Serge Gainsbourg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Serge Gainsbourg
Gainsbourg tahun 1981
LahirLucien Ginsburg
(1928-04-02)2 April 1928
Paris, Prancis
Meninggal2 Maret 1991(1991-03-02) (umur 62)
Paris, Prancis
KebangsaanPrancis
Nama lain
  • Julien Grix
  • Gainsbarre
Pekerjaan
  • Seniman musik
  • penulis lagu
  • pianis
  • penyanyi
  • pelukis
  • dramawan
  • penulis
  • aktor
  • direktur
Tahun aktif1957–1991
Suami/istriElisabeth "Lize" Levitsky (3 November 1951 - 1957), Béatrice Pancrazzi (7 Januari 1964 - 1966)

Serge Gainsbourg (Terlahir Lucien Ginsburg,[sɛʁʒ ɡɛ̃'zbuʁ]; 2 April 1928 – 2 Maret 1991) adalah seorang penyair, penyanyi, penulis lagu, aktor, dan sutradara berkebangsaan Prancis.[1] Dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam musik populer Prancis, ia terkenal karena rilisannya yang sering provokatif dan memalukan,[2][3] serta hasil karya artistiknya yang mewujudkan beragam genre musik yang mulai dari jazz, mambo, world, chanson, pop dan yé-yé, ke musik rock and roll, progressive rock, reggae, Elektornik, disko, new wave and funk. Gaya dan individualitas musik Gainsbourg yang beragam membuatnya sulit dikategorikan, meskipun warisannya telah mapan dan ia sering dianggap sebagai salah satu musisi populer paling berpengaruh di dunia.[4]

Karya-karya lirik lagunya menggabungkan permainan kata yang cerdas untuk membohongi pendengar, sering kali dengan alasan lucu, provokatif, satir, atau subversif. Jenis umum permainan kata dalam lagunya berisi mondegreen, Onomatope, Rima, Spoonerisme, Dysphemism, Paraprosdokian, dan Pun. Selama kariernya, Gainsbourg menulis lebih dari 550 lagu,[5][6] yang telah di cover lebih dari 1.000 kali oleh berbagai seniman.[7] Sejak kematiannya, musik Gainsbourg telah mencapai status legendaris di Prancis, dan ia dianggap sebagai salah satu musisi paling dihormati di Prancis.[8] Dia juga telah mendapatkan pengikut di dunia yang berbahasa Inggris, dengan banyak seniman dipengaruhi oleh gubahannya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Terlahir di Paris, Prancis, Gainsbourg adalah seorang anak dari pasangan imigran Yahudi Rusia, Joseph Ginsburg (terlahir 28 Desember 1898, di Kharkov, Kekaisaran Rusia, kini bagian dari Ukraina – 22 April 1971) dan Olga [9] (née Bessman; 1894 – 16 Maret 1985), yang melarikan diri ke Paris setelah Revolusi Rusia pada tahun 1917.[10][11] Joseph Ginsburg adalah musisi klasik terlatih yang profesinya bermain piano di kabaret dan kasino; dia mengajar anak-anaknya — Gainsbourg dan saudara kembarnya Liliane — untuk bermain piano.[12][13][14]

Masa kecil Gainsbourg sangat dipengaruhi oleh pendudukan Perancis oleh Jerman selama Perang Dunia II. Lambang Bintang Kuning yang di haruskan Orang Yahudi untuk memakai lambang tersebut telah menghantui pikiran Gainsbourg; dan pada tahun-tahun berikutnya ia mampu mengubah ingatan tersebut menjadi inspirasi kreatif. Selama masa pendudukan, keluarga Ginsburg dapat menyintas dari Paris ke Limoges, bepergian dengan dokumen palsu. Limoges adalah Zona Aman di bawah administrasi gabungan Pemerintahan Prancis Vichy dan masih merupakan tempat perlindungan berbahaya bagi orang Yahudi. Setelah perang, Gainsbourg memperoleh pekerjaan mengajar musik dan menggambar di sebuah sekolah di luar Paris, di Le Mesnil-le-Roi. Sekolah itu didirikan di bawah naungan para rabi setempat, untuk anak-anak yatim dari orang yang dideportasi yang terbunuh. Di sini Gainsbourg mendengar kisah penganiayaan dan genosida Nazi, kisah-kisah yang selaras dengan Gainsbourg jauh di masa depan.[15] Sebelum dia berusia 30 tahun, Gainsbourg adalah seorang pelukis yang kecewa tetapi mencari nafkah sebagai pemain piano di sebuah bar.[16]

