Kota fokus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam industri maskapai penerbangan, sebuah kota fokus adalah suatu lokasi yang bukan merupakan hub, tapi dari sanalah maskapai penerbangan mengoperasikan penerbangan tanpa henti ke sejumlah kota daripada hubnya.

Dibandingkan dengan operasi hub, penerbangan dari kota fokus sedikit dilakukan, dilayani oleh pesawat regional yang lebih kecil, dan lebih melayani lalu lintas asal & tujuan daripada lalu lintas penghubung. Hubungan sering dilakukan, tetapi hanya karena jumlah kota tujuan/frekuensi yang dilayani oleh operator tunggal (kadang bersamaan dengan rekan operasi).

Sebutan "kota fokus" adalah sejenis kekeliruan, karena lebih merujuk pada bandara daripada kota. Contohnya, US Airways memiliki operasi kota fokus di Bandar Udara LaGuardia di Queens, tapi tidak di dua bandara besar di daerah New York City: Bandar Udara Internasional John F. Kennedy (juga di Queens), atau Bandar Udara Internasional Liberty Newark di Newark, New Jersey. Sebutan lain yang sama artinya adalah "hublet", "mini-hub", dan "kota kunci".

Kota fokus juga secara umum digunakan oleh maskapai penerbangan bertarif rendah seperti Southwest Airlines, WestJet atau Ryanair yang terbang titik-ke-titik dan tidak mempunyai konsentrasi besar pada operasi hub.

Saat ini, Continental Airlines, Northwest Airlines, United Airlines, dan Delta Air Lines adalah 4 maskapai AS yang tidak mempunyai operasi kota fokus.[butuh rujukan]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]