Seohyun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seohyun
Seohyun, lg 3d, snsd.jpg
Latar belakang
Nama lahir Seo Joo-Hyun
Nama lain Seohyun
Lahir 28 Juni 1991 (umur 23)
Seoul, Korea Selatan
Genre K-pop
Pekerjaan penyanyi, penari, peragawati, aktris, pengisi suara
Instrumen vokal, piano, kibor
Tahun aktif 2007–sekarang
(2004–sekarang peragawati)
Label SM Entertainment
Artis terkait Girls' Generation
Girls' Generation-TTS
SM Town
JeTiHyun
Situs web http://girlsgeneration.smtown.com
Nama Korea
Hangeul 서주현
Hanja [1]
Alih Aksara yang Disempurnakan Seo Ju-hyeon
McCune–Reischauer Sŏ Chu-hyŏn
Nama panggung
Hangeul 서현
Alih Aksara yang Disempurnakan Seo-hyeon
McCune–Reischauer Sŏhyŏn

Seohyun (lahir di Seoul, 28 Juni 1991; umur 23 tahun sebagai Seo Joo-Hyun) adalah penyanyi, penari, peragawati, aktris, pengisi suara populer asal Korea Selatan dan vokalis utama yang termuda dari Girls' Generation. Dia lolos audisi di SM Entertainment Casting System pada tahun 2003.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Seohyun dilahirkan di Seoul,Korea Selatan pada tanggal 28 Juni 1991.Dia adalah anak tunggal. Seohyun mengambil kursus piano jazz. Dia pernah ditunjuk sebagai Duta Olahraga Siswa oleh Seoul Metropolitan Office. Dia bersekolah di Seoul Middle School dan Daeyoung High School,kemudian ia dipindahkan ke Jeonju Arts High School dan tamat sekolah dengan "Achievement Award" di tangannya.Kemudian dia melanjutkan sekolah ke Dongguk University bersama Yoona.

Karier[sunting | sunting sumber]

Girls' Generation[sunting | sunting sumber]

Singel solo[sunting | sunting sumber]

Seohyun pernah merilis berbagai solo dengan Jessica dan Tiffany, yang pertama berjudul "Oppa Nappa" bahasa Korea: 오빠 나빠 dan yang kedua berjudul "Mabinogi(It's Fantastic!)" yang digunakan sebagai tema lagu di sebuah video game. Pada tanggal 17 Februari 2009, Seohyun menyanyikan duet trot bersama Joo Hyun-mi (feat.Davichi) berjudul "JjaRaJaJja" bahasa Korea: 짜라자짜.Lagu ini mendapatkan penghargaan dengan nominasi "Trot Music of The Year". Bersama Taeyeon, Jessica, Sunny, Sooyoung dan anggota Super Junior yaitu Leeteuk, Kyuhyun, Sungmin, Lee Donghae, Ryeowook, Shindong, Eunhyuk, Yesung, Seohyun menyanyikan lagu Seoul Song. Untuk promosi Carribean Bay, Seohyun juga pernah menyanyikan lagu Cabi Song bersama Yoona, Yuri dan anggota boyband Korea 2PM. Di sebuah drama MBC yang berjudul Kim Soo Ro ia menyanyikan singel berjudul "It's Okay Even If It Hurts" bahasa Korea: 아파도 괜찮아요. Singel itu dirilis tanggal 25 Juni 2010.

Di SMTown Live '10 World Tour ia melakukan duet spesial dengan member Super Junior yaitu Kyuhyun dengan judul lagu "Call My Heart Out".

Seohyun juga ikut berduet dengan TVXQ! untuk singel 'Journey' di album TVXQ! Keep Your Head Down Repacked pada Maret 2011. Di sebuah drama SBS yang berjudul Fashion King pada tahun 2012, Seohyun kembali menyanyikan singel berjudul " I'll Be Waiting " bahasa Korea: 기다릴게요. Singel itu dirilis tanggal 19 Maret 2012. Drama tersebut diperankan oleh rekan se-grupnya, Yuri.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]