The Idolmaster SideM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Idolmaster SideM
アイドルマスター SideM
(Aidorumasutā Saido Emu)
GenreMusik, Idola
Permainan
The Idolmaster SideM
PengembangOrtoplus[1]
PenerbitBandai Namco Entertainment
PerancangShuji Sogabe
FiFS
GenrePermainan kartu
Permainan sosial media
PlatformPonsel pintar
Mobage
Rilis28 Februari 2014 (layanan dilanjutkan: 17 Juli 2014)
Permainan
The Idolmaster SideM Live on Stage!
PengembangAkatsuki
PenerbitBandai Namco Entertainment
PlatformiOS
Android
Rilis30 Agustus 2017
Seri anime
The Idolmaster SideM
SutradaraTakahiro Harada
Miyuki Kuroki
ProduserBandai Namco Entertainment
Aniplex
Lantis
ABC Animation
MusikEFFY[2]
StudioA-1 Pictures[2]
Saluran
asli
TOKYO MX
Tayang Oktober 2017 Desember 2017
Episode13 episode + OVA
Seri anime
The Idolmaster SideM Wake Atte Mini!
SutradaraMankyū
ProduserZero-G
Bandai Namco Entertainment
MusikEFFY
Saluran
asli
TOKYO MX
Tayang Oktober 2018 Desember 2018
Episode12 episode + 3 OVA
 Portal anime dan manga

The Idolmaster SideM (Jepang: アイドルマスター SideM, Hepburn: Aidorumasutā Saido Emu, digayakan sebagai THE iDOLM@STER SideM) adalah permainan sosial yang dibuat untuk perangkat seluler dengan motif dunia The Idolmaster yang diproduksi oleh Bandai Namco Entertainment. Salah satu konten Mobage yang dioperasikan dan disediakan oleh DeNA. Ortoplus bertanggung jawab atas operasi dan pengembangan.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Permainan produksi idol yang dilatih dengan mengumpulkan kartu idol yang ditarik (genre "permainan kartu pelatihan idol dramatis" secara nominal). Tidak seperti The Idolmaster Cinderella Girls yang digunakan dalam Mobage dan The Idolmaster Million Live! yang digunakan dalam GREE, ini adalah serial The Idolmaster pertama yang memproduksi idol laki-laki. Pemain menjadi produser yang berafiliasi dengan kantor agensi talenta "315 (Saikō!) Production", memproduksi para idol laki-laki yang mengubah pekerjaannya menjadi idol karena berbagai alasan.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Jupiter[sunting | sunting sumber]

Mantan grup idol 961 Production. Mereka aktif sebagai idol terkenal di 961 Pro. Oleh karena itu, ia diperlakukan sebagai senior di dunia hiburan oleh para idola lain, beberapa idola mengubah pekerjaan mereka menjadi idola karena dipicu oleh mereka, unit yang dikagumi. Logo unit juga didesain ulang dari era 961 Production. Pemimpinnya adalah Tōma Amagase.

Tōma Amagase (天ヶ瀬 冬馬, Amagase Tōma)
Pengisi suara: Takuma Terashima[4]
Mantan idol 961 Production. Hobinya sepak bola, memasak, dan mengoleksi figur (terutama figur robot), dan keahlian khususnya membuat kari dari bumbu. Setelah audisi, ia dibina oleh presiden 961 Production Takao Kuroi, menjadi idola 961 Production. Namun, dia muak pada kebijakan 961 profesional yang melakukan pekerjaan di belakang layar, keluar dari 961 Pro dengan Shota dan Hokuto, dan pindah ke 315 Pro. Dia memiliki kepribadian yang lugas dan jujur, tetapi mulutnya yang buruk itu sedikit kekurangannya.
Shōta Mitarai (御手洗 翔太, Mitarai Shōta)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[4]
Mantan idol 961 Production. Dia mengagumi sosok Tōma ketika melihatnya berlatih sebelum pembentukan Jupiter. Lemah di pagi hari, ia dibantu orang tuanya untuk makan dan berganti pakaian. Namun dia mulai berlatih lebih awal dari anggota lain, ada juga sisi seriusnya. Dia memiliki saraf motorik yang baik, tetapi tidak bisa berenang. Dia suka hal-hal nakal dan sering menjahili Tōma.
Hokuto Ijūin (伊集院 北斗, Ijūin Hokuto)
Pengisi suara: Daichi Kanbara[4]
Mantan idol 961 Production. Hobinya piano, biola, berkencan, dan keahlian khususnya Flohwalzer berkecepatan tinggi. Meskipun dia melakukan pekerjaan model paruh waktu, dia dibina oleh Presiden Kuroi dan menjadi idola. Seorang playboy yang mencintai wanita. Awalnya bercita-cita menjadi pianis, tangannya terluka dan melepaskan mimpinya. Dia mengikuti klub tenis yang sama di universitas dengan Rui Maita.

DRAMATIC STARS[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari tiga orang yang dapat dibina pertama dengan tutorial. Pemimpinnya adalah eru Tendo

Teru Tendo (天道 輝, Tendo Teru)
Pengisi suara: Shugo Nakamura[4]
Mantan pengacara. Hobinya tokusatsu dan lempar panah, keahlian khususnya memasak. Ketika kecil mengagumi pahlawan keadilan yang melindungi orang lemah. Karena insiden yang terjadi di masa lalu, tetap terus hidup menjadi tujuan. Dengan kepribadian baik yang peduli, dia sangat peduli dengan Produser dan Tsubasa. Dia sering mengatakan permainan kata. Dia hanya minum hingga dua gelas alkohol. Ulang tahun adalah 15 Maret ketika layanan dimulai, tetapi diperbaiki menjadi 23 Februari setelah layanan dilanjutkan. Ketika dia menjadi pengacara, dia memutuskan untuk membela seorang anak laki-laki, tetapi dia diperintahkan oleh firma hukum miliknya untuk mundur karena kasusnya tidak menghasilkan keuntungan, dia memberontak dan pergi. Sejak itu dia memulai karirnya sebagai pengacara lepas, tetapi tidak ada orang yang mempercayakan pekerjaan kepada pengacara tanpa dukungan kantor, dan jumlah pekerjaan menurun tajam. Kemudian dia dibina oleh seorang produser yang kebetulan berada di bar saat sedang diluar kendali.
Kaoru Sakuraba (桜庭 薫, Sakuraba Kaoru)
Pengisi suara: Yuma Uchida[4]
Mantan ahli bedah. Hobinya membaca kumpulan puisi usang kenangan kakaknya, dan keahlian khususnya trik sulap. Dia pandai menyanyi sejak kecil, sering bernyanyi untuk kakaknya (Pengisi suara: Ikumi Hayama) yang berada di rumah sakit. Untuk menyingkirkan penyakit yang membunuh kakaknya, dia menjadi idola untuk menghasilkan uang. Ada banyak komentar perfeksionis dan arogan, sering konflik dengan Teru, saling bertengkar, tapi secara bertahap menjadi lebih baik. Dia memakai liontin lumba-lumba kakaknya.
Tsubasa Kashiwagi (柏木 翼, Kashiwagi Tsubasa)
Pengisi suara: Taku Yashiro[4]
Mantan calon pilot. Hobinya bermain tenis, membaca, dan berkeliling dunia di kelas ekonomi, dan keahlian khususnya makan dan membaca cuaca. Untuk beberapa alasan dia harus melepaskan impian pilotnya, saat itu dia dibina, dan menjadi idola. Kepribadian yang serius dan lembut. Kadang-kadang juga menunjukkan sisi patuh. Dia makan banyak kotak bento dan es krim, dan penggambaran kerakusannya mencolok.

