A Hazy Shade of Winter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"A Hazy Shade of Winter"
Singel oleh Simon and Garfunkel
dari album Bookends
Sisi-B For Emily, Whenever I May Find Her
Dirilis November 1966
Format 7" single
Direkam September 1966
Genre Folk rock
Panjang 2:15
Label Columbia
Produser Simon and Garfunkel
Roy Halee
Kronologi singel Simon and Garfunkel
"The Dangling Conversation"
(1966)
"A Hazy Shade of Winter"
(1966)
"At the Zoo"
(1967)

"A Hazy Shade of Winter" adalah lagu yang ditulis oleh Paul Simon untuk Simon & Garfunkel pada tahun 1966. Lagu ini dimasukkan ke dalam album Bookends dan Live from New York City, 1967. Lagu ini masuk Billboard Hot 100 di posisi 13,[1] menjadikannya sebagai lagu kedua dari album Bookends yang berada di posisi atas tangga lagu setelah "Mrs. Robinson" yang dijadikan lagu latar film The Graduate.[2]

Kritikus Richie Unterberer menilai lagu ini sebagai salah satu lagu Simon and Garfunkel yang terbaik dan paling keras nuansa rocknya.[3] Walaupun lagu ini adalah salah satu hit terbesar mereka, Simon & Garfunkel jarang menampilkannya.

Lirik[sunting | sunting sumber]

Lirik lagu ini menuliskan tentang pergantian musim, namun memusatkan fokus pada kesuraman musim dingin. Chorus lagu ini mengungkapkan:

But look around,
leaves are brown now
And the sky
is a hazy shade of winter

Look around,
leaves are brown
There's a patch of snow on the ground.

Menurut Allmusic, gambaran musim ini kemungkinan secara tidak sadar dipengaruhi oleh lagu John Phillips berjudul "California Dreamin'".[3]

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (1966) Posisi
puncak
UK Singles Chart[4] 30
US Billboard Hot 100 13

The Bangles[sunting | sunting sumber]

"Hazy Shade of Winter"
Singel oleh The Bangles
dari album Less Than Zero
Dirilis November 1987
Format 7" single
12" maxi, CD single
Genre Rock
Panjang 2:46
Label Def Jam Recordings
Produser Rick Rubin
Kronologi singel The Bangles
"Following"
(1987)
"Hazy Shade Of Winter"
(1987)
"In Your Room"
(1988)


Pada tahun 1987, The Bangles diminta merekam lagu untuk soundtrack film Less Than Zero. Mereka memilih untuk mendaur ulang "A Hazy Shade of Winter," lagu yang telah mereka mainkan sejak awal membentuk grup musik.

Judul daur ulang mereka yang disederhanakan jadi Hazy Shade of Winter, adalah versi yang berbeda jauh dengan yang asli. Versi ini merupakan lagu rock yang keras dan bagian bridge asli dihapus. Seperti album soundtracknya, lagu ini diproduseri oleh Rick Rubin. Setelah pengalaman yang mengecewakan dengan produser album Different Light, David Kahne, dimana mereka hanya diberi sedikit masukan dalam dalam produksi lagu, mereka memutuskan untuk mengambil alih perekaman lagu ini sehingga mereka juga diberi kredit sebagai produser.

Vokal utama dinyanyikan secara bersama-sama oleh keempat anggota grup, dengan solo singkat oleh Susanna Hoffs di akhir lagu. Penampilan ini termasuk jarang di antara lagu-lagu mereka, karena biasanya hanya satu anggota saja yang menyanyi sebagai vokalis utama. Dikarenakan tekanan label rekaman mereka, The Bangles menghapus versi asli Simon & Garfunkel yang mengandung kalimat "drinking my vodka and lime." Berdasarkan liner notes di album Soundtrack, Steve Bartek dari grup musik Oingo Boingo menjadi pemain gitar.

Saat dirilis pada November 1987, "Hazy Shade of Winter" menjadi hit besar, melebihi kepopuleran versi aslinya. Lagu ini menduduki posisi 2 di Billboard Hot 100, dan posisi 11 di Britania Raya. Selain itu, lagu ini juga populer di negara-negara Eropa.

Video musik lagu ini menampilkan grup tersebut menyanyi di studio yang dikelilingi layar televisi, serupa dengan di film Less Than Zero. Adegan-adegan film juga muncul di video tersebut.

"Hazy Shade of Winter" satu pun tidak dimasukkan ke dalam album studio, namun kemudian disertakan dalam Hit Terbesar The Bangles pada tahun 1990 dan kompilasi-kompilasi berikutnya. Album Hit Terbesar The Bangles tidak menyertakan video musik "Hazy Shade of Winter", dikarenakan masalah hak cipta film Less Than Zero yang ada bagian-bagiannya muncul di video klip itu.

Versi Bangles digunakan sebagai bumper music acara bincang radio Coast to Coast AM yang dipandu Art Bell di pertengahan sampai akhir tahun 1990-an.

Tangga lagu The Bangles[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (1987–1988) Posisi
puncak
U.S. Billboard Hot 100 2
U.S. Billboard Hot Dance Music/Maxi-Singles Sales 37
Tangga lagu (1988) Peak
position
UK Singles Chart 11
Ireland Singles Chart 8
New Zealand Singles Chart 14
Canadian Singles Chart 3
Dutch Singles Chart 12
Australia ARIA Singles Chart 7
German Singles Chart 52

Daur ulang lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) 'Bookends - Simon & Garfunkel > Charts & Awards > Billboard Singles di Allmusic
  2. ^ (Inggris) 'The Graduate - Simon & Garfunkel > Charts & Awards > Billboard Singles di Allmusic
  3. ^ a b (Inggris)A Hazy Shade of Winter, "Allmusic". Akses:06-03-2012
  4. ^ "Simon And Garfunkel". Chart Stats. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2012-07-21. Diakses 2012-02-20.