Samurai Warriors 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Samurai Warriors 4
PublikasiPlayStation 3, PlayStation Vita
  • JP: 20 Maret 2014[2]
  • EU: 24 Oktober 2014[1]
  • NA: 21 Oktober 2014
PlayStation 4
  • JP: 4 September 2014[3]
  • EU: 24 Oktober 2014
  • NA: 21 Oktober 2014
II
  • JP: 11 Februari 2015
  • NA: 29 September 2015[4]
  • EU: 2 Oktober 2015[4]
Empires
  • JP: 17 September 2015
  • EU: 11 Maret 2016
  • NA: 15 Maret 2016
DX
  • JP: 14 Maret 2019
GenreHack and slash
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation Vita, PlayStation 3, PlayStation 4 dan Windows
ModePermainan video pemain tunggal dan co-op mode
Formatdistribusi digital
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangOmega Force
PenyuntingKoei
PengarahOsamu Mieda
ProdusenHisashi Koinuma
DesainerMyamosu Iko
PenerbitKoei Tecmo
Informasi tambahan
Situs webkoeitecmoamerica.com…
MobyGamessamurai-warriors-4 dan sengoku-musou-4-treasure-box
Steam348470
Bagian dari Samurai Warriors
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Samurai Warriors 4, yang dikenal di Jepang sebagai Sengoku Musou 4 (戦国無双4),adalah game hack and slash dari Koei Tecmo, dan sekuel dari Samurai Warriors 3. Tidak seperti game Samurai Warriors sebelumnya, pertama kalinya SinemArt tidak ikut memproduksi pengisi suara bahasa Inggris dalam seri ini, karena hanya menggunakan bahasa Jepang.

Sebuah reboot dari seri berjudul Samurai Warriors 5 yang dirilis pada bulan Juni 2021.

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Game ini dibuat untuk merayakan ulang tahun kesepuluh seri tersebut. Sementara game tersebut dipastikan sedang dalam pengembangan untuk PlayStation 3 awal 2012,[5]baru pada Konferensi Pers SCEJA pada bulan September 2013 game tersebut secara resmi diumumkan, dengan versi untuk PlayStation Vita selain PlayStation 3, dan dirilis pada 20 Maret 2014, di Jepang.[6][7][8] Promo pertama Samurai Warriors 4 terungkap pada 7 Desember 2013.[9] Versi port PlayStation 4 diikuti pada 4 September 2014. Itu juga dirilis di Amerika Utara pada 21 Oktober 2014, dan Eropa pada 24 Oktober 2014.[1]

Versi revisi, Samurai Warriors 4-II (戦国無双4-II, Sengoku Musō 4-II) dirilis pada 11 Februari 2015, di Jepang dan dirilis di Amerika Utara pada 29 September 2015, dan di Eropa pada 2 Oktober 2015, tetapi tidak memuat cerita asli dari Samurai Warriors 4. Ekspansi kedua, Samurai Warriors 4: Empires (戦国無双4 Empires, Sengoku Musō 4 Empires) dirilis di Jepang pada 17 September 2015, dan di Amerika Utara dan Eropa pada 2016.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Game ini menampilkan pergantian karakter, mirip dengan spin-off, Samurai Warriors: Chronicles, dengan mana pemain dapat membawa dua karakter ke dalam pertempuran secara bersamaan, dan dengan bebas beralih di antara keduanya.

Dua gerakan baru, "Hyper Attacks" dan "Rage Mode" ditampilkan dalam game ini:

  • Hyper Attacks adalah gerakan sekunder yang tersedia untuk semua karakter yang memungkinkan pemain untuk menyapu dan membersihkan kerumunan musuh dengan animasi yang gagah, meskipun tidak berguna melawan petugas musuh, karena mereka akan membelokkannya atau sebaliknya kebal terhadapnya.
  • Rage Mode membuat pemain tak terkalahkan untuk jangka waktu tertentu, dan juga meningkatkan serangan pemain serta memperkuat serangan Musou mereka dengan menggunakan Pengukur Roh.