Altessimo[sunting | sunting sumber]

Sebuah unit yang terdiri dari mantan musisi. Pemimpinnya adalah Rei Kagura.

Kei Tsuzuki (都築 圭, Tsuzuki Kei)
Pengisi suara: Shunichi Toki[4]
Mantan komposer. Dia tidak memiliki hobi dan keahlian khususnya adalah piano. Saya menjadi idola untuk hidup dengan musik. Laki-laki yang memiliki suasana yang misterius dengan usia yang tidak diketahui. Dia dibina ketika bernyanyi di tengah hujan. Dia sangat tertarik dengan suara nyanyian Rei. Kepribadian yang sesuai dan terkadang linglung. Dia mendorong Rei dengan sesuatu. Berat badannya sangat ringan terlepas dari tinggi badan. Dia jarang makan selain air putih.
Rei Kagura (神楽 麗, Kagura Rei)
Pengisi suara: Yūsuke Nagano[4]
Mantan pemain biola. Hobinya mengoleskan krim tangan, keahlian khususnya dapat memainkan musik yang dia dengar sekali dengan biola secara akurat. Dia menjadi idola untuk menyampaikan musik yang dimainkan oleh hati kepada mereka yang membutuhkannya. Awalnya aktif sebagai pemain biola, dia frustrasi karena suatu alasan. Dia dibina untuk dievaluasi kinerjanya. Dia sangat terinspirasi oleh lagu Kei. Dia memanggil produser dengan "orang baik" dan dirinya sendiri dengan "saya", khas dalam mengeluarkan kata yang sulit. Dia suka anjing karena mereka "setia dan baik". Dia juga suka kuda dan menonton pacuan kuda di televisi. Pada awal layanan, dia berusia 19 tahun.

Beit[sunting | sunting sumber]

Kyoji Takajo (鷹城 恭二, Takajo Kyoji)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara[4]
Mantan pekerja paruh waktu. Hobinya mencuci, keahlian khususnya aritmatika mental. Dia bekerja paruh waktu di konbini, tapi Pierre mengundangnya dan menjadi idola. Keluarga orang tuanya seperti keluarga ternama, tapi dia ingin sukses dengan kekuatan sendiri tanpa bergantung padanya. Seseorang yang memiliki odd eye (mata kirinya biru, mata kanannya hijau). Sehari-hari berambut cokelat tapi ketika memakai kostum warna rambut berubah menjadi rambut hitam keabu-abuan. Dia memiliki kakak Kyōichi (Pengisi suara: Junichi Yanagita) dan adik Hotaru. Dia memiliki persaudaraan yang baik dengan adiknya, tapi ayahnya (Pengisi suara: Misao Kobayashi) dan kakaknya tidak terlalu memikirkan aktivitas idola Kyoji.
Pierre (ピエール, Piēru)
Pengisi suara: Shun Horie[4]
Mantan pekerjaan paruh waktu kostum. Hobinya mengambil foto dengan kostum, keahlian khususnya mengupas jeruk. Dia menjadi idola untuk membuat semua orang tersenyum. Sebelum berubah dia mengenakan kostum katak, setelah berubah dia melepas kostum dan menunjukkan seragam idolanya. Sebenarnya dia pangeran dari wilayah tertentu, datang ke Jepang karena tidak ingin terlibat dalam pertempuran suksesi takhta. Oleh karena itu tempat asal tidak disebutkan, dan tiga penjaga selalu menjaganya. Bidang profil semua ditulis dengan hiragana juga, karena masih belajar bahasa Jepang.
Minori Watanabe (渡辺 みのり, Watanabe Minori)
Pengisi suara: Tomohito Takatsuka[4]
Mantan penjaga toko bunga. Hobinya mengumpulkan krim tangan, keahlian khususnya menemukan jalan keluar saat mengemudi. Dia adalah penggemar berat idola, dan menjadi idola untuk belajar lebih banyak tentang pesona idola. Sebelumnya orang yang tidak baik yang memiliki nama lain "dewa iblis Ibaraki". Dia kehilangan orang tuanya ketika masih muda dan tinggal bersama pamannya, tapi pamannya juga meninggal karena terlibat dalam konflik dengan orang jahat lainnya. Barang idola yang dikumpulkan pamannya, menjadi akar dari pecinta idola saat ini. Dia memiliki kepribadian yang lembut, tapi dia dengan antusias berbicara tentang menjadi seorang idola.

W[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari saudara kembar Aoi. Keduanya adalah mantan pemain sepak bola profesional. Keduanya menyebut produser sebagai "sutradara". Pemimpinnya adalah Kyōsuke Aoi.

Yūsuke Aoi (蒼井 悠介, Aoi Yūsuke)
Pengisi suara: Takeru Kikuchi[4]
Mantan pemain sepak bola. Saudara kembar Kyōsuke. Tipe yang menggerakkan tubuh sebelum berpikir dengan kepribadian yang cerah dan optimis. Hobi dan keahlian khusus keduanya adalah sepak bola. Awalnya pemain sepak bola profesional, lutut kirinya patah. Setelah direkomendasikan untuk mengikuti audisi saat berada di rumah sakit, dia keluar dari pemain bersama adiknya dan menjadi idola.
Kyōsuke Aoi (蒼井 享介, Aoi Kyōsuke)
Pengisi suara: Yoshitaka Yamaya[4]
Mantan pemain sepak bola. Saudara kembar Yusuke. Terkadang memakai kacamata. Berbeda dengan kakaknya dia memiliki kepribadian yang cerdas dan tenang. Hobinya puzzle penguraian, keahlian khususnya adalah menyusun menu latihan dan melatih. Dia merasa bertanggung jawab atas cedera Yusuke dan merasa bersalah karenanya.

