Tell Me Your Wish (Genie) (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Tell Me Your Wish (Genie)"

Japanese single cover
Singel oleh Girls' Generation
dari album Tell Me Your Wish (Genie), Girls' Generation (2011)
Dirilis 22 Juni 2009 (2009-06-22) (Korea),
8 September 2010 (Jepang)
Format CD single , digital download
Direkam 2009, 2010
Genre K-pop, dance-pop, electropop, eurodance
Panjang 3:52 (Korean version) 3:44 (Japanese version)
Label SM Entertainment, Nayutawave Records
Pencipta Original Composers: Anne Judith Wik, Robin Jenssen, Ronny Svendsen, Nermin Harambasic and Fridolin Nordso, Yoo Young-jin (Korean translation)
Produser Yoo Young-jin
Girls' Generation Korean singles
"Gee"
(2009)
"Tell Me Your Wish (Genie)"
(2009)
"Oh!"
(2010)
Kronologi Girls' Generation Japanese singles
"Genie"
(2010)
"Gee"
(2010)


"Tell Me Your Wish (Genie)" adalah lagu dari album album mini kedua dengan judul yang sama oleh girlband Korea Selatan, Girls' Generation. Dirilis pada tanggal 22 Juni 2009, lagu ini berhasil memuncaki berbagai tangga lagu di Korea, menjadikannya singel hit keenam bagi Girls' Generation.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Girls' Generation tampil di Tokyo Dome di Tokyo, Jepan.g

Setelah kesuksesan yang diraih dengan album Gee, Girls' Generation sempat vakum untuk sementara waktu. Di akhir Juni, SM Entertainment mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan singel baru yang menampilkan konsep "Marine Girl". "Tell Me Your Wish" pun dirilis secara digital pada 22 Juni 2009.[1][2] Girls'Generation pertama kali menampilkan lagu ini di KBS Music Bank.[3] HAnya dalam beberapa hari, lagu ini memuncak di 10 chart musik berbeda.[4] LAgu ini juga diberi penghargaan sebagai album terpopuler dan download ringtone.[5]

Diciptakan oleh Anne Judith Wik, Robin Jenssen, Ronny Svendsen, Nermin Harambasic dan Fridolin Nordso, lagu ini sebenarnya pada awalnya berjudul "I Just Wanna Dance". Setelah SM Entertainment membeli hak cipta atas lagu tersebut, liriknya pun ditulis ulang dengan komposisi tambahan oleh Yoo Young-jin, dan musiknya diaransemen oleh Yoo Han-jin.[6]. Versi aslinya, "I Just Wanna Dance" adalah sebuah lagu tentang keinginan sesorang untuk menari, sementara versi Girls' Generation mengisahkan tentang seseorang yang mengabulkan keinginan pasangannya. Pada awalnya, Girls' Generation merekam lagu ini sebagai "I Just Wanna Wish", namun akhirnya direvisi sesaat sebelum dirilis menjadi "Tell Me Your Wish (Genie)". Perbedaan antara keduanya adalah di versi "I Just Wanna Wish" Jessica menyanyi di bagian awal bridge, serta lirik di bagian chorus adalah "I just wanna wish", yang di versi resminya kemudian diganti dengan "sowoneul malhaebwa".

"Tell Me Your Wish" adalah lagu electropop dengan pengaruh eurodance. Lagu ini memiliki intro disintesis yang ditampilkan oleh Yoo Young-jin, terdengar pada awal versi Korea, dengan garis, "Just turn it up, that's right, come on!". Suaranya juga digunakan dalam video musik Korea, dengan lirik "Hey" dan "Girls' Generation" yang terdengar. Teknik suara, Musique concrète selama chorus terakhir, di mana leader dan vokal utama, Taeyeon, bernyanyi di atas delapan gadis-gadis lain - Tell me your fantasy, without holding back. I'll show you the genie's path. Tell me your wish, without holding back, I, your genie, will grant them. Sementara gadis-gadis lain menyanyikan chorus tradisional.[7]