Duel ditampilkan, yang terjadi saat karakter yang dikendalikan pemain bertemu dengan petugas musuh dalam kondisi tertentu. Create-a-warrior Mode dipertahankan; itu menampilkan konten yang jauh lebih luas, termasuk penambahan dua gerakan senjata dari protagonis pria dan wanita Samurai Warriors: Chronicles selain tiga dari game sebelumnya. Karakter khusus juga dapat dimainkan di "Chronicle Mode" yang baru, di mana pemain dapat menerima permintaan untuk jenderal khusus mereka.[8] Ada juga opsi yang memungkinkan Anda mematikan karakter wanita.[10]

Story Mode juga dirubah; itu tidak lagi menggunakan format cerita-per-karakter tradisional dari game sebelumnya dan malah menampilkan sepuluh cerita berdasarkan klan dan wilayah selama periode Sengoku, mirip dengan mode cerita berbasis kerajaan yang diterapkan baru-baru ini dari game Dynasty Warriors.[2]

Setiap tahap menawarkan pilihan karakter yang dapat dimainkan untuk digunakan pemain sesuai dengan partisipasi mereka dalam pertempuran; akibatnya, beberapa karakter tidak muncul dalam cerita, meskipun masih muncul dalam Mode Chronicle tersebut. Semua cerita mengarah ke dua cerita terpisah: "Unifikasi", yang terutama menceritakan tentang penaklukan Jepang oleh Hideyoshi Toyotomi serta konflik antara tentara Timur dan Barat setelah kematian Hideyoshi yang mengarah ke Battle of Sekigahara dan kebangkitan dari Tokugawa shogunate;dan cerita "Sanada", cerita paralel dengan Unifikasi yang berfokus pada Sanada clan.

Musou Attacks sekarang memiliki animasi finishing baru yang terpisah dari True Musou mereka, tetapi mereka tidak lagi mengizinkan aksi bebas untuk durasinya. Jendral musuh masih menggunakan pelapis gelombang kejut yang lebih tua, dan tidak lagi sepenuhnya tak terkalahkan selama durasinya (mereka malah diberikan Hyper Armor).

Cerita[sunting | sunting sumber]

Seperti game seri sebelumnya, latar dan cerita Samurai Warriors 4 berpusat pada Sengoku Jidai di Jepang, periode banyak konflik militer dan perang politik di mana Jepang dibagi antara wilayah yang diperintah daimyō yang berlangsung dari pertengahan abad ke-16 hingga awal abad ke-17. Namun, peristiwa yang digambarkan diromantisasi, dan mungkin faktual atau tidak; Misalnya, Nobuyuki Sanada dan saudaranya, Yukimura Sanada, ditunjukkan untuk berpartisipasi dalam battle of Kawanakajima, epadahal keduanya belum lahir saat itu. Banyak tokoh dengan sedikit relevansi dengan periode tersebut, terutama wanita yang sebagian besar tidak terlibat dalam pertempuran, memiliki peran yang lebih besar; Koshōshō, terkenal karena keberadaannya Istri Motochika Chōsokabe dalam kehidupan nyata, menjadi saingan utamanya dalam penaklukannya Shikoku dan merupakan perwakilan dari Miyoshi clan di game ini. Unlike game sebelumnya, tidak ada rute hipotetis, akibatnya nasib karakter dimainkan sesuai sejarah.

Pertempuran paling awal yang digambarkan dalam game ini adalah battle of Itsukushima, berjuang antara Mōri clan dan Ōuchi clan pada tahun 1555, dengan siege of Osaka, berjuang antaraTokugawa clan dan Toyotomi clan pada 1614-1615, sebagai pertempuran penutup permainan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Game ini menampilkan total 55 karakter. Hampir semua karakter dari game sebelumnya kembali,[8] termasuk tiga karakter (Goemon Ishikawa, Kojirō Sasaki, dan Musashi Miyamoto) yang dipotong dari seri utama di Samurai Warriors 3 (di Samurai Warriors 2 untuk Goemon). Tiga karakter: Munenori Yagyū, Naotora Ii, dan Takatora Tōdō juga membuat debut mereka di serial utama di sini setelah diperkenalkan di spin-off Sengoku Musou: Chronicle 2; mereka dihitung sebagai karakter baru dalam materi promosi.

Selain karakter yang kembali, game ini juga memperkenalkan sembilan karakter baru, beberapa di antaranya adalah mantan perwira umum yang tidak dapat dimainkan. Selain karakter yang dapat dimainkan penuh, beberapa petugas generik dapat dibuat dapat dimainkan secara semu dengan merekrut mereka sebagai mitra dalam Chronicle Mode.

Pembaruan II menambahkan Naomasa Ii ke daftar, menjadikan jumlah karakter menjadi 56.