FRAME[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari mantan pegawai negeri sipil. Pemimpinnya adalah Hideo Akuno.

Hideo Akuno (握野 英雄, Akuno Hideo)
Pengisi suara: Kentarō Kumagai[4]
Mantan polisi. Hobinya trail running, keahlian khususnya melatih anjing polisi, dan mendisiplinkan hewan pada umumnya. Dia menjadi idola untuk memberi tahu anak-anak bahwa "kamu tidak sendirian" melalui lagu. Karena dia suka anak-anak tapi wajahnya menakutkan, dia khawatir ditakuti oleh anak-anak. Keluarga orang tuanya adalah keluarga besar, dan semua orang kuat sama dengannya.
Ryū Kimura (木村 龍, Kimura Ryū)
Pengisi suara: Kento Hama[4]
Mantan petugas pemadam kebakaran. Hobinya tidur siang dan keahlian khususnya menjahit. Dia menjadi idola karena bekerja sebagai kepala pemadam kebakaran selama sehari. Dengan cukup nasib buruk, dia selalu menjalani kehidupan dengan cidera tidak pernah berhenti. Dia bertujuan untuk menjadi petugas pemadam kebakaran terbaik di Jepang, karena konstitusi yang tidak menyenangkan itu biasanya tampak sulit untuk menjadi petugas pemadam kebakaran, alasan pengunduran dirinya juga karena dia dituduh dengan kecelakaan karena konstitusinya yang tidak menyenangkan. Dia memiliki kakak dan adik. Ketika masih SMA dia sudah berkenalan dengan Seiji dalam latihan publik. Dia bertemu lagi di ruang tamu kantor.
Seiji Shingen (信玄 誠司, Shingen Seiji)
Pengisi suara: Takuya Masumoto[4]
Mantan pasukan bela diri. Hobinya memasak dan keahlian khususnya membongkar senjata api dengan cepat. Karena itu adalah profesi yang membuat orang tersenyum, dia menjadi idola. Dia kehilangan temannya karena terorisme selama masa pasukan bela diri, mengenakan dog tag temannya itu. Alasan pensiun disebut-sebut karena cedera. Menyebut dirinya kasar, seperti menggerutu saat tidak mengerti hadiah yang disukai wanita, tidak pandai soal wanita. Namun, dia sangat menyukai "Amane" anak dari pasangan adiknya, tampaknya mengerti benda yang disukai anak perempuan seusia itu. Dia selalu berjalan membawa alat jahit, pandai dalam membersihkan, mencuci, dan memasak, memiliki sisi yang sederhana. Satu-satunya orang dari wilayah Kyushu yang termasuk anggota audisi pencarian pendatang baru.

Sai[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari anggota yang terlibat dalam seni pertunjukan tradisional Jepang. Kostumnya juga menyatu dalam gaya Jepang. Pemimpinnya adalah Shōma Hanamura.

Kirio Nekoyanagi (猫柳 キリオ, Nekoyanagi Kirio)
Pengisi suara: Daiki Yamashita[4]
Mantan penampil rakugo. Hobinya mengamati binatang langka, dan keahlian khususnya meniru dan menyalin karakter manga dan anime dari manusia dan hewan. Dia menjadi idola sebagai wawancara untuk membuat cerita baru tentang idola. Anak bungsu dari empat laki-laki dan tiga perempuan. Dia memiliki cara berbicara yang unik, seperti menambahkan "nyansu" di akhir kata.
Kurō Kiyosumi (清澄 九郎, Kiyosumi Kurō)
Pengisi suara: Yūya Nakada[4]
Mantan Onnagata di Kabuki. Hobinya mengunjungi maid cafe, dan keahlian khususnya bermain drum Jepang. Dia menjadi aktor Kabuki yang dikagumi di panggung Kabuki yang dia lihat ketika masih SMA. Karena tidak terlahir di Pear Garden meskipun memiliki kemampuan dia tidak diberi peran besar. Namun, di akhir pekerjaan dia melihat rekaman publik Jupiter dan menemukan harapan, sampai sekarang dia membuang karirnya dan memutuskan menjadi idola. Karena dia mantan Onnagata, biasanya dia bicara dengan nada seperti perempuan.
Shōma Hanamura (華村 翔真, Hanamura Shōma)
Pengisi suara: Yutaka Balletta[4]
Mantan seniman upacara minum teh. Hobinya mengumpulkan berbagai garam mandi, dan keahlian khususnya karuta yang kompetitif dan tōsenkyō. Dia menjadi idola untuk menyebarkan semangat harmoni dan upacara minum teh. Lahir dari keluarga terkenal di dunia upacara minum teh.

High×Joker[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari anggota klub band SMA. Pemimpinnya adalah Hayato Akiyama.