Debut di Jepang[sunting | sunting sumber]

"Genie" (ditulis GENIE) adalah singel resmi untuk debut Girls' Generation di Jepang yang dirilis pada 8 September 2010. Sebuah versi baru dari video klipnya difilmkan untuk mengiringi versi Jepang lagu ini. Teaser dari video klip tersebut dirilis pada 19 Agustus, disusul versi lengkapnya pada 26 Agustus 2010. Lagu memuncak di #5 di Oricon pada hari perilisannya. Dan memuncak di #2 pada 11 September 2010.[8][9] Dirilis dalam 3 edisi, CD+DVD (first press dan regular), dan CD Only edition. Edisi first press CD+DVD berisi photobook spesial dan photocard acak (1 of 9). Singel berisi juga versi Korea, Tell Me Your Wish (Genie).

Lagu dipilih di iTunes Japan sebagai #1 Breakthrough Album of 2010 di chart 2010: Music, 2010 BEST.[10]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik di koreograferi oleh Rino Nakasone Razalan.[11]

Versi Korea[sunting | sunting sumber]

Tiga versi dari "Genie" - atas sampai bawah: Korean, Japanese, 3D.

Teaser video ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2009,[12] kemudian video aslinya dirilis pada tangal 26 Juni 2009. Dalam video musik, Yoona muncul pertama kali duduk di lampu besar, anggota lain duduk di sekelilingnya. Video musik memotong bolak-balik antara kelompok melakukan koreografi dan adegan dari tiga kamar terpisah ditempati oleh tiga anggota yang berbeda masing-masing. Yoona, Yuri dan Jessica berada dalam kamar tidur merah muda besar, Tiffany, Taeyeon dan Sunny berada di sebuah klub dansa atau bar disko, sedangkan Seohyun, Sooyoung dan Hyoyeon berada dalam ruangan ada kue besar dari yang Seohyun muncul keluar. Gadis-gadis mengenakan seragam putih dan tampil di panggung runway-seperti lama dengan hati yang besar di latar belakang, sementara di sisi lain mereka dalam seragam khaki dengan tulisan "GIRLS' GENIE" dilatar belakang. Video musik sering menunjukkan gadis berinteraksi dengan kamera dan dengan tangan yang terkadang membentang dari kedua sisi layar untuk memberikan kesan bahwa gadis-gadis yang berinteraksi dengan penonton secara pribadi. Urutan tahap memiliki berat, lampu mencolok dan lampu sorot bergerak untuk memberikan efek yang kuat dan cerah.[13]

Versi Jepang[sunting | sunting sumber]

Teaser video ini dirilis pada 16 Agustus 2010, kemudian video aslinya dirilis pada 25 Agustus 2010. Dan ada juga yang akan difilmkan di Jepang. Ini dimulai dengan seorang anak muda yang menemukan sebuah lampu tua dan model skala dari sebuah tenda sirkus di loteng tua. Setelah menggosok lampu, zoom kamera di dalam tenda tempat Generasi Girls 'dapat dilihat mulai hidup sebagai lagu mulai bermain. Gadis-gadis kemudian bergantian beralih ke kostum yang berbeda sebagai anak itu menggosok lampu sekali lagi, di mana di mereka dilihat pada layar televisi tua dengan tongkat permen besar dan balon berwarna-warni. Video musik berakhir dengan anak itu menggosok lampu ajaib lagi sebelum menghilang ke adegan lain di mana ia berjalan keluar dari limusin dengan anggota Girls 'Generation bertemu di karpet merah pada acara premier. Tampak bahwa keinginannya telah diberikan oleh lampu. Ada juga individu close-up adegan anggota mengenakan kemeja merah muda tua kuno.