Gainsbourg mengubah nama awalnya menjadi Serge, merasa nama tersebut mewakili latar belakang Rusia-nya dan karena, seperti yang dikatakan Jane Birkin:"Lucien mengingatkannya pada asisten penata rambut"[17] Dia memilih nama Gainsbourg sebagai nama belakangnya, sebagai penghormatan kepada pelukis Inggris Thomas Gainsborough, yang ia kagumi.[18]

Dia menikahi Elisabeth "Lize" Levitsky pada tanggal 3 November 1951 dan bercerai pada tahun 1957. Dia menikah untuk kedua kalinya pada tanggal 7 Januari 1964 bersama Françoise-Antoinette "Béatrice" Pancrazzi (lahir 28 Juli 1931), dimana mereka memiliki 2 anak: Natacha (lahir 8 Agustus 1964) dan Paul (lahir pada musim semi 1968). Dia menceraikan Béatrice pada bulan Februari 1966.

Di akhir tahun 1967, dia memiliki hubungan cinta yang pendek tapi bersemangat dengan Brigitte Bardot, yang dia dedikasikan pada Album dan Lagu Initials BB.

Pada pertengahan tahun 1968, Gainsbourg jatuh cinta dengan penyanyi dan aktris Inggris yang lebih muda Jane Birkin, yang ia temui selama syuting film Slogan.Hubungan mereka berlangsung lebih dari satu dekade.[19] Pada tahun 1971, mereka memiliki seorang anak, yaitu aktris dan penyanyi Prancis Charlotte Gainsbourg. Meskipun banyak sumber menyatakan bahwa mereka sudah menikah,[20] menurut putri mereka Charlotte, ini tidak terjadi.[19] Birkin meninggalkan Gainsbourg pada tahun 1980.

Birkin ingat awal hubungannya dengan Gainsbourg: pertama-tama dia membawanya ke kelab malam, kemudian ke klub waria, dan kemudian ke hotel Hilton tempat dia pingsan karena mabuk.[21] Dia meninggalkannya ketika kehamilan anak ketiga, Lou Doillon hasil dari selingkuhannya dengan Sutradara, Jacques Doillon[22]

Selain itu ia juga memiliki anak laki-laki bernama Lucien dari hubungannya dengan Bambou, seorang aktris dan penyanyi Prancis. Pada tahun 2010, Lise Lévitzky menerbitkan sebuah buku berjudul Lise et Lulu yang meningkatkan kemungkinan Gainsbourg adalah seorang biseksual.[23][24]

Pekerjaan Awal[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu awalnya dipengaruhi oleh Boris Vian dan sebagian besar berada di musik ketinggalan zaman, chanson.

Sekitar tahun 1957, dia menjadi pengiring dari Bintang Penyanyi "Cabaret Milord l'Arsouille", Paris, Michèle Arnaud. Dia menemukan penulis lagu yang pemalu, yang menganggap komposisinya terlalu modern dan provokatif untuk mainstream chanson. Arnaud menawarkan untuk menyanyi dan bahkan merekam beberapa lagu-lagu, dan mendorong awal kariernya.

Kemudian Gainsbourg mulai bergerak maju dan bereksperimen dengan rangkaian gaya musik: awalnya modern jazz, yé-yé dan brit-pop pada tahun 1960-an, funk, rock dan reggae pada tahun 1970-an dan musik Elektronik pada tahun 1980-an.

Gainsbourg, Gall, dan del Monaco pada Kontes Lagu Eurovision, tanggal 20 Maret 1965

Banyak dari lagu-lagunya berisi tema yang nyentrik, ambigu atau seksual di dalamnya. Awal kesuksesannya, lagu "Le Poinçonneur des Lilas", menggambarkan kehidupan harian seorang penjaga tiket kereta Paris Métro, yang tugasnya membuat lubang di tiket penumpang. Gainsbourg menggambarkan tugas ini sangat monoton, sehingga lelaki itu akhirnya berpikir untuk melubangi kepalanya sendiri dan dimakamkan di tempat lain.

Ketika musik yé-yé tiba di Prancis, Gainsbourg yang berusia 32 tahun dan merasa tidak nyaman: dia menghabiskan banyak waktu bersama Jacques Brel dan Juliette Gréco tetapi publik dan kritikus menolaknya, mengejek telinga dan hidungnya yang menonjol. Selama periode ini, Gainsbourg mulai bekerja dengan Greco, sebuah kolaborasi yang berlangsung sepanjang periode 'Left Bank' yang memuncak dalam lagu La Javanaise pada musim gugur tahun 1962.