Shiki Iseya (伊瀬谷 四季, Iseya Shiki)
Pengisi suara: Shō Nogami[4]
Bertanggung jawab atas vokal. Hobinya adalah mengoleksi karaoke dan celana kasual, dan keahlian khususnya mampu mencetak skor sesuka hati dengan skor karaoke. Dia tergerak oleh gitar Hayato dan memulai band. Dia memiliki kepribadian yang riang dan tensi yang tinggi. Meskipun dia serius bernyanyi, dia belum diakui sebagai anggota resmi dari Jun. Tidak seperti Haruna, tapi tidak pandai belajar. Dia menyebut "yarō-domo" untuk penggemar laki-laki dan "koneko-chan" untuk penggemar perempuan.
Hayato Akiyama (秋山 隼人, Akiyama Hayato)
Pengisi suara: Shōya Chiba[4]
Bertanggung jawab atas gitar dan penulisan lagu. Hobinya permainan dan gitar, dan keahlian khususnya meniru pemain bisbol. Di masa depan dia ingin sukses sebagai sebuah band bukan sebagai individu, dia menjadi idola karena kerendahan itu. Di sisi lain, terungkap di majalah bahwa dia ingin menjadi populer ketika dia memulai band. Dia
Jun Fuyumi (冬美 旬, Fuyumi Jun)
Pengisi suara: Takuma Nagatsuka[4]
Bertanggung jawab atas keyboard. Hobinya membaca dan keahlian khususnya piano. Dia tidak bertujuan untuk menjadi idola, tapi dia benci melakukan hal-hal setengah hati, dia melanjutkan kegiatan band karena ingin mencari sesuatu yang membuatnya tergila-gila dengan mati-matin. Dia telah bermain piano sejak kecil, dan lengannya digambarkan sebagai anak ajaib. Namun, dia terlibat dalam insiden tertentu dengan Natsumi, dan melepaskan mimpinya bermain piano karena cedera tangan kirinya. Oleh karena itu, dia tidak serius dengan kegiatan band. Namun hasratnya terhadap piano masih ada, dan dia benci menyamakan piano dengan keyboard. Dia juga pandai belajar, dan terkadang mengajarkan anggota, tapi di sisi lain dia tidak tahu hiburan musim panas seperti membelah semangka, dia belum pernah ke sekolah hutan, ada juga sisi naifnya (menurut dirinya sendiri, dia tidak tahu apa-apa selain apa yang dia pelajari di wajib belajar).
Natsumi Sakaki (榊 夏来, Sakaki Natsumi)
Pengisi suara: Hiroshi Watanabe[4]
Bertanggung jawab atas bass (kidal, tetapi saat bermain bass, dia bermain di kanan). Hobinya mengamati orang dan violin, keahlian khususnya menghapus tanda. Pribadi yang pendiam. Dia memiliki banyak keterikatan pada Jun, dan alasan dia memulai band adalah karena dia dekat dengan Jun, pipinya menjadi bercahaya dan mengkonversi di otak hingga keluar mimisan pada Jun yang menariknya dengan mati-matian saat diundang ke band oleh Jun. Dia kadang-kadang memainkan biola ketika dia punya waktu, tapi dia berkata "itu bukan keterampilan besar." Omong-omong, nenek Natsumi bekerja sebagai pembantu di rumah Jun.
Haruna Wakazato (若里 春名, Wakazato Haruna)
Pengisi suara: Yusuke Shirai[4]
Bertanggung jawab atas drum. Hobinya jalan-jalan dan keahlian khususnya hair make. Untuk menghindari pengulangan tahun belajar yang ketiga kalinya, dia memulai band dengan tujuan meninggalkan hasil dalam kegiatan klub. Dia tidak pandai belajar. Dia pandai percakapan bahasa Inggris karena pengaruh kenalan asing, tapi itu tidak tercermin dalam nilainya sama sekali. Dia suka makanan manis, dan sering makan donat. Memiliki pekerjaan paruh waktu, keluarganya tidak kaya karena apartemen tempat mereka tinggal juga compang-camping.

Shinsoku Ikkon[sunting | sunting sumber]

Suzaku Akai (紅井 朱雀, Akai Suzaku)
Pengisi suara: Takeaki Masuyama[4]
Yankee yang bergairah. Hobinya berjalan-jalan dengan "Nyako" di kepalanya, keahlian khususnya Suzaku Sky Drop. Dia menjadi idola untuk menghentikan kejahatan oleh penjahat. Pelajar SMA dengan rasa keadilan yang kuat, dia memiliki julukan "Explosive Flame Suzaku". Dari sebelum menjadi idola, dia berpatroli apakah orang jahat melakukan tindakan buruk di kota. Orang tuanya pegulat profesional, tapi dia tidak memiliki kesan yang baik terhadap pegulat yang hanya menjatuhkan tumit sampai akhir. Juga, tidak pandai dalam wanita muda karena tidak mengerti bagaimana sebaiknya bicara. "Nyanko" (nama aslinya Nyankii/Pengisi suara: Takeaki Masuyama) kucing kesayangannya yang memakai (memakai kaos merah dengan set dan syal hitam tergantung kartu) syal hijau (berubah menjadi hitam tergantung kartu) dan topi hitam terdapat ikan pinggang di tengah perut.
Genbu Kurono (黒野 玄武, Kurono Genbu)
Pengisi suara: Toshinari Fukamachi[4]
Yankee yang cerdas. Hobinya mengoleksi kacamata, dan membaca buku tebal, dan baru-baru ini dia membaca kedokteran rumahan. Keahlian khususnya Tengen Hyōjinha, juara 1 semua mata pelajaran dalam ujian nasional serentak dan ujian tiruan. Dia menjadi idola untuk membawa perdamaian ke dunia dengan pikirannya sendiri. Pelajar SMA yang berpikiran yang jernih, dengan kanselir yang memiliki julukan "Hyōjin no Genbu". Dia lahir di panti asuhan, kesepian selama sisa hidupnya. Suzaku adalah teman sejak membantunya di tempat jeratan oleh pelajar SMA yang buruk saat SMP. Dia menjadi adik kelas di SMA yang sama.

Café Parade[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari staf kafe yang disebut "Cafe Parade". Pemimpinnya adalah Yukihiro Kamiya.