* menunjukkan karakter yang ditambahkan dalam ekspansi

Bold menunjukkan karakter default

SW SW2 SW3 SW4
Goemon Ishikawa Ginchiyo Tachibana Aya Hisahide Matsunaga
Hanzō Hattori Gracia Hanbei Takenaka Kagekatsu Uesugi
Hideyoshi Toyotomi Ieyasu Tokugawa Kai Kojūrō Katakura
Ina Kanetsugu Naoe Kanbei Kuroda Koshōshō
Keiji Maeda Katsuie Shibata Kiyomasa Katō Lady Hayakawa
Kenshin Uesugi Kojirō Sasaki Masanori Fukushima Naomasa Ii*
Kunoichi Kotarō Fūma Motonari Mōri Nobuyuki Sanada
Magoichi Saika Mitsunari Ishida Munenori Yagyū Takakage Kobayakawa
Masamune Date Motochika Chōsokabe Muneshige Tachibana Toyohisa Shimazu
Mitsuhide Akechi Musashi Miyamoto Naotora Ii Yoshitsugu Ōtani
Nobunaga Oda Nagamasa Azai Takatora Tōdō
Nene Ujiyasu Hōjō
Oichi Sakon Shima
Okuni Toshiie Maeda
Ranmaru Mori Yoshihiro Shimazu
Shingen Takeda
Tadakatsu Honda
Yoshimoto Imagawa
Yukimura Sanada

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Samurai Warriors 4[sunting | sunting sumber]

Game ini mendapat ulasan positif, pada saat itu menjadi entri dengan rating tertinggi dalam seri ini (hingga rilis Samurai Warriors 5 di 2021). dengan Famitsu memberikan skor 34 dari 40 di versi PlayStation 3 dan PlayStation Vita.[15] Selama minggu pertama perilisan di Jepang, versi PS3 dari game tersebut terjual 120.452 eksemplar ritel fisik, menduduki peringkat kedua di antara semua penjualan perangkat lunak Jepang dalam minggu itu, sementara versi PS Vita terjual 39.597 eksemplar ritel fisik..[17] Versi PS4, sementara itu terjual 11.757 eksemplar eceran fisik selama minggu pertama peluncurannya di Jepang.[18]

Samurai Warriors 4-II[sunting | sunting sumber]

Samurai Warriors 4-II telah menerima penerimaan rata-rata, mencetak 73 dari 100 untuk versi PlayStation 4 dari Metacritic. Selama minggu debut perilisannya di Jepang, versi update dari game aslinya telah terjual sebanyak 44.574 unit di PS3,[23] 23.519 unit di PS Vita[23] dan 22.468 unit di PS4.[23]

Media terkait[sunting | sunting sumber]

Spin-off dan ekspansi[sunting | sunting sumber]

Pemeran karakter dan visual game digunakan dalam Sengoku Musou Shoot (戦国無双 シュート, Sengoku Musō Shūto), sebuah game spin-off sosial yang dirilis pada 22 April 2014 untuk ponsel juga untuk memperingati 10 tahun serial tersebut. Koei Tecmo berkolaborasi dengan Asosiasi Balap Jepang (JRA) merilis Derby Musō (ダービー無双) pada 25 Mei 2014 untuk PC. Derby Musō menggunakan kembali aset dari Samurai Warriors 4 untuk membuat game pacuan kuda, seperti yang ada di seri Winning Post, dengan kuda pacu Jepang yang terkenal. Delapan karakter dari Samurai Warriors 4 menjadi pemeran yang dapat dimainkan, plus Matthew C. Perry (dikenal dalam game sebagai Perry).

TGame ini mendapat revisi berjudul Samurai Warriors 4-II (戦国無双4-II, Sengoku Musō 4-II),yang dirilis di Jepang pada 11 Februari 2015, Amerika Utara pada 29 September 2015, dan di Eropa pada 2 Oktober 2015. Ini digambarkan bukan sebagai kelanjutan atau ekspansi Xtreme Legends seperti game sebelumnya; sebaliknya, ini memberikan fokus yang "berbeda" dari game yang sama. Pemain memilih karakter sebagai protagonis mereka untuk skenario yang dipilih, yang memiliki perkembangan berbeda tergantung pada karakter yang dipilih. Mode Dream Castle, pertama kali diperkenalkan di Samurai Warriors: Chronicles 3 juga hadir di dalam game. Game ini menambahkan satu karakter baru, Naomasa Ii, ke daftar karakter. Ekspansi kedua, Samurai Warriors 4: Empires (戦国無双4 Empires, Sengoku Musō 4 Empires) was released in Japan on September 17, 2015, for the PS3, PS4, and PS Vita, with a release in North America and Europe in 2016. The gameplay lebih berfokus pada strategi seperti dalam ekspansi Kerajaan lainnya, dengan pemain mengeluarkan perintah dan menerima saran ke dan dari perwira militer bawahan mereka. "Administrasi Domestik Residen" baru telah ditambahkan. Menampilkan lebih dari 100 perwira umum, termasuk perwira wanita, ini menggabungkan sistem pernikahan untuk pertama kalinya, yang juga diterapkan oleh serial saudara Dynasty Warriors dalam ekspansi Kerajaan mereka. Gim ini tidak menambahkan karakter baru, tetapi sebagai gantinya, lebih banyak acara baru, seperti interaksi antar karakter, ditambahkan. Gim ini juga didukung oleh kostum DLC untuk semua karakter (pada gim aslinya, fokus kostum DLC hanya pada karakter wanita).