Sebagian koreografi tetap sama seperti versi Korea, dengan sedikit tweak untuk beberapa langkah. Perbedaannya adalah bahwa dalam versi Jepang ada beberapa bagian dimana Taeyeon anggota bergerak ke posisi depan untuk menyanyikan ayat solo sebelum kembali dan bergabung kembali dengan gadis-gadis lain untuk membentuk baris. Sementara di versi Korea, Tae Yeon tidak melakukan hal ini. Juga, semua gadis berpose dengan memberi hormat tangan di akhir. Dalam versi Korea, hanya Seohyun anggota apakah itu sebagai "akhir menimbulkan" nya.

Sebuah versi tari juga dirilis yang menampilkan gadis-gadis mengenakan seragam tentara cokelat mereka yang merupakan salah satu kostum yang mereka kenakan dalam video musik.

Versi 3D (Korea)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Oktober 2010 sebuah versi 3D Korea, dirilis untuk Samsung PAVV LED TV. Ini fitur tiga adegan tari, versi ini adalah yang terpendek. Ada juga adegan dipotong antar dari mereka melihat bola salju dan di dalam gelas itu menunjukkan seorang wanita dan pria, berdiri masih mencari cara yang berbeda dalam sebuah halte bus (dengan poster sayber 37 dan kustom rims). Ada juga beberapa perubahan : ing "I Wish..." dengan Mini Convertible di dalamnya dan anggota membuat sesuatu terjadi. Dalam video itu menunjukkan semua gadis menonton pria dan wanita gilirannya menjadi pasangan, sebagai pria dan wanita di dalam mobil (dalam versi Mini Convertible).

Gaya Penampilan Live[sunting | sunting sumber]

Girls' Generation tampil dengan formasi 'pyramid' saat 1st Japan Tour.

Di atas panggung, para anggota diberi konsep "militer" untuk penampilan mereka, Tell Me Your Wish, berpakaian ketat terutama di jaket militer, rok mini, dan/atau hot pants. Warna-warna yang kemeja biru tua kebanyakan putih, khaki brown, dan merah,[7] meskipun seragam berbagai diperlihatkan.[14][15][16][17] Kelompok ini ingin menampilkan gambar dewasa, dibandingkan dengan kepolosan digambarkan selama Gee. Koreografi lagu, yang dilakukan oleh Rino Nakasone, difokuskan pada sinkronisasi dan gambar menggoda. Bagian dari koreografi menjadi populer di Korea, termasuk "Jegi-kicking dance" (제기차기 춤) dan "Leg-beauty dance" (각선미 춤).[7][18][19][20][21][22]

Lagu juga ditampilkan di dua tur konser SM Town, pada 2010, menggunakan remix "Rock Tronic" yang juga digunakan saat konser pertama dan ditampilkan lagi pada 2011, melanjutkan tur 2010. Remix berisi genre rock terinspirasi dance-break, di mana anggota tampil di-sync rutinitas, gema baris Sowoneul marhaebwa (Tell Me Your Wish) dapat didengar, juga.

"Genie" digunakan sebagai pembuka saat konser Girls' first Japan tour, dan di 2nd Asia tour. Penampilan dimulai dengan anggota muncul dari prop berbentuk seperti kepompong aneh, di mana mereka dirakit dalam bentuk piramida, Taeyeon di atas, diikuti oleh Jessica dan Tiffany, maka anggota yang tersisa, Seohyun, Hyoyeon, Sunny, Yoona , Yuri, dan Sooyoung, pada tingkat ketiga. Lagu ini dimulai dengan Taeyeon menyanyikan baris pertama dari Genie, dan kemudian diulang oleh Jessica dan Tiffany, dan kemudian lagi oleh anggota yang tersisa, kemudian, anggota mulai menyanyikan lagu. Fitur remix selingan rap yang dilakukan oleh Tiffany;

Welcome to my show, it's a revolution
This is my Girls' Generation
Everyone rock with me, take it in all right
Get hype! Jump! Let's party all night
I know we the ones to make you super crazy
Wanna be your genie more than one night
Watchin' me, feelin' me, callin' my name
I just want you and me to feel the same
Come on and move it, put your hands up in the air
Everybody lose control, and hands up in the air.