Yukihiro Kamiya (神谷 幸広, Kamiya Yukihiro)
Pengisi suara: Shō Karino[4]
Pemilik sekaligus Garçon "Cafe Parade". Hobinya ransel dan perjalanan dunia. Keahlian khususnya teknik server dengan mengganti pakaian dengan cepat dan penanganan garpu sendok yang bagus. Dia menjadi idola untuk membawa kebahagiaan ke seluruh dunia. Dia suka bepergian dan bepergian ke seluruh dunia. Shinonome adalah teman sejak SMA. Berbahaya dengan tidak memiliki arah bahkan di jalan lurus.
Sōichirō Shinonome (東雲 荘一郎, Shinonome Sōichirō)
Pengisi suara: Kōhei Amasaki[4]
Koki pastri. Hobinya menghitung tikar tatami dan puzzle jigsaw, keahlian khususnya membuat permen dan origami. Itome adalah ciri khas. Ada tahi lalat di mulut. Keluarganya adalah pemilik toko permen Jepang yang sudah lama berdiri, tapi menyerah untuk mengambil alih rumah itu, karena memiliki konstitusi yang tidak menerima pasta kacang merah. Pada dasarnya bahasa kehormatan terhadap siapa pun, tapi terkadang dicampur dialek Kansai untuk produser dan Kamiya.
Asselin BB II (Asuran Beruzebyūto Nisei)
Pengisi suara: Makoto Furukawa[4]
Koki. Hobinya menemukan resep baru yang dilarang, keahlian khususnya penyulapan dan nyanyian. Menurutnya, alasan menjadi idola adalah "untuk lanjut memupuk, memberikan makanan kepada domba-domba yang kelaparan". Seorang pemuda yang menyebut dirinya "pelayan setan dari malaikat yang jatuh". Memiliki odd eye (mata kanannya merah, mata kirinya kuning), dengan mata kiri ditutupi oleh penutup mata. Dia selalu memiliki boneka mainan "setan", dan jika dia kehilangannya dia akan memiliki kepribadian yang pendiam. Ada rumor bahwa "setan" bergerak di malam hari. Dia menjalani kehidupan yang sepi di masa kecilnya. Sementara itu, dia bertemu master sebagai koki di sebuah toko bernama "Sabat", bakat memasak berkembang. Aksen dan karakteristik saat ini diwarisi dari master. Namun saat berlatih di toko lain, master menutup toko "berpergian untuk menemukan bahan-bahan dari seluruh dunia" dan menghilang. Setelah itu, kata-kata dan perbuatan aneh adalah bencana, tidak ada yang mau mempekerjakan, tapi dia terpesona oleh Kamiya yang menerima kepribadian itu dan memutuskan untuk bergabung dengan "Cafe Parade".
Makio Uzuki (卯月 巻緒, Uzuki Makio)
Pengisi suara: Takuya Kodama[4]
Pelayan. Hobinya makan kue di seluruh negeri, dan keahlian khususnya kue dan sepeda roda satu. Saya suka kue, dan menjadi idola untuk menyebarkan pesona kue. Menjadi "peramal kue" yang meramal keberuntungan dari aroma dan warna kue yang dipilih. Itu cukup tepat. Penampilan yang netral. Dia kehilangan ibunya ketika dia masih muda. Dia berhubungan baik dengan Saki dan disebut "Roll" olehnya.
Saki Mizushima (水嶋 咲, Mizushima Saki)
Pengisi suara: Daiki Kobayashi[4]
Pembantu. Hobinya trik sulap, keahlian khususnya handstand. Meskipun dia terlihat seperti perempuan imut, dia sebenarnya laki-laki, yang disebut anak laki-laki waria. Ekor kembar adalah wig dan dia memakai make-up saat tampil sebagai perempuan. Namun, dia tidak ingin menjadi seorang gadis, dia berpenampilan perempuan dengan moto hidup menjadi dirinya sendiri sampai akhir. Oleh karena itu, dia meragukan fakta bahwa dunia bersikeras dengan perbedaan gender seperti maskulinitas, feminitas. Dia memiliki kepribadian yang ceria dan dicirikan oleh frasa unik seperti "papitto". Di sekolah, dia mengenakan seragam sekolah dengan kerah ketat, berambut pendek. Karena ayahnya menyuruhnya untuk hidup seperti laki-laki, dia menyembunyikan kegiatan idola-nya dengan sosok waria.

Mofumofuen[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari anak laki-laki SD. Pemimpinnya adalah Nao Okamura.

Nao Okamura (岡村 直央, Okamura Nao)
Pengisi suara: Shōgo Yano[4]
Mantan talenta dan aktor cilik. Hobinya shogi, dan keahlian khususnya merajut. Dia menjadi idola setelah ibunya mengatakan "semangat sampai bediri di panggung yang sama dengan Jupiter". Sebelum berubah memakai kacamata, tapi setelah berubah biasanya melepaskan kacamata. Dia memiliki kepribadian yang pendiam, dan tidak percaya diri. Shirō adalah teman masa kecilnya.
Shirō Tachibana (橘 志狼, Tachibana Shirō)
Pengisi suara: Keisuke Furuhata[4]
Mantan aktor cilik. Hobinya basket, dan keahlian khususnya breakdance. Kepribadian nakal. Mengetahui bahwa Nao menjadi idola, dia menjadi idola untuk melawannya.
Kanon Himeno (姫野 かのん, Himeno Kanon)
Pengisi suara: Ayumu Murase[4]
Mantan model cilik. Hobinya berjalan-jalan, dan keahlian khususnya piano. Berpenampilan netral dan imut. Namun, dia benci diperlakukan sebagai anak perempuan, dia ingin memperlihatkan sisi manisnya sebagai laki-laki sampai akhir. Dia suka pakaian imut, tapi juga suka pakaian keren. Dia memiliki adik, dan sangat perhatian. Ayahnya memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pakaian, dia berpikir ingin menyebarkan pakaian yang dibuat ayahnya.

S.E.M[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari mantan guru. Pemimpinnya adalah Michio Hazama.

Michio Hazama (硲 道夫, Hazama Michio)
Pengisi suara: Kento Itō[4]
Mantan guru matematika. Hobinya bersih-bersih dan teka-teki, keahlian khususnya membaca pi. Dia menjadi idola untuk memotivasi belajar, dan memberi mimpi kepada para siswa. Dia memiliki adik pelajar SMA. Ketika menjadi guru menurut Maida memiliki reputasi dengan "cara mengajarnya cepat pandai", tapi siswa terkadang berpikir pelajaran itu membosankan, di samping itu dia sudah berusaha mengakali untuk menghibur kelas dengan caranya sendiri. Sementara itu, dengan menyaksikan para siswa yang antusias pada Jupiter yang diundang di festival SMA. Berpikir yang membimbing siswa bukan hanya guru, tapi idola yang membuat antusias para siswa, dia beralih ke idola.
Rui Maida (舞田 類, Maida Rui)
Pengisi suara: Junya Enoki[4]
Mantan guru bahasa Inggris. Hobinya ski, snowboarding, selancar, dan keahlian khususnya kendama. Diundang oleh Hazama, dia menjadi idola karena berpikir dia mungkin dapat menjalani kehidupan yang lebih menarik daripada guru. Ciri khasnya pengucapannya yang bercampur dengan bahasa Inggris. Rumahnya bersebelahan dengan Yamashita, terkadang pulang ke rumah untuk makan malam. Dia berasal dari klub tenis universitas yang sama dengan Hokuto.
Jirō Yamashita (山下 次郎, Yamashita Jirō)
Pengisi suara: Yoshiki Nakajima[4]
Mantan guru kimia. Hobinya mengunjungi kafe kucing dan pacuan kuda, dan keahlian khususnya senam radio. Diundang oleh Hazama, dia menjadi idola karena berpikir dapat menghasilkan banyak uang.

THE Kogadō[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari mantan petarung. Juga, satu-satunya unit dengan atribut yang sama untuk semua anggota. Pemimpinnya adalah Takeru Taiga.