Dia melakukan beberapa duet pada tahun 1964 dengan seniman Philippe Clay, yang dimana mereka berbagi persamaan. Di waktu yang sama, dia menemui Elek Bascik. Dia menyenangkan Gainsbourg, meskipun tahu bahwa suara seperti itu tidak akan memungkinkannya mendapatkan kesuksesan. Album tersebut hanya menjual 1,600 kopi. Keputusan diambil tepat setelah meninggalkan studio: "Saya akan meretas pekerjaan itu dan membeli sendiri Rolls". Namun, album berikutnya, Gainsbourg Percussions, terinspirasi oleh irama dan melodi dari Miriam Makeba dan Babatunde Olatunji yang jauh dari irama yé-yé dan selanjutnya menjadi kunci keberuntungan Gainsbourg.

Lebih banyak kesuksesan mulai berdatangan ketika pada tahun 1965, lagunya Poupée de cire, poupée de son yang mewakili Luxembourg pada Kontes Lagu Eurovision. Dinyanyikan oleh seorang penyanyi remaja yang menawan France Gall, yang memenangkan juara pertama. Lagu tersebut di terjemahkan dalam bahasa Inggris, "A Lonely Singing Doll" dinyanyikan oleh idola remaja Inggris, Twinkle.

Lagu berikutnya untuk Gall, Les Sucettes ("Lollipops"), menyebabkan sebuah skandal di Prancis: Gainsbourg telah menulis lagu dengan makna ganda dan sindiran seksual yang kuat, yang penyanyi itu tampaknya tidak sadar ketika dia merekamnya. Sedangkan Gall berpikir bahwa lagu itu tentang seorang gadis yang menikmati permen lolipop, itu sebenarnya tentang Oral Seks. Kontroversi yang timbul dari lagu tersebut, meskipun menjadi hit besar bagi Gall, membuat kariernya di luar jalur di Prancis selama beberapa tahun.

Gainsbourg mengaransemen lagu-lagu untuk Gall dan piringan hitam lain yang menjadi ciri khas gaya psychedelic akhir 1960-an, terutama pada albumnya yang dirilis pada tahun 1968. Karya Gainsbourg yang lain, Boum Bada Boum yang mewakili Monaco pada kontes Eurovision 1967, dinyanyikan oleh Minouche Barelli; menjadi juara kelima. Dia juga menulis lagu-lagu hit untuk artis lain, seperti Comment te dire adieu untuk Françoise Hardy, Sous le soleil exactement dan Ne dis rien untuk Anna Karina, dan untuk dan teman seumur hidupnya, Michèle Arnaud (Les Papillons Noirs).

Pada tahun 1967, Gainsbourg muncul sebagai penari bersama dengan Jean Yanne dan Sacha Distel di Sacha Show dengan Marie Laforet menyanyikan 'Ivan, Boris & Moi'.

Hubungannya dengan Brigitte Bardot menyebabkan serangkaian duet pop terkenal, seperti Ford Mustang dan Bonnie dan Clyde.

Pada tahun 1969, dia merilis lagu Je t'aime... moi non plus, yang menampilkan lirik secara eksplisit dan suara simulasi wanita Orgasme. Lagu tersebut muncul pada tahun yang sama pada piringan LP,Jane Birkin/Serge Gainsbourg. Awalnya direkam bersama Brigitte Bardot, lagu tersebut dirilis dengan calon kekasihnya, Birkin ketika Bardot memutuskan mundur. Sementara Gainsbourg menyatakannya sebagai "lagu cinta utama", itu dianggap terlalu "panas"; lagu tersebut terkena sensor atau dicekal dari siaran publik di berbagai negara dan di Perancis bahkan versi yang lunak pun kena tekanan. Takhta Suci Vatikan membuat pernyataan publik mengutip lagu itu sebagai sesuatu yang tidak sopan. Meskipun (atau mungkin karena) kontroversi, lagu tersebut terjual dengan baik dan masuk dalam sepuluh besar di banyak negara Eropa.

Era 70-an[sunting | sunting sumber]

Histoire de Melody Nelson dirilis pada tahun 1971. Album konsep ini diproduksi dan diatur oleh Jean-Claude Vannier, yang berkisah tentang lelaki tua kaya raya yang jatuh hati kepada gadis belia, dengan Gainsbourg berperan sebagai Narator. Album tersebut sangat menonjolkan deretan gubahan dan menyusun Paduan Suara pada klimaksnya yang tragis. Album ini telah terbukti berpengaruh dengan artis lain seperti band Air, David Holmes, Jarvis Cocker, Beck, dan Dan the Automator.[25]

Pada tahun 1975, dia merilis album Rock Around the Bunker sebuah album yang sepenuhnya ditulis dengan tema Nasional Sosialisme. Gainsbourg menggunakan Komedi gelap karena dia dan keluarganya menderita selama Perang Dunia II, dipaksa untuk memakai bintang kuning sebagai tanda seorang Yahudi. Rock Around the Bunker menjadi tren "retro" pada pertengahan 1970-an.