Pada 3 Desember 2018, Koei mengumumkan Sengoku Musō 4 DX (戦国無双4 DX) untuk PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Ini mencakup lebih dari 150 DLC yang dirilis sebelumnya untuk game tersebut, termasuk kostum, senjata, bagian kustomisasi, dan lainnya. Edisi "Ulang Tahun ke-15" juga tersedia, yang mencakup buku seni, set soundtrack dan video musik, dan satu set kartu pos. Ini dirilis di Jepang pada 14 Maret 2019.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah acara khusus TV animasi berjudul Samurai Warriors Special: Legend of the Sanada (戦国無双SP ~真田の章~, Sengoku Musō SP ~Sanada no Shō~) ditayangkan pada 21 Maret 2014, sebagai bagian dari peringatan 10 tahun serial tersebut. Disutradarai oleh Kōjin Ochi dan dianimasikan oleh TYO Animations dengan skenario yang disediakan oleh Yuka Yamada.[24] Ini menampilkan pemeran asli dari seri game. Itu didasarkan pada pertempuran awal dalam permainan, yaitu pengepungan kastil Ueda antara Sanada clan dan Tokugawa clan, menampilkan Yukimura Sanada dan Nobuyuki Sanada sebagai karakter utama, dan Tadakatsu Honda, Mitsunari Ishida, Kanetsugu Naoe, Kunoichi, Ina, dan Ieyasu Tokugawa dalam peran pendukung. Akhir dari spesial, yang menampilkan cameo oleh Kagekatsu Uesugi dan Nobunaga Oda, menggoda adaptasi anime penuh, dengan judul sederhana Samurai Warriors, kembali disutradarai oleh Kojin Ochi dan dianimasikan oleh TYO Animations, yang ditayangkan antara 11 Januari 2015 hingga 29 Maret 2015, dengan total 12 episode. Itu melampaui pengepungan kastil Ueda dan mencakup seluruh garis waktu permainan mulai dari pengepungan kastil Odawara, dan berakhir pada kampanye Osaka, meskipun secara khusus berfokus pada klan Sanada. Lebih banyak karakter yang ditampilkan di anime, termasuk Hidetada Tokugawa dan Hideyori Toyotomi, keduanya menerima desain karakter baru karena keduanya tidak pernah dapat dimainkan di game seri mana pun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Samurai Warriors 4 Coming To The West This Fall". Siliconera. May 21, 2014. Diakses tanggal May 21, 2014. 
  2. ^ a b "Samurai Warriors 4 Adds The Vicious Matsunaga Hisahide". Siliconera. November 6, 2013. Diakses tanggal November 6, 2013. 
  3. ^ "Samurai Warriors 4 Is Coming To PlayStation 4 On September 4". Siliconera. May 27, 2014. Diakses tanggal May 27, 2014. 
  4. ^ a b McWhertor, Michael (May 20, 2015). "Samurai Warriors 4 getting a sequel on PC and PlayStation that's not Samurai Warriors 5". Polygon. Diakses tanggal May 21, 2015. 
  5. ^ "Samurai Warriors 4 Targeted For February 2014 Release". Andriasang. July 26, 2012. Diakses tanggal July 28, 2012. 
  6. ^ 2013-09-09, Samurai Warriors 4, Kagero sequel announced for PS Vita, Gematsu
  7. ^ 2013-09-09, 【速報】プレイステーション Vitaで『戦国無双4』と『影牢 ダークサイド・プリンセス』が発売決定【SCEJAプレスカンファレンス】, Famitsu
  8. ^ a b c "Samurai Warriors 4 Coming In Spring 2014 For PS3 And Vita". Siliconera. October 1, 2013. Diakses tanggal October 2, 2013. 
  9. ^ "Samurai Warriors 4's 1st Promo Video Previews Main Cast". Anime News Network. December 7, 2013. Diakses tanggal December 7, 2019. 
  10. ^ "Samurai Warriors 4 Empires Gives You the Option to Disallow Female Officers". twinfinite. 12 March 2016. Diakses tanggal 15 June 2022. 
  11. ^ "Samurai Warriors 4 for PlayStