 kota di Eropa. Basis yang lainnya mencakup Birmingham, Bournemouth, Cardiff, Coventry, Glasgow, Liverpool, London Gatwick, London Luton, Manchester, Newcastle, Doncaster Sheffield dan Teeside (Durham Tees Valley).

Thomsonfly Limited memiliki Lisensi Beroperasi Tipe A dari Otoritas Penerbangan Sipil Britania Raya yang mengizinkan pengangkutan penumpang, kargo dan surat pada pesawat yang berisi 20 kursi atau lebih. [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Thomsonfly merupakan anak perusahaan dari Britannia Airways, didirikan oleh Ted Langton untuk memenuhi permintaan penerbangan charter liburannya. Maskapai penerbangan ini didirikan dengan nama Euravia pada 1962 dengan armada Lockheed Constellations. Kemudian berganti pesawat menjadi Bristol Britannia; namanya diubah menjadi Britannia Airways hingga Desember 2004. Periode pertumbuhan tercepat terjadi ketika Britannia membeli Boeing 737-200 dan jumlah armadanya menjadi 45 pesawat. Britannia merupakan maskapai Eropa pertama untuk Boeing 767 dan seluruh armadanya menjadi Boeing 767 dan 757 pada pertengahan 1990.

Kemajuan teknologi membuat maskapai ini ketinggalan zaman, kemudian Thomson Holidays membuat sebuah website menggunakan nama Thomsonfly. Nama ini bermaksud untuk mencakup semua operasi penerbangan mereka dan Britannia Airways mengubah namanya menjadi Thomsonfly pada 2005.

Penerbangannya dimulai pada 31 Maret 2004 dengan 4 Boeing 737-500 dari terminal penumpang di Bandar Udara Coventry. Maskapai ini kemudian terlibat dalam kontroversi yang menyatakan bahwa mereka mengambil alih kepemilikan penyewaan bandar udara. Beberapa penduduk lokal dan Warwick District Council melakukan kampanye menentang penerbangan penumpang regular dari bandar udara Coventry, yang sebelumnya digunakan untuk penerbangan penumpang dan kargo.

Pada 28 April 2005, THomsonfly menjadi maskapai penerbangan pertama yang terbang dari Bandar Udara Doncaster Sheffield Robin Hood, bandar udara Britania Raya terbaru yang melayani Yorkshire, North Nottinghamshire, dan Lincolnshire. Thomsonfly juga merupakan yang pertama mengoperasikan penerbangan jarak jauh dari bandar udara tersebut. Thomsonfly menjadi maskapai dominan di bandar udara Doncaster Sheffield, Coventry dan Bournemouth.

Britannia Airways/Thomsonfly merupakan maskapai charter terbaik pada tahun 2004 oleh Air Transport users' Council dan memenangkan penghargaan maskapai charter terbaik Inggris versi 'TravelWeekly' pada 2004. Thomson Travel diambil alih oleh perusahaan Jerman, Preussag, pada 2001 dan diubah namanya menjadi TUI AG. Dengan pengambilan alih lainnya, TUI menjadi perusahaan perjalanan terbesar di dunia. Thomsonfly merupakan bagian dari Tui Airline Management (TAM).

Pada 14 Desember 2006, TUI mengumumkan bahwa semua maskapai penerbangan milik mereka akan diubah namanya menjadi TUIfly pada 2008.

Pada bulan Maret, grup induk dari maskapai tersebut, First Choice Holidays PLC bergabung dengan TUI AG, dan akan menggabungkan Thomson Holidays dan First Choice Holidays. Tidak ada keputusan yang dibuat mengenai merek baru dari kedua maskapai ini.

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Eropa[sunting | sunting sumber]

Global[sunting | sunting sumber]

Armada[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2007, armada Thomsonfly telah mencakup [3]:

Usia rata-rata armada Thomsonfly adalah 11.2 tahun (Mei 2007)[4].

Armada[sunting | sunting sumber]

  • FlightOnTime.info - Runner-up UK Charter Airline for punctuality - Musim Panas 2005
  • FlightOnTime.info - Most Punctual UK Charter Airline - Musim Panas 2004
  • AUC Crown Awards: Most Punctual Charter Carrier - Musim Panas 2004
  • Travel & Tourism Web Awards: Best Airline - 2004
  • Telegraph Travel Awards: Best Charter Airline - 2003

Galeri[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]