Tahun berikutnya dia merilis karya besar lain, L'Homme à tête de chou (Manusia berkepala Kubis/Cabbage-Head Man) menampilkan karakter baru Marilou dan tema orkestra mewah. Cabbage-Head Man adalah salah satu nama panggilannya, karena mengacu pada telinganya. Secara musikal, L'homme à tête de chou ternyata menjadi Album terakhir Gainsbourg dalam gaya rock Inggris yang ia sukai sejak akhir 1960-an. Dia akan terus menghasilkan dua album Reggae yang direkam di Jamaika (pada tahun 1979 dan 1981) dan dua album Elektronik Funk yang direkam di New York (pada tahun 1984 dan 1987).

Pada tahun 1979 di Jamaika, dia merekam "Aux Armes et cætera", versi Reggae dari Lagu kebangsaan Prancis, La Marseillaise bersama Robbie Shakespeare, Sly Dunbar, dan Rita Marley. Menyusul kritik keras dan anti-semit di surat kabar sayap kanan Le Figaro oleh penulis biografi Charles de Gaulle, Michel Droit, lagunya membuatnya mendapatkan ancaman kematian dari tentara veteran sayap kanan Perang Kemerdekaan Aljazair, yang menentang lagu kebangsaan mereka digubah dalam gaya reggae. Pada tahun 1979, sebuah konser harus dibatalkan, karena gerombolan pasukan parasut Prancis yang murka datang untuk berdemonstrasi di antara penonton. Sendiri di atas panggung, Gainsbourg mengangkat kepalan tangannya dan menjawab, "Arti sebenarnya dari lagu kebangsaan kita adalah revolusioner" dan menyanyikannya bersama penonton. Para tentara bergabung dengan mereka, sebuah adegan yang dinikmati oleh jutaan orang ketika berita TV Prancis menyiarkannya, menciptakan lebih banyak kejadian yang terkenang. Tak lama kemudian, Gainsbourg membeli naskah asli "La Marseillaise". Dia menjawab kritiknya bahwa versinya lebih dekat ke aslinya ketika naskah menunjukkan kata-kata "Aux armes et cætera ..." untuk paduan suara. Album ini, dijelaskan oleh drummer legendaris Sly Dunbar sebagai "Mungkin rekor terbaik yang pernah dia mainkan" adalah kesuksesan komersial terbesarnya, termasuk hit besar Lola Rastaquouère, Aux Armes Et Cætera dan versi klasik dari klasik jazz Sam Theard You Rascal You berjudul Vieille Canaille.[26] Rita Marley dan I-Three kemudian merekam album reggae kontroversial lainnya bersamanya pada tahun 1981, Mauvaises nouvelles des étoiles. Bob Marley sangat marah, ketika ia mengetahui bahwa Gainsbourg membuat istrinya Rita menyanyikan lirik erotis.[27] Album Campuran baru anumerta, termasuk versi dub oleh Soljie Hamilton dan versi kedua album oleh seniman Jamaika dirilis sebagai album ganda "Dub Style" pada tahun 2003, untuk pujian kritis di Prancis maupun di luar negeri dan untuk kesuksesan komersial internasional. Meskipun telat, album Aux Armes Et Cætera – Dub Style and Mauvaises Nouvelles Des Étoiles – Dub Style semakin membuktikan Gainsbourg sebagai ikon berpengaruh dalam musik pop Eropa.

Masa masa terakhir[sunting | sunting sumber]

Tribute graffiti menutupi dinding luar rumah Serge Gainsbourg di Jalan rue de Verneuil, Paris, dirawat oleh Charlotte Gainsbourg setelah kematian ayahnya

Pada tahun 1982, Gainsbourg menulis sebuah album untuk rocker Prancis, Alain Bashung, Play blessures. Meskipun album tersebut sekarang dianggap sebagai karya terbaik oleh kritikus Prancis, tetapi gagal secara komersial.[28]

Setelah berhubungan selama 13 tahun yang penuh gejolak, Jane Birkin meninggalkan Gainsbourg.[5] Pada 1980-an, menjelang akhir hidupnya, Gainsbourg menjadi selebriti TV Prancis. Penampilannya tampaknya dikhususkan untuk selera humor dan provokasi yang kontroversial. Pada tahun 1984, dia membakar uang pecahan 500 Franc Prancis di siaran langsung televisi Perancis sebagai bentuk protes terhadap tingginya pajak hingga 74% dari pendapatan.[29][30]