Takeru Taiga (大河 タケル, Taiga Takeru)
Pengisi suara: Junta Terashima[4]
Mantan petinju. Hobinya memberi makan kucing di lingkungannya dan berlari, keahlian khususnya menggerakkan tubuhnya, permainan menembak. Dia menjadi idola untuk mendapatkan harta yang tak tergantikan lagi baginya. Jumlah kata sedikit karena dia tidak pandai berbicara. Serius dengan pekerjaan, dan selalu tidak melewatkan latihan. Awalnya dia tinggal bersama adik laki-laki dan perempuan di panti asuhan, tapi telah berpisah karena suatu alasan. Oleh karena itu, dia pikir dapat menemukan adik-adiknya dengan menjadi seorang idola.
Michiru Enjōji (円城寺 道流, Enjōji Michiru)
Pengisi suara: Daiki Hamano[4]
Mantan penjaga kedai ramen. Hobinya mendapatkan kualifikasi, dan dia memiliki terlalu banyak keterampilan khusus, tetapi dia kecanduan Amigurumi akhir-akhir ini. Menghasilkan uang, dia menjadi idola untuk melanjutkan toko ramen di gedung saat ini. Dia memakai topi dan bandana dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kostumnya. Awalnya pemain judo, dan telah mendapatkan medali emas, tapi pensiun karena kerusakan. Setelah itu, dia menjadi murid dari pemilik toko ramen "otokodōrāmen", dipercayakan toko. Namun, diputuskan untuk menghancurkan bangunan tempat didirikan toko, toko juga diminta evakuasi. Berpikir membeli seluruh bangunan untuk mencegahnya, dia memutuskan bertujuan menjadi idola untuk mendapatkan uang itu. Saat ini pemilik bertanggung jawab atas toko, pada hari libur dia masih berjaga di toko bahkan setelah menjadi idola.
Ren Kizaki (牙崎 漣, Kizaki Ren)
Pengisi suara: Shōhei Komatsu[4]
Mantan pemain kenpo. Menurutnya, hobinya "Mengapa aku harus mengajarimu? Bodoh!", Dan keahlian spesialnya "Aku putuskan untuk menjatuhkan lawan!". Dia menjadi idola untuk menjadi yang terkuat. Perkataannya buruk dan selalu bicara dengan nada angkuh. Pribadi yang egois dan menang sendiri. Waktu kecil tampaknya dia bersama ayah berdua mengembara, seni bela diri juga diwarisi dari ayahnya. Namun, karena dia terlibat dalam pertempuran pribadi berulang kali selama perjalanan, semua duel dan pertandingan pribadi tanpa izin dilarang oleh ayahnya yang tidak melihatnya.

F-LAGS[sunting | sunting sumber]

Unit ditambahkan pada 30 April 2015. Pemimpinnya adalah Ryō Akizuki.

Ryō Akizuki (秋月 涼, Akizuki Ryō)
Pengisi suara: Yuuko Sanpei[4]
Mantan idola waria. Hobinya bersih-bersih dan memasak, dan keahlian khususnya menari dan menyamar. Saat ini dia termasuk dalam 315 Pro dan 876 Pro, menjadi garis waktu selanjutnya yang berhasil dikonversikan dari The Idolmaster DS. Di era 876 Pro tampaknya hubungan baik yang telah dibangun terus berlanjut, dan mengundang Ai dan Eri ke konser tempat dia tampil. Tanpa menghilangkan kebiasaan saat menjadi idola waria, dia duduk dengan pose merpati, terkadang membawa bantalan payudara ke tempat kerja.
Kazuki Tsukumo (九十九 一希, Tsukumo Kazuki)
Pengisi suara: Tatsuya Tokutake[4](2014-2019), Shunya Hiruma[5](2020-sekarang)
Mantan novelis. Hobinya berkemah dan membaca, dan keahlian khususnya mengingat isi buku yang pernah saya baca dan membedakan antara jamur yang dapat dimakan. Dia menjadi idola untuk menyampaikan pikirannya dengan kata-katanya sendiri. Motif menjadi idola karena dia melihat "Old Whistle" yang mengakui Ryo seorang pria. Ayahnya adalah seorang novelis, dan dia adalah penulis bayangan untuk ayahnya.
Daigo Kabuto (兜 大吾, Kabuto Daigo)
Pengisi suara: Takehiro Urao[4]
Mantan generasi keenam. Hobinya game fighting, dan keahlian khususnya adalah Iaido dan katsuramuki. Dia bertemu Ryo, berpikir itu akan menarik, dan menjadi idola. Belum terungkap apa generasi keenam itu, tapi karena diikuti pakaian hitam yang tergambarkan, dan teriakan "Ayo kita serang!", dianggap sebagai generasi keenam yakuza. Karena itu, keluarganya hidup terpisah, dan berharap untuk hidup dalam harmoni lagi suatu hari nanti. Juga, tampaknya berbagai hal disiapkan untuk mensukseskan bisnis keluarga, pandai dalam belajar. Lemah terhadap tikus.

Legenders[sunting | sunting sumber]

Unit yang terdiri dari 3 orang yang lulus Audisi Idola Baru ke-1 yang diadakan dari 9 Desember sampai 31 Desember 2015, yang ditambahkan pada tanggal 22 Juli 2016. Pemimpinnya adalah Amehiko Kuzunoha.

Amehiko Kuzunoha (葛之葉 雨彦, Kuzunoha Amehiko)
Pengisi suara: Jun Kasama[4]
Mantan pembersih. Hobinya ramalan bintang, dan keahlian khususnya origami. Dia menjadi idola untuk membersihkan kotoran di dunia hiburan. Keluarga orang tuanya adalah pebisnis di perusahaan pembersih bernama "Perusahaan Pembersih Ayakashi", dan dia adalah salah satu anggotanya. Juga, tampaknya emosi negatif orang terlihat seperti kabut, dia menyebutnya "kotoran". Suatu hari, ketika dia sedang membersihkan di sebuah stasiun TV dia melihat banyak "kotoran" di sana, dan berubah menjadi idola untuk menyingkirkannya.
Sora Kitamura (北村 想楽, Kitamura Sora)
Pengisi suara: Fumiyoshi Shioya[4]
Mantan pegawai toko umum. Hobinya bepergian sendiri, dan keahlian khususnya kaligrafi. Ketika bertindak menjadi dirinya sendiri, dia menjadi idola untuk mendapatkan biaya hidupnya. Seorang mahasiswa jurusan sastra. Adiknya begitu sibuk bekerja sebagai anggota masyarakat sehingga dia tidak bisa melukis sebagai hobi, menyaksikan seorang pelajar berpura-pura menjadi dirinya sendiri untuk pekerjaan, dia khawatir bahwa situasi seperti itu pada akhirnya akan menimpanya. Sementara itu, ketika dia mengetahui pengumuman audisi 315 Production, dia berpikir bahwa jika dia adalah seorang idola, dia mungkin bisa tetap dengan caranya sendiri. Dia memutuskan untuk menjadi idola.
Kurisu Kuron (古論 クリス, Kuron Kurisu)
Pengisi suara: Wataru Komada[4]
Mantan ahli kelautan dan asisten profesor di universitas. Hobinya mengunjungi akuarium, dan keahlian khususnya skin diving (menahan nafas di bawah air). Dia menjadi idola untuk menyebarkan pesona laut ke dunia. Ibunya setengah Spanyol. Dia sangat baik sebagai peneliti tapi dia memiliki kualifikasi yang kurang sebagai guru, dan hanya sedikit orang yang mendengarkan kelas dengan serius di universitas. Sementara itu, pelajar pergi untuk melihat konser langsung akuarium dari FRAME dan Cafe Parade, tapi akhirnya mendengar percakapan tentang tertarik dengan pameran akurarium yang dilihatnya. Jika dia menjadi idola dia dapat menyampaikan pesona laut. Dia pikir itu menarik. Lalu, dia merasa ada batasan untuk menyampaikan pesona laut di universitas, dan memutuskan untuk berubah menjadi idola.

Media[sunting | sunting sumber]

Permainan ponsel[sunting | sunting sumber]

Permainan ini adalah simulasi peningkatan free-to-play di mana pemain, sebagai produser, mengumpulkan idola dan menyelesaikan tugas pekerjaan. Dalam permainan, para idola secara individual dikategorikan ke dalam salah satu dari tiga atribut: Physical, Intelligent, dan Mental. Idola dikumpulkan melalui kartu yang diberi peringkat berdasarkan kelangkaan, diperkuat melalui pelajaran, dan bekerja untuk sumber daya. Idola dapat 'bertarung' dengan idola lain dalam audisi, konser langsung, dan dalam pertempuran melawan pemain lain.[6] Permainan ini juga berisi permainan mini yang disebut SideMini, di mana versi miniatur dari idola membawa item pemain. Di dalam permainan terdapat manga tentang idola dalam bentuk 'majalah' yang dapat dibuka melalui item gameplay.[6] Permainan ini awalnya dibuka pada tanggal 28 Februari 2014, namun karena kesulitan yang timbul dari jumlah pemain yang sangat banyak, permainan ditutup sehari kemudian.[7] dan dibuka kembali lima bulan kemudian pada 17 Juli 2014. Versi untuk fitur ponsel tersedia dari peluncuran hingga 7 Juni 2016. Sekitar waktu yang sama, versi aplikasi Chrome dirilis pada 4 Mei.[8]

Live on Stage![sunting | sunting sumber]

The Idolmaster SideM Live on Stage! adalah game aplikasi untuk ponsel pintar yang memulai layanannya pada 30 Agustus 2017. Ini memungkinkan pemain untuk memainkan permainan musik berlatar belakang live dari 3DCG idol.

Growing Stars[sunting | sunting sumber]

Permainan baru berjudul The Idolmaster SideM: Growing Stars sedang dikembangkan untuk platform Android dan iOS.

Anime[sunting | sunting sumber]

The Idolmaster SideM[sunting | sunting sumber]

Serial anime ini ditayangkan di Tokyo MX, Asahi Broadcasting, Mētele, dan BS11 dari Oktober hingga Desember 2017.[2] Dalam anime ini, grup idol Jupiter, DRAMATIC STARS, Beit, W, High×Joker, dan S.E.M tampil sebagai idol utama 315 Productions. Meskipun terpusat pada mereka, grup idol lain yang tampil dalam permainan juga mengambil bagian di beberapa adegan dari setiap cerita sebelum mereka berafiliasi dengan 315 Production.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]
No. Judul Tayang Perdana
Prologue"Episode of Jupiter"30 September 2017 (2017-09-30)
1"Karena Suatu Alasan, Idol!
Wake Atte, Aidoru! (理由あって、アイドル!)"
7 Oktober 2017 (2017-10-07)
2"Sinar Terang dari Masing-masing
Sorezore no Kagayaki (それぞれの輝き)"
14 Oktober 2017 (2017-10-14)
3"Keberanian untuk Terbang
Tobitatsu Yūki (飛び立つ勇気)"
21 Oktober 2017 (2017-10-21)
4"Happy Smile
Happī Sumairu (ハッピースマイル)"
28 Oktober 2017 (2017-10-28)
5"Guru pun, Memegang Ambisi!
Sensei yo, Taishi o Idake! (先生よ、大志を抱け!)"
4 November 2017 (2017-11-04)
6"Keduanya Memilih Victory
Futari ga Erabu Victory (二人が選ぶVictory)"
11 November 2017 (2017-11-11)
7"Pemuda yang Memiliki Limit
Seishun no Rimitto (青春のリミット)"
18 November 2017 (2017-11-18)
8"Laut, Kamping Pelatihan, 315 di Musim Panas!
Umi, Gasshuku, 315 no Natsu! (海・合宿・315の夏!)"
25 November 2017 (2017-11-25)
9"Over AGAIN..."1 Desember 2017 (2017-12-01)
10"sunset of youth"8 Desember 2017 (2017-12-08)
11"Penentuan di Hari Ketika Angin Berhembus
Kazekaorubi no Ketsui (風薫る日の決意)"
15 Desember 2017 (2017-12-15)
12"Apapun Alasannya, Apapun Mimpinya...
Donna Wake mo, Donna Yume mo... (どんな理由も、どんな夢も、、、)"
22 Desember 2017 (2017-12-22)
13"Tetap, Terus, Maju ke Depan
Zutto, Zutto, Sono Saki e (ずっと、ずっと、その先へ)"
29 Desember 2017 (2017-12-29)
Spesial"315 Variety Pack! Made In Passion!
315 Baraeti Pakku! Made In Passion! (315バラエティパック! Made In Passion!)"

