Teolog Princeton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Calvinisme
Calvin.png
Yohanes Calvin

Latar belakang
Agama Kristen
Augustinus
Reformasi
Yohanes Kalvin
Lima Sola
Sinode Dordrecht

Teologi
Lima poin (T·U·L·I·P)
Teologi kovenan

Dokumen
Institutio
Alkitab Jenewa
Pengakuan iman

Pengaruh
Theodorus Beza
John Knox
Huldrych Zwingli
Jonathan Edwards
Teolog Princeton

Gereja
Hervormd
Presbyterian
Kongregasionalis
Baptis Hervormd

Orang-orang
Afrikaner
Huguenot
Pilgrim
Puritan

Teologi Princeton adalah suatu tradisi teologi Presbyterian, Reformasi, dan Kristen konservatif di Seminari Teologi Princeton, di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Namanya mempunyai rujukan khusus dengan teolog-teolog tertentu, dari Archibald Alexander hingga B.B. Warfield, dan isi ajaran mereka yang khas, yang bersama-sama dengan ortodoksi Calvinis Aliran Presbyterian Lama berusaha untuk mengungkapkan evangelikalisme yang hangat dan standar keilmuan yang tinggi.

Dalam pengertian yang lebih luas, para teolog Princeton mencakup pula para pendahulu Seminari Teologi Princeton yang mempersiapkan bangunan dasar tradisi teologi tersebut, dan para penggantinya yang berusaha, dan gagal, untuk menjaga seminari tersebut dari terobosan program untuk lebih menyesuaikan para lulusan sekolah itu dengan "Evangalikalisme yang Luas", yang dipaksakan kepada sekolah ini melalui Presbyterian Church (USA) (Gereja Presbyterian Amerika Serikat) .

Para pendahulu[sunting | sunting sumber]

Teolog Princeton[sunting | sunting sumber]

Pengganti[sunting | sunting sumber]

Dari keenam tokoh di atas, hanya Machen dan Wilson yang mewakili tradisi Presbyterian Amerika yang secara langsung dipengaruhi oleh teologi Princeton. Vos dan Van Til adalah tokoh-tokoh Hervormd Belanda. Murray adalah seorang Skotlandia, tetapi ia mahasiswa bimbingan Machen di Princeton yang belakangan ikut dengannya ke Seminari Teologi Westminster, dan ditahbiskan di Gereja Presbyterian Ortodoks, seperti halnya Van Til.