Setelah rap, Tiffany menempatkan kata "DJ" dari lirik "DJ, put it back on," dengan kota atau venue yang mereka tampilkan. Saat mereka tampil di Tokyo Dome, Tiffany mengubah menjadi "Tokyo Dome, put it back on!" atau saat di Anaheim menjadi "Anaheim, put it back on!" dan saat 62nd NHK Kohaku Uta Gassen pada 2011, Tiffany berkata "Akagumi, put it back on!" dimana semua bagian perempuan adalah Akagumi (red team).

Versi Lain dan Isu Plagiarisme[sunting | sunting sumber]

Isu plagiarisme yang disebabkan oleh pelantun tembang Dineyra ini "Raqsga Tushgin" dari Uzbekistan. Hal itu terungkap bahwa meskipun rilis lagunya mendahului rilis album mini kedua Girls 'Generation, lagu penyanyi Uzbekistan tercatat tanpa memperoleh ijin dari Universal Music, sehingga terjadi plagiarising lagu Tell Me Your Wish (Genie).[23][24][25]

Pada 19 Mei 2010, penyanyi Netherlands, Nathalie Makoma merilis singlenya yang berjudul "I Just Wanna Dance" yang merupakan lisensi dari lagu Girls' Generation. Nathalie menyanyikan lirik Inggris yang memang asli ditulis untuk lagu tersebut.[26]

Pada 3 Juni 2011, penyanyi Inggris, C.J. Lewis merilis lagu Genie dalam versi Inggris.

Daftar Track[sunting | sunting sumber]

Japanese single:
No. Judul Durasi
1. "Genie" (Japanese version) 3:44
2. "Tell Me Your Wish (Genie)" (Korean version) 3:49
3. "Genie" (Without main vocal) 3:44
Durasi total:
11:17

Charts[sunting | sunting sumber]

Chart Peak
position
Oricon Daily singles 2
Oricon Weekly singles 4
Oricon Yearly singles 58
Billboard Japan Hot 100 4
iTunes Japan 1
RIAJ Digital Track Chart 8
RIAJ Digital Track Chart yearly top 100 78

Penjualan dan Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Chart Puncak
Oricon physical sales 150,105+
RIAJ CD single certification Gold (100,000
RIAJ full-length cellphone downloads Platinum (250,000+)
style="text-align:center;"|Gold (100,000+)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Ke Tahun Tanggal Penghargaan Acara Notes
24th 2009 10 Desember Golden Disk Awards Grand Prize in Digital Releasing
Records of the Year
in Digital Releasing
Top 5 digital releases of the year

MTV Video Music Awards Japan[sunting | sunting sumber]

Tahun Nomisi Penghargaan Hasil
2011 Genie Best Group Video Menang
Best Video Of The Year Nominasi
Best Karaoke! Song Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 김형우 (2009-06-23). "소녀시대 제로센 논란에 음반 발매일 29일로 연기 ‘문제 부분 삭제’" (dalam bahasa ko). Newsen. Diakses 2011-02-16. 
  2. ^ (Korea) Jang, Hwi-jae. 소녀시대, 타이틀곡 ‘소원을 말해봐’로 활동 재개 (Girls' Generation, Title Song "Tell Me Your Wish" for Comeback). TodayKorea. June 17, 2009. Retrieved June 17, 2009.
  3. ^ (Korea) 소녀시대, 25일 두 번째 싱글 '소원을 말해봐' 공개 (Girls' Generation, Second Single "Tell Me Your Wish" Released on 22nd). CNB News. June 22, 2009. Retrieved June 23, 2009.
  4. ^ (Korea) 소녀시대, 전 음원 차트 1위 석권. 또 ‘올 킬’…. (Girls' Generation' Tops All Digital Charts, "All Kill" Again...). SportsKhan. July 1, 2009. Retrieved July 16, 2009.
  5. ^ Park, Young-woong. 소녀시대, "소원을 말해봐"로 음반·음원·벨소리 1위 석권 (Girls' Generation Tops Album, Single, and Ringtone Charts with "Genie"). MyDaily. July 6, 2009. Retrieved July 16, 2009.
  6. ^ "Tell Me Your Wish Track List". website. Girls’ Generation Official website. Diakses 10 July 2009. 
  7. ^ a b c 연예 – 기사내용 – "지금이 소녀시대일까?…아직, 우리시대는 멀었다" (인터뷰). Sportsseoul.com (2010-06-13). Retrieved on 2011-10-30.
  8. ^ (Korea) 소녀시대 오리콘 주간 4위 ‘해외 女가수 데뷔 최고성적 역사 썼다’ (Girls 4 on the Oricon Weekly ' best international female sexual history of a singer wrote Newsen. Retrieved September 15, 2010.
  9. ^ K-POPガールズ本命・少女時代、日本デビュー作が歴代最高記録 ニュース-ORICON STYLE. Oricon.co.jp. Retrieved on 2011-10-30.
  10. ^ 소시 '지니', 日아이튠즈 올해의 신인 팝앨범 선정 : 네이트 뉴스. News.nate.com. Retrieved on 2011-10-30.
  11. ^ "10.20.10 The Japanese Lady In Charge Of SNSD's Dances, Nakasone Rino". Nikkan Sports. Diakses 16 June 2011. 
  12. ^ 소녀시대(Girls Generation)_소원을 말해봐(Genie)_ 티저(Teaser)영상. YouTube (2009-06-19). Retrieved on 2011-10-30.
  13. ^ "Music Video". website. Youtube. Diakses 26 June 2009. 
  14. ^ ′마린걸′된 소녀시대, 패션 아이콘으로도 정상 노린다 – 노컷뉴스. Cbs.co.kr. Retrieved on 2011-10-30.
  15. ^ 마린룩. asiae.co.kr. 2009.07.10
  16. ^ 마린 룩도 섹시하게~ 이보다 'HOT' 할 순 없다! . bntnews.
  17. ^ mk 뉴스 – 걸그룹 패션, 입맛대로 골라입기 [패션분석③]. News.mk.co.kr. Retrieved on 2011-10-30.
  18. ^ '컴백' 소녀시대, '군무' 퍼포먼스 일단 '합격점'. asiae.co.kr. 2009.06.26
  19. ^ 컴백 소녀시대 “이번 춤 이름은 제기차기춤-각선미춤” – 손에 잡히는 뉴스 눈에 보이는 뉴스 – 뉴스엔. Newsen.com (2009-06-26). Retrieved on 2011-10-30.
  20. ^ (Korea) 헤럴드 경제. Heraldbiz.com. Retrieved on 2011-10-30.
  21. ^ 엉덩이춤-시건방춤-최면춤, 팬들은 지금 '댄스 작명' 열풍 – 아시아경제. Asiae.co.kr. Retrieved on 2011-10-30.
  22. ^ mk 뉴스 – 소녀시대 `소원을말해봐` 이후 활동계획은?. News.mk.co.kr (2009-08-15). Retrieved on 2011-10-30.
  23. ^ "'소원을 말해봐' 저작권자, "소녀시대의 표절 아니다"" (dalam bahasa korean). Chosun.com. Diakses 10 July 2009. 
  24. ^ "소녀시대 '소원을 말해봐'가 우즈벡 女 가수 표절?" (dalam bahasa korean). NewsHankuk.com. Diakses 10 July 2009. 
  25. ^ 'Genie' Mired in Plagiarism Dispute, The Korea Times, July 4, 2009
  26. ^ I JUST WANNA DANCE - NEW SINGLE. nathaliemusic.tv