The Idolmaster SideM Wake Atte Mini![sunting | sunting sumber]

Serial anime ini ditayangkan di Tokyo MX dan BS11 dari Oktober hingga Desember 2018.[9]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]
No. Judul Tayang Perdana
1"Selamat Datang, di 315 Production!
Yōkoso, 315 Purodakushon e! (ようこそ、315プロダクションへ!)"
9 Oktober 2018 (2018-10-09)
2"Di Pertandingan Oogiri Nyans♪
Oogiri Daikai denyansu♪ (大喜利大会でにゃんす♪)"
16 Oktober 2018 (2018-10-16)
3"Mainkan, Musik Surgawi!
Kanade you, Tenjō no Ongaku wo! (奏でよう、天上の音楽を!)"
23 Oktober 2018 (2018-10-23)
4"Selamat Datang, di Cafe Parade!
Yōkoso, Cafe Parade e! (ようこそ、Cafe Paradeへ!)"
30 Oktober 2018 (2018-10-30)
5"Do・ki・Do・ki・Wonderland!
Do・ki・Do・ki・Wandarando! (ド・キ・ド・キ・輪んだーらんど!)"
6 November 2018 (2018-11-06)
6"PUMP UP! HEAT UP!!"13 November 2018 (2018-11-13)
7"Dramatic・Donats・High★
Doramachikku・Doonatsu・Hai★ (ドラマチック・ドーナツ・ハイ★)"
20 November 2018 (2018-11-20)
8"Passion yang Cukup! Special Curry!
Passhon Tappuri! Spesharu Karee (パッションたっぷり!スペシャルカレー)"
27 November 2018 (2018-11-27)
9"Panel Quiz Tackle 9 Return
"Paneru Kuizu Takkuru 9 Ritaan (パネルクイズタックル9リターン)"
4 Desember 2018 (2018-12-04)
10"Idol itu Apa ya?
Aidoru to wa Nazo ya? (アイドルとは何ぞや?)"
11 Desember 2018 (2018-12-11)
11"Panggil
Tenko (点呼)"
18 Desember 2018 (2018-12-18)
12"315!MEMORIES"25 Desember 2018 (2018-12-25)
Spesial–1"Physical yang Penuh dengan 315 Pot Party!!
Fijikaru Afureru 315 Nabe Pātī!! (フィジカル溢れる315鍋パーティー!!)"
22 Maret 2019 (2019-03-22)
Spesial–2"Film Kami yang Outlaw di 315
Gekijōban 315 ni Autorō na Ore-tachi (劇場版 315にアウトローな俺たち)"
22 Maret 2019 (2019-03-22)
Spesial–3"Ke Hadapan Keinginan! 315 Wedding dengan Strategi Hebat
Negai no Saki e! 315 U~edingu Daisakusen (願いの先へ!315ウェディング大作戦)"
22 Maret 2019 (2019-03-22)

Musik[sunting | sunting sumber]

SideM memiliki image song yang dipublikasikan oleh Lantis (perusahaan) (kemudian label untuk Bandai Namco Arts.), dirilis dalam beberapa seri. Lagu-lagu ini ditampilkan di konser langsung SideM dan acara pertunjukan langsung serupa. Musik tersebut kemudian digunakan di anime, dengan beberapa lagu menjadi bagian dari penampilan animasi. Anime ini juga memperkenalkan musik aslinya sendiri. Beberapa musik diintegrasikan ke dalam gameplay LIVE ON ST@GE.

Manga[sunting | sunting sumber]

Selain komik yang tersedia dalam permainan, SideM memiliki beberapa manga serialisasi yang diterbitkan. Beberapa manga telah diserialisasikan di Dengeki Maoh dan kemudian dikumpulkan dalam volume. Serial yang digambar oleh Michiru Satou berjudul Idolmaster SideM Dramatic Stage berlangsung dari November 2015 hingga September 2017. Manga lain yang digambar oleh artis yang sama berjudul Idolmaster SideM Struggle Heart berlangsung dari Desember 2017 hingga April 2020. Manga chibi Wake Atte Mini! yang digambar oleh Sumeragi diserialisasikan di majalah dari Juni 2016 hingga Maret 2018. Manga ini menerima adaptasi anime pada tahun 2018, yang pada gilirannya menghasilkan serialisasi pendek kedua dari November 2018 hingga Maret 2019.[10]

Web Radio[sunting | sunting sumber]

The Idolmaster SideM Radio 315 Pro Night! mulai didistribusikan pada NicoNico Live Broadcasting pada 3 April 2015. Itu disiarkan setiap hari Jumat pukul 21.00. Penyedia distribusi adalah Lantis, yang juga menjadi penyedia program untuk para gadis "Deargirl" di NicoNico Live Broadcasting.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "オルトプラス、バンダイナムコの男性アイドル育成ゲーム『アイドルマスター SideM』の運営・開発を開始". Social Game Info. 2014-07-22. Diakses tanggal 2014-07-22. 
  2. ^ a b c "TVアニメ『アイドルマスター SideM』ついに放送時期が決定!". Animate Times. 2017-07-15. Diakses tanggal 2017-07-15. 
  3. ^ "【PV追加】『アイドルマスター SideM』Mobageで男性アイドルをプロデュースする新たな『アイマス』が登場". Famitsu.com. 2013-11-02. Diakses tanggal 2014-02-09. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z aa ab ac ad ae af ag ah ai aj ak al am an ao ap aq ar as at 「アイドルマスター SideM」Miniサイズのアイドル46人がアニメ化!10月放送, Comic Natalie (jp), 20 August 2018
  5. ^ 【SideM】九十九 一希役の新キャスト決定について
  6. ^ a b Kumada, Lipton. "今から始める『アイドルマスター SideM』! 40人のアイドルの卵をアナタの手でトップアイドルに!!". Dengeki (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal July 12, 2020. 
  7. ^ "「アイマスSideM」、スマホ版事前登録を再開 プレイデータはリセット". ITmedia News (dalam bahasa Jepang). July 7, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2015. Diakses tanggal June 25, 2020. 
  8. ^ "BLOG│THE IDOLM@STER OFFICIAL WEB | バンダイナムコエンターテインメント公式サイト". BLOG│THE IDOLM@STER OFFICIAL WEB | バンダイナムコエンターテインメント公式サイト. Diakses tanggal July 12, 2020. 
  9. ^ "『アイドルマスター SideM 理由(ワケ)あってMini!』2018年10月9日よりTVアニメ放送決定! 監督は、まんきゅう氏が担当". Animate Times. 2018-08-20. Diakses tanggal 2018-08-21. 
  10. ^ Hodgkins, Crystalyn (February 29, 2020). "Idolm@ster SideM Struggle Heart Manga Ends". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal March 28, 2020. Diakses tanggal July 12, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]