Dia tampil dalam keadaan mabuk dan brewokan pada sebuah acara televisi siaran langusng malam minggu pada tahun 1986, Champs-Élysées yang dibawakan oleh Michael Drucker, dengan bintang tamu penyanyi asal Amerika Serikat Whitney Houston, dia keberatan dengan Drucker menerjemahkan komentarnya ke Whitney Houston dan dalam bahasa Inggris menyatakan: "Aku berkata, aku ingin bercinta dengannya" - Drucker bersikeras menerjemhkannya menjadi "Dia bilang kau hebat ..."[27] Pada tahun yang sama, dalam wawancara talkshow lainnya, dia muncul bersama Catherine Ringer, yang dikenal sebagai penyanyi terkenal yang pernah muncul dalam film porno. Gainsbourg menyembur, "Kau tidak lain adalah pelacur yang kotor, pelacur yang kotor, sialan".[31]

Bagi banyak orang di Prancis, insiden ini adalah yang terakhir, dan banyak dari pekerjaannya yang kemudian diabaikan, karena sebagian besar dilakukan dan dilakukan dalam keadaan mabuk. Setelah kematian Gainsbourg, Eddy Mitchell melaporkan bahwa duet mereka pada lagu "You Rascal You" telah menghasilkan penjualan jauh lebih sedikit daripada yang biasanya mereka harapkan. Michel Drucker juga melaporkan bahwa dia kesulitan meminta maaf kepada Whitney Houston. Setelah itu, Gainsbourg tidak pernah lagi benar-benar bersih di depan umum, selalu memiliki segelas sesuatu di tangannya dan sebatang rokok menyala di bibir, sehingga menjijikkan banyak dari apa pun yang dia lakukan atau katakan.

Lagu-lagunya menjadi semakin eksentrik selama periode ini, mulai dari anti-narkoba Aux Enfants de la Chance, hingga duet yang sangat kontroversial dengan putrinya Charlotte di beri judul Lemon Incest.[32] Ini diterjemahkan sebagai "Inceste de citron", permainan kata pada "un zeste de citron" (kulit lemon). Judul tersebut menunjukkan cinta Gainsbourg untuk permainan kata-kata - contoh lain di antaranya adalah Beau oui comme Bowie, sebuah lagu yang dia berikan kepada Isabelle Adjani.

Pada Desember 1988, saat menjadi juri di sebuah festival film di daerah Val-d'Isère, dia sangat mabuk pada saat melakukan presentasi. Sementara di atas panggung ia mulai menceritakan kisah cabul tentang Brigitte Bardot dan sebotol sampanye, hanya untuk terhuyung-huyung keluar panggung dan jatuh di kursi terdekat.[31] Tahun-tahun berikutnya, kesehatannya makin memburuk. Dia harus menjalani operasi hati tetapi membantah ada hubungannya dengan penyakit Kanker atau Sirosis. Penampilan dan penampilannya di depan publik menjadi lebih jarang karena ia harus beristirahat dan memulihkan kesehatannya di Vezelay. Selama tahun-tahun terakhirnya, dia merilis album Love On The Beat, sebuah album elektronik yang kontroversial dengan sebagian besar tema seksual dalam lirik dan album studio terakhirnya, You're Under Arrest, yang membawakan lebih banyak lagu synth-driven.

Karya Film[sunting | sunting sumber]

Akting

Gainsbourg tampil di hampir 50 peran film dan televisi. Pada 1960, ia ikut membintangi film Italia bersama Rhonda Fleming, La rivolta degli schiavi (Pemberontakan para Budak) sebagai Corvino, anak buah jahat Kaisar Romawi Massimiano. Pada 1968, dia menulis musik untuk dan tampil sebagai dirinya sendiri dalam film La Pecha yang disutradarai oleh Georges Lautner. Pada tahun 1969, dia muncul dalam film pop satire karya William Klein, Mr.Freedom, dan pada tahun yang sama, dia tampil bersama Jane Birkin di film The Pleasure Pit. Mereka tampil kembali dalam film Cannabis pada tahun berikutnya, dan lagi pada film Seven Deaths in the Cat's Eye yang dirilis pada tahun 1973. Dan dia juga membuat penampilan singkat dengan Birkin di film Herbert Vesely yang dirilis pada tahun 1980, Egon Schiele – Exzess und Bestrafung. Dia bersama-sama Birkin membintangi di film Prancis Slogan, di mana dia menulis judul lagu "La Chanson de Slogan". Selain itu, mereka berakting dalam film besutan Prancis-Yugoslavia, Devetnaest djevojaka i jedan mornar [fr] (19 Gadis dan Seorang Pelaut) yang dimana dia memerankan karakter sebagai pejuang.

Sutradara

Gainsbourg menulis dan menyutradarai empat Film cerita: Je t'aime moi non plus, Équateur, Charlotte for Ever, dan Stan the Flasher. Dia juga membuat sebuah film pendek berjudul Le Physique et le Figuré, dan ikut menulis film berwarna pertama yang dibuat untuk televisi Prancis, "Anna."[33][34]

Komposer

Sepanjang kariernya, Gainsbourg menulis soundtrack untuk hampir 60 film dan program televisi. Pada tahun 1996, ia menerima Penghargaan César secara anumerta untuk Penulis Musik Terbaik untuk Film untuk Élisa, bersama dengan Zbigniew Preisner dan Michel Colombier.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Gainsbourg menulis sebuah novel berjudul Evguénie Sokolov.[35]

Kematian dan Warisan[sunting | sunting sumber]

Makam dari Serge, Olga dan Joseph Gainsbourg

Gainsbourg meninggal dunia pada tanggal 02 Maret 1991 akibat Serangan Jantung, sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-63. Dia dimakamkan di bagian Yahudi di Pemakaman Montparnasse, Paris. Presiden Prancis François Mitterrand mengatakan, "Dia adalah Baudelaire kita, Apollinaire kita ... Dia mengangkat karya lagu ke tingkat seni".[36]

Sejak kematiannya, musik Gainsbourg telah mencapai status legendaris di Perancis. Dia juga mendapatkan pengikut di belahan dunia yang berbahasa Inggris, dengan banyak seniman yang dipengaruhi oleh Gubahannya. Salah satu penafsir yang paling sering dari lagu-lagu Gainsbourg adalah penyanyi Inggris Petula Clark, yang keberhasilannya di Prancis didorong oleh rekaman lagunya. Pada tahun 2003, ia menulis dan merekam La Chanson de Gainsbourg sebagai penghargaan kepada komposer dari beberapa hit terbesarnya. Sebagian besar lirik Gainsbourg dikumpulkan dalam volume Dernières nouvelles des étoiles.[37]

Rumah Parisian di mana Gainsbourg tinggal dari tahun 1969 hingga 1991, di Jalan 5 bis Rue de Verneuil, tetap menjadi kuil yang dirayakan, dengan asbak dan koleksi berbagai barang, seperti lencana dan peluru polisi, masih utuh. Bagian luar rumah ditutupi dengan grafiti yang didedikasikan untuk Gainsbourg, serta dengan foto-foto tokoh penting dalam hidupnya, termasuk Bardot dan Birkin.[38]

Film Biopik[sunting | sunting sumber]

Komikus Joann Sfar telah menulis dan menyutradarai sebuah film cerita berjudul Gainsbourg: A Heroic Life, yang dirilis di Prancis pada tahun 2010. Gainsbourg diperankan oleh Eric Elmosnino dan Kacey Mottet Klein. Film tersebut telah memenangkan tiga nominasi pada Penghargaan César, termasuk Penghargaan Aktor Terbaik untuk Elmosnino, dan untuk delapan nominasi tambahan.[39]

Pameran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Museum Cité de la Musiqu, Paris mengadakan pameran Gainsbourg 2008, yang dikuratori oleh seniman suara Frédéric Sanchez.[40][41]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Studio albums[sunting | sunting sumber]

Tahun Album Chart Sertifikasi
FR
[42][43][44]
1958 Du chant à la une 137
1959 N° 2 -
1961 L'Étonnant Serge Gainsbourg -
1962 Serge Gainsbourg N° 4 -
1963 Gainsbourg Confidentiel -
1964 Gainsbourg Percussions -
1968 Bonnie & Clyde (with Brigitte Bardot) -
1968 Initials B.B. -
1969 Jane Birkin/Serge Gainsbourg 4
1971 Histoire de Melody Nelson 56
1973 Vu de l'extérieur -
1975 Rock around the bunker 5
1976 L'Homme à tête de chou 85 FR: Gold[45]
1979 Aux armes et cætera 1 FR: Platinum[45]
1981 Mauvaises nouvelles des étoiles 3 FR: Gold[45]
1984 Love on the Beat 3 FR: Platinum[45]
1987 You're Under Arrest 2 FR: Platinum[45]

Live albums[sunting | sunting sumber]

Seleksi Film Skor[sunting | sunting sumber]

Singles[sunting | sunting sumber]

  • "Black Trombone" (1962)
  • "La Javanaise" (1963)
  • "Couleur Café" (1964)
  • "New York U.S.A." (1964)
  • "Hold Up" (1967)
  • "Initials B.B." (1967)
  • "Bonnie and Clyde" (1968) (Brigitte Bardot et Serge Gainsbourg)
  • "Élisa" (1969)
  • "La Chanson De Slogan" / "Evelyne" (1969)
  • "Je t'aime... moi non plus" (1969) (Jane Birkin avec Serge Gainsbourg)
  • "La Décadanse" (1971) (Jane Birkin et Serge Gainsbourg)
  • "Je suis venu te dire que je m'en vais" (1973)
  • "L'Homme à Tête de Chou" (1976)
  • "Marilou" (1976)
  • "Sea, Sex and Sun" (1978)
  • "Aux armes et caetera" (1979)
  • "Lola Rastaquouère" (1979)
  • "Dieu fumeur de havanes" (1980) (Catherine Deneuve & Serge Gainsbourg)
  • "Sorry Angel" (1984)
  • "Lemon Incest" (1985) (Charlotte & Gainsbourg)
  • "You're Under Arrest" (1987)
  • "Mon légionnaire" (1987)
  • "Requiem pour un con" (1991)
  • "La Noyée"

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • De Gainsbourg à Gainsbarre (1989, 1994, Philips)
A 207-track survey of Gainsbourg's career from 1959 to 1981 on nine CDs, issued both separately and in a box: Vol. 1 – Le Poinçonneur Des Lilas, 1959-1960; Vol. 2 – La Javanaise, 1961-1963; Vol. 3 – Couleur Café, 1963-1964; Vol. 4 – Initials B.B., 1966-1968; Vol. 5 – Je T'Aime Moi Non Plus, 1969-1971; Vol. 6 – Je Suis Venu Te Dire Que Je M'en Vais, 1973-1975; Vol. 7 – L'Homme à Tête de Chou, 1975-1981; Vol. 8 – Aux Armes et Cætera, 1979-1981; and Vol. 9 – Anna, 1967–1980. A two-CD highlights collection, also called De Gainsbourg à Gainsbarre, was culled from this edition in 1990. The box was reissued in 1994 with two more discs containing the later albums Love on the Beat (1984) and You're Under Arrest (1987).
  • Gainsbourg Forever (2001, Mercury)
An 18-CD box issued to mark the tenth anniversary of Gainsbourg's death containing each of his sixteen studio albums and the EP Essais Pour Signature (1958) in its original format (one per CD), plus a disc of rarities, Inédits, Les Archives 1958-1981. A separate 3-CD box, Le Cinéma de Serge Gainsbourg: Musiques de Films 1959–1990 (2001, Mercury) covered his film music.
  • Serge Gainsbourg Intégrale (2011, Philips)
A 20-CD, 271-track box issued to mark the twentieth anniversary of Gainsbourg's death. The first sixteen discs contain his studio albums and related tracks. They are followed by a disc of singles, a disc of television and radio recordings, and two discs of film music.

Penulisan Album untuk Artis lain[sunting | sunting sumber]

Penulisan Single untuk artis lain[sunting | sunting sumber]

Seleksi album tribute dan Rilisan Anumerta[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

"Le Poinçonneur des Lilas",

  1. ^ Obituary Variety, 11 March 1991.
  2. ^ Ankeny, Jason. "Serge Gainsbourg – Music Biography, Credits and Discography". AllMusic. Diakses tanggal 2012-11-10. 
  3. ^ Simmons, Sylvie (2 February 2001). "An extract from Serge Gainsbourg: A Fistful of Gitanes by Sylvie Simmons". The Guardian. 
  4. ^ 2003年4月21日 (月). "The 100 Greatest Artists – No. 62". Hmv.co.jp. Diakses tanggal 25 January 2011. 
  5. ^ a b Robinson, Lisa. "The Secret World of Serge Gainsbourg". 
  6. ^ fr:Liste des chansons de Serge Gainsbourg
  7. ^ fr:Reprises des chansons de Serge Gainsbourg
  8. ^ E.W. (12 October 2017). "In "Rest", Charlotte Gainsbourg explores the sharp edges of grief". The Economist. 
  9. ^ Short version: Olia, his mother's baptist name was Olga, as written on Gainsbourg's grave
  10. ^ Benjamin Ivry: The Man With the Yellow Star: The Jewish Life of Serge Gainsbourg, The Jewish Daily Forward, 26 November 2008.
  11. ^ Great Jewish Music, Deconstruction in Music.
  12. ^ "Serge Gainsbourg Biography – life, family, parents, name, story, death, wife, school, young, son, book, old, born, husband, marriage, time, year, scandal, sister, The outsider". Notablebiographies.com. Diakses tanggal 25 January 2011. 
  13. ^ LucienGrix No real name given + Add Contact. "1928 Liliane & Lucien Ginsburg | Flickr – Photo Sharing!". Flickr. Diakses tanggal 25 January 2011. 
  14. ^ http://www.vanityfair.com, Robinson, Lisa, Legends, "The World of Serge Gainsbourg," November, 2007, retrieved 3 September 2012
  15. ^ https://forward.com/ Diarsipkan 2 April 2015 di Wayback Machine., Ivry, Benjamin, "When You Feel The Jewish Life of Serge Gainsbourg," 26 November 2008, retrieved 4 September 2012
  16. ^ (fr)Mediatheque Cité Musique
  17. ^ http://www.vanityfair.com, Robinson, Lisa, Legends, "The World of Serge Gainsbourg," November, 2007, retrieved 3 September 2012
  18. ^ http://www.notablebiography.com Diarsipkan 2019-08-22 di Wayback Machine., "Serge Gainsbourg," retrieved 3 September 2012
  19. ^ a b Adams, William Lee (26 January 2010). "French Chanteuse Charlotte Gainsbourg". TIME. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-29. Diakses tanggal 2019-05-13. 
  20. ^ "Best-Looking Couples Ever". LIFE.com. See Your World LLC. [pranala nonaktif permanen]
    JoAnne Good (9 July 2011). "Inside Travel: Pooches in Paris". independent.co.uk. 
    "Serge Gainsbourg's women: the music". The Telegraph. Telegraph Media Group Limited. 7 February 2011. 
    "Birkin, Bardot and Gainsbourg, the accidental sex symbol". The Guardian. Guardian News and Media Limited. 5 July 2010. 
    "Jane Birkin". Apple Inc. 
  21. ^ "Skandal-Skandal Seniman Pemalu Serge Gainsbourg". tirto.id. 
  22. ^ Wyatt, Petronella (25 January 2008). "Jane Birkin reveals the naked truth about being a Sixties' icon". Daily Mail. London. 
  23. ^ "Serge Gainsbourg: "au bois, je me suis fait..."". chartsinfrance.net. 
  24. ^ "Oser en parler » - Ce qu'est réellement l'homosexualité". www.oserenparler.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-13. Diakses tanggal 2019-05-13. 
  25. ^ Album notes from Initials SG
  26. ^ Batteur Magazine, France, 2003
  27. ^ a b Chrisafis, Angelique, The Guardian (14 April 2006). "Gainsbourg, je t'aime". London. 
  28. ^ "Play Blessures". Les Inrocks (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2017-10-29. 
  29. ^ Roughly 75 €, but in 1984, 500 FF represented one-sixth of the net minimum monthly wage in France
  30. ^ Hodgkinson, Will, The Guardian (5 February 2003). "Serge, mon amour". London. 
  31. ^ a b Kent, Nick, The Guardian (15 April 2006). "What a drag". London. 
  32. ^ A controversial video for Lemon Incest featured a half-naked Gainsbourg lying on a bed with his daughter Charlotte. Phrases from the song include L'amour que nous ne ferons jamais ensemble/ Est le plus beau le plus violent/ Le plus pur le plus enivrant (The love that we will never make together/ is the most beautiful, the most violent/ The most pure, the most heady).
  33. ^ https://www.imdb.com/title/tt0090647/?ref_=nm_flmg_wr_7
  34. ^ https://www.imdb.com/name/nm0006092/?ref_=tt_ov_wr
  35. ^ "Tam Tam Books". Tam Tam Books. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-01. Diakses tanggal 25 January 2011. 
  36. ^ Simmons, Sylvie, The Guardian (2 February 2001). "The eyes have it". London. 
  37. ^ Bart Plantenga (2014). "Serge Gainsbourg: The Obscurity of Fame". wfmu.org. wfmu.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-07. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  38. ^ Jody Macgregor (16 April 2014). "8 secret music destinations you need to visit right now". Faster Louder. Faster Louder Pty Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-26. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  39. ^ César Awards 2011 imdb.com
  40. ^ Holman, Rachel (3 March 2013). "Twenty years on, Gainsbourg remains France's favourite 'enfant terrible'". France 24. Diakses tanggal 10 November 2015. Frédéric Sanchez, who curated “Gainsbourg 2008” in Paris, describes him as, “one of the most important artists of the 20th century”. 
  41. ^ Litchfield, John (23 October 2011). "Je t'aime (again): The French love affair with Serge Gainsbourg". The Independent. Diakses tanggal 10 November 2015. The curator of the exhibition, Frédéric Sanchez, describes the choice of Gainsbourg as a "consecration" and an "apotheosis". 
  42. ^ Hung, Steffen. "lescharts.com - Discographie Serge Gainsbourg". lescharts.com. 
  43. ^ Lesueur, InfoDisc, Daniel Lesueur, Dominic Durand,. "InfoDisc : Tous les Albums classés par Artiste". www.infodisc.fr. 
  44. ^ Lesueur, InfoDisc, Daniel Lesueur, Dominic Durand,. "InfoDisc : Tous les Albums classés par Artiste". www.infodisc.fr. 
  45. ^ a b c d e Lesueur, InfoDisc, Daniel Lesueur, Dominic Durand,. "InfoDisc : Les Certifications Officielles des Formats Longs ((33 T. / CD / Albums / Téléchargements depuis 1973". www.infodisc.fr.