The Sound of Silence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"The Sounds of Silence"
Singel oleh Simon and Garfunkel
dari album Sounds of Silence
Dirilis 10 September 1965
Format 7" single
Direkam Maret 1964 (track utama); 15 Juni 1965 (overdub)
Genre Folk rock
Panjang 3:05
Label Columbia
Pencipta Paul Simon
Produser Tom Wilson
Penilaian profesional
Kronologi singel Simon and Garfunkel
"I'm Lonesome"
(1963)
"The Sounds of Silence"
(1965)
"Homeward Bound"
(1966)


"Sounds of Silence" adalah lagu yang mengantarkan duo pemusik folk Simon & Garfunkel kepada kepopuleran. Ditulis pada bulan Februari 1964 oleh Paul Simon, lagu ini menggambarkan kejadian pasca pembunuhan John F. Kennedy pada tahun 1963.[1] Versi asli yang dipilih oleh grup ini diremix dan di sweetened, dan dikenal sebagai "the quintessential folk rock release".[2]

Di Amerika Serikat, lagu ini adalah hit kedua yang paling terkenal dari Simon & Garfunkel setelah "Bridge Over Troubled Water".

Lagu ini memperdengarkan permainan gitar akustik sambil bernyanyi. Awalnya, lagu ini direkam sebagai lagu akustik untuk album pertama mereka, Wednesday Morning, 3 A.M. pada tahun 1964 namun produser rekaman, Tom Wilson mengoverdub dengan drum (Bobby Gregg), bass elektrik (Bob Bushnell) dan gitar elektrik (Al Gorgoni), semuanya tanpa sepengetahuan dan partisipasi Simon & Garfunkel dan dirilis kembali sebagai singel di bulan September 1965.[3][4] Singel ini mencapai nomor 1 pada Tahun Baru 1966 dan dimasukkan pada album tahun 1966, Sounds of Silence.

"The Sound of Silence" awalnya ditulis "The Sounds of Silence" (jamak) di singel dan album awal, namun pada akhirnya ditulis menjadi "The Sound of Silence" (tunggal). Dalam bukunya Lyrics 1964–2008 Simon menulis versi judul yang tunggal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Paul Simon mulai membuat lagu ini beberapa waktu setelah pembunuhan presiden Kennedy. Ia sudah menyempurnakan musiknya namun belum menulis liriknya. Pada 19 Februari 1964, liriknya telah disempurnakan, dan pernyataan Simon: "Hal terutama tentang bermain gitar adalah saya dapat duduk sendirian lalu bermain dan bermimpi. Dan saya selalu senang melakukannya. Saya suka pergi ke kamar mandi, karena tempat itu berubin, jadi agak seperti ruang gema kecil. Saya akan memutar keran supaya air bisa mengalir — Saya menyukai suara itu, sangat menenangkan bagi saya — dan saya mulai bermain. Di dalam gelap. 'Hello darkness, my old friend / I've come to talk with you again'. ('Halo kegelapan, teman lamaku / Aku telah datang untuk berbincang denganmu lagi')"[5]

Simon memainkan komposisi barunya kepada Garfunkel pada hari yang sama, dan tak lama kemudian, keduanya mulai mempertunjukkannya di kelab-kelab musik folk clubs di New York. Pada liner notes album debut mereka, Wednesday Morning, 3 A.M., Garfunkel mengatakan, "'The Sound of Silence' adalah sebuah karya besar. Kami sedang mencari sebuah lagu dengan skala yang lebih besar, namun ini melebihi apa yang kami kira."[6]

Duo itu merekamnya untuk pertama kali pada tanggal 10 Maret dan memasukkannya ke dalam Wednesday Morning, 3 A.M., yang dirilis bulan Oktober.[7] Setelah dirilis, album itu gagal, dan keduanya berpisah, Simon pergi ke Inggris selama tahun 1965, bergabung dengan penyanyi-penulis lagu Bruce Woodley dari The Seekers. Di sana ia sering tampil solo di kelab folk dan merekam The Sound of Silence untuk kedua kalinya dalam LP solonya pada Mei 1965, The Paul Simon Songbook.

Versi baru[sunting | sunting sumber]

Pada saat yang sama, produser Simon and Garfunkel di Columbia Records di New York, Tom Wilson, mulai mendengar bahwa lagu itu telah diputar di stasiun-stasiun radio di Boston, Massachusetts, Gainesville dan Cocoa Beach, Florida.

Pada tanggal 15 Juni 1965, segera setelah perekaman lagu Bob Dylan "Like a Rolling Stone", Wilson mengambil versi akustik asli Simon & Garfunkel tahun 1964, dan melakukan overdub dengan gitar elektrik (oleh Al Gorgoni dan Vinnie Bell), gitar bass (Joe Mack), dan drum (Buddy Salzman), lalu merilisnya sebagai singel tanpa berkonsultasi dengan Simon atau Garfunkel. Walau masih terikat kontrak dengan Columbia Records pada saat itu, duo ini sudah tidak lagi bekerja sama.[3][8][9] Roy Halee adalah teknisi rekaman yang sangat bersemangat dengan kesuksesan The Byrds dan formula musik rock mereka, mengenalkan efek ruang gema ke dalam lagu itu.[3] Al Gorgoni kemudian menyatakan bahwa efek gema tersebut bekerja dengan hasil yang bagus pada penyelesaian rekaman, namun tidak menyukai efek gitar listrik untuk membungkus versi yang asli.[3]

Untuk B-Side, Wilson memasukkan lagu yang tak terilis yang ia rekam bersama duo itu beberapa bulan sebelumnya yang berusaha membuat musik yang "kontemporer". Singel rekaman "Sounds of Silence"/"We've Got a Groovey Thing Going" masuk ke tangga lagu musik pop Amerika Serikat bulan September 1965 dan perlahan-lahan naik. Dalam terbitan pertama Crawdaddy! tanggal 30 Januari 1966, Paul Williams, dalam menilai album tersebut menuliskan, ia menyukai lagu B-side yang bernuansa "rock and roll" murni, "catchy", dengan "hentakan dan melodi yang mengagumkan" serta harmoni yang indah.

Kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Simon mengetahui bahwa lagu itu telah masuk ke tangga lagu beberapa menit sebelum ia tampil di atas panggung di Copenhagen, dan di akhir musim gugur 1965, ia kembali ke AS. Di akhir tahun itu dan minggu pertama tahun 1966, lagu itu berhasil menduduki puncak tangga lagu AS. Simon & Garfunkel kemudian kembali bergabung sebagai duo dan menjadikan judul lagu tersebut sebagai nama album berikutnya The Sound of Silence, yang direkam agak terburu-buru pada Desember 1965 dan dirilis pada Januari tahun berikutnya. Lagu tersebut mengantarkan mereka kepada kepopuleran dan bersama dengan 2 lagu lain yang mencapai 5 besar di AS musim panas tahun 1966, yaitu I am a Rock dan Homeward Bound. Pada tahun 1999, BMI memasukkan lagu The Sound of Silence ke nomor 18 dari lagu-lagu yang paling banyak dinyanyikan di abad ke-20.

Pada tahun 2004, lagu ini menempati peringkat 156 dalam daftar Rolling Stone sebagai salah satu dari 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa, bersama 2 lagu mereka yang lain.

Posisi di tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (1966)[10] Posisi
puncak
Australian Kent Music Report (Laporan Musik Kent Australia) 3
Tangga Lagu Singel Austria 3
Tangga Lagu Singel Belanda 10
Tangga Lagu Singel Jerman 9
Irish Singles Chart 5
Tangga Lagu Singel Jepang 1
Tangga Lagu Swiss 94
UK Singles Chart[11] 9
US Billboard Hot 100 1

Daur ulang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Victoria Kingston, Simon and Garfunkel : the definitive biography, London, Sidgwick & Jackson, 1995
  2. ^ Hoffmann, Frank, Encyclopedia of Recorded Sound, 2nd ed., New York, NY : Routledge, 2005. ISBN 041593835X. Cf. volume 1 (of two), p.408, article on "Folk Rock".
  3. ^ a b c d Simons, David (2004). Studio Stories - How the Great New York Records Were Made. San Francisco: Backbeat Books.  Cf. pp.94-97.
  4. ^ Charlesworth, Chris, The Complete Guide to the Music of Paul Simon and Simon & Garfunkel, Omnibus Press 1996. Cf. especially pp.17-18 on Sound of Silence.
  5. ^ Schwartz, Tony. "Playboy Interview", Playboy, February 1984, Vol. 31, No. 384, Issue 2, pp. 49–51 & 162–176
  6. ^ Simon and Garfunkel quotes
  7. ^ Patrick Humphries, Paul Simon: Still Crazy After All These Years (New York: Doubleday, 1989). ISBN 038524908X.
  8. ^ David Simons menulis dalam bukunya Studio Stories, hal.96: "Di New York, Tom Wilson mengenali bahwa salah satu lagu dari Wednesday Morning, 3 AM, yang berjudul 'The Sound of Silence' telah menarik perhatian pendengar di sepanjang Pesisir Timur. Wilson memutuskan untuk melengkapi lagu itu dengan nuansa rock. Ada satu masalah kecil: walau masih dikontrak oleh Columbia, untuk sementara Simon & Garfunkel sudah tidak bekerja sama lagi. Hal ini tidak menghalangi Wilson, yang lalu menghubungi 4 pemusik sesi New York yang paling terpercaya -- bassis Joe Mack, gitaris Al Gorgoni dan Vinnie Bell, serta drummer Buddy Salzman -- dan dengan bantuan teknisi Roy Halee, mulai memasukkan jiwa baru ke dalam lagu akustik klasik Simon yang tak diketahui oleh Simon sendiri."
  9. ^ Paul Simon Discography - Simon & Garfunkel - 1964 to 1971
  10. ^ http://swisscharts.com/showitem.asp?interpret=Simon+%26+Garfunkel&titel=The+Sounds+Of+Silence&cat=s
  11. ^ http://archive.is/20120721121155/http://www.chartstats.com/artistinfo.php?id=1850
  12. ^ Boudewijn de Groot homepage - "Het geluid van stilte" lyrics
Didahului oleh:
"Over and Over" oleh The Dave Clark Five
Singel Nomor 1 Billboard Hot 100
1 Januari 1966
22 Januari 1966
Diteruskan oleh:
"We Can Work It Out" oleh The Beatles

Pranala luar[sunting | sunting sumber]