Tekken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tekken
GenrePertarungan
PengembangNamco
PenerbitNamco (Namco Bandai)
PlatformArkade, PlayStation 1, WonderSwan, PlayStation 2, Game Boy Advance, PlayStation Portable (backward kompatible via PlayStation Vita), PlayStation Network, PlayStation 3, Xbox 360, Nintendo Wii U, PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows, PlayStation 5, Xbox Series X/S
Rilis pertamaTekken
9 Desember 1994
Rilis terakhirTekken 8
January 26 2024
Situs webwww.tekken.com

Tekken (鉄拳, "kepalan besi") adalah sebuah seri permainan pertarungan yang dikembangkan dan diproduksi oleh Namco. Berawal dari sebuah permainan arkade, dan kemudian biasanya diport ke konsol konsol permainan PlayStation (kecuali handheld PlayStation Vita hanya via backward kompatible ke game yang keluar di PlayStation Portable). Setelah Tekken 5, game port Tekken di konsol besar yang kedepan telah mulai juga diport ke konsol besar lainnya selain di seri konsol PlayStation, biasanya di seri konsol Xbox (pertama di Xbox 360) sejak Tekken 6, dan Microsoft Windows PC sejak Tekken 7.

Seri Tekken adalah salah satu permainan terawal yang menggunakan sistem 3D, dengan seri pertama dilepas dua tahun setelah Virtua Fighter. Ada tujuh sekuel canon utama game seri Tekken, yaitu Tekken 2, Tekken 3, Tekken 4, Tekken 5, Tekken 6, Tekken 7, dan Tekken 8. Walaupun Tekken 5 punya title update rilis yang terpisah dari rilis original, konsol rilis Tekken 6, Tekken Tag Tournament 2 dan Tekken 7 berbasis dengan title update port arkade, dan hanya arkade Tekken 7 yang mendapatkan konten yang pertama hadir ke versi konsol setelah port sistem tersebut dirilis. Hanya Tekken 8 yang sampai sekarang tidak mempunyai versi arkade sendiri.

Seri Tekken juga mempunyai game spin-off yang tidak ada hubungan dengan alur cerita seri tersebut, salah satunya adalah Tekken Tag Tournament dan Tekken Tag Tournament 2, Tekken Advance, Tekken Revolution, Tekken Mobile dan seri Tekken Pachinko. Tetapi, Tekken Tag Tournament 2 adalah game fiksi setengah canon yang salah satu cerita dan ending karakter tersebut terjadi di antara Tekken 6 dan Tekken 7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]