Folk rock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Folk rock
Sumber aliran Folk music, rock music, pop music
Sumber kebudayaan Early-mid-1960s, United States and United Kingdom
Alat musik yang biasa digunakan Vocals, electric guitar, acoustic guitar, bass guitar, drums, Hammond organ, piano, harmonica, fiddle
Popularitas arus utama Popular mostly from the mid-1960s through the early 1970s;[1] Still has a fanbase in 2010s
Subgenre
Celtic rock - Manila Sound - Electric folk - Folk metal - Folk punk - Folktronica - Indie folk - Neofolk - Nu-folk - Medieval folk rock - Psychedelic folk - Viking metal
Topik lainnya
Country rock - Rockabilly

Folk rock adalah genre musik yang menggabungkan unsur musik rakyat dan musik rock. Dalam arti yang paling awal dan sempit, istilah ini mengacu pada genre yang muncul di Amerika Serikat dan Inggris sekitar pertengahan 1960-an. Genre yang dipelopori oleh band Los Angeles The Byrds, yang mulai bermain musik rakyat tradisional dan Bob Dylan mulai menulis materi dengan instrumentasi rock, dalam gaya sangat dipengaruhi oleh The Beatles dan band Inggris lainnya. Istilah "folk rock "itu sendiri pertama kali diciptakan oleh pers musik AS untuk menggambarkangaya musik The Byrds ' pada Juni 1965, bulan yang sama bahwa album debut band ini dikeluarkan. The Byrds' merilis versi cover Dylan" Mr. Tambourine Man "dan kesuksesan selanjutnya komersial dimulai dengan 'meledaknya musik folk rock pada pertengahan 1960-an. Dylan sendiri juga berpengaruh pada genre ini, khususnya rekaman dengan sebuah band rock listrik pada album Bringing It All Back Home, Highway 61 Revisited, dan Blonde on Blonde. Penampilannya di Newport Folk Festival pada tanggal 25 Juli 1965 dengan backing band listrik juga dianggap sebagai momen penting dalam perkembangan folk rock.

Genre ini memiliki pendahulunya dalam kebangkitan musik rakyat Amerika, musik beat dari The Beatles dan band British Invasion, hit rekaman The Animals 'dari lagu rakyat "The House of the Rising Sun", dani lagu dari The Beau Brummels. Secara khusus, pengaruh musik rakyat jelas terlihat dalam lagu-lagu Beatles seperti 'seperti "I'm a Loser" dan "You've Got to Hide Your Love Away" yang sangat berpengaruh pada folk rock. Repertoar dari folk rock diambil sebagian dari sumber musik rakyat tetapi juga berasal dari musih rakyat yang dipengaruhi penyanyi-penulis lagu seperti Dylan. Secara musikal, genre ini ditandai dengan vokal yang jelas harmoni dan pendekatan yang relatif "bersih" (efek-dan bebas distorsi) pada instrumen listrik, seperti yang dicontohkan oleh jangly 12-string gitar suara The Byrds. Ini suara gitar jangly berasal dari musik The Searchers dan dari penggunaan George Harrison dari Rickenbacker 12-string pada rekaman The Beatles 'selama tahun 1964 dan 1965.

Ini adalah inkarnasi asli folk rock yang dipimpin langsung dengan gaya, berbeda eklektik electric folk (folk rock alias Inggris) dirintis pada tahun 1960-an oleh Pentangle, Fairport Convention dan Alan Stivell. Terinspirasi oleh psychedelic folk Inggris dan gaya Amerika Utara folk rock, Pentangle, Fairport, dan band-band lain yang terkait mulai memasukkan unsur musik rakyat tradisional Inggris ke repertoar mereka. Tak lama setelah itu, Fairport bassis, Ashley Hutchings, membentuk Span Steeleye dengan rakyat tradisionalis musisi yang ingin memasukkan unsur rock ke dalam musik mereka secara terang-terangan dan ini, pada gilirannya, melahirkan sejumlah varian lain, termasuk folk rock terang-terangan Inggris The Band Albion (juga menampilkan Hutchings) dan saat ini lebih produktif dari Celtic rock.

Dalam arti yang lebih luas, termasuk folk rock kemudian genre musik sama-terinspirasi dan gerakan di dunia berbahasa Inggris (dan yang Celtic dan pinggiran Filipina) dan, pada tingkat lebih rendah, di tempat lain di Eropa. Seperti genre apapun, perbatasan sulit untuk menentukan. Folk rock mungkin bersandar lebih ke arah rakyat atau menuju batu dalam instrumentasi nya, bermain dan gaya vokal, atau pilihannya bahan, sedangkan genre aslinya mengacu pada musik Eropa dan Amerika Utara, tidak ada penggambaran yang jelas dari mana rakyat budaya musik mungkin dimasukkan sebagai pengaruh. Namun, istilah ini tidak biasanya diterapkan pada musik rock yang berakar pada musik blues-based atau lainnya African American (kecuali seperti dimediasi melalui revivalis rakyat), atau musik rock dengan akar Cajun, atau musik (terutama setelah sekit ar tahun 1980) dengan non -Eropa akar rakyat, yang lebih biasanya diklasifikasikan sebagai musik dunia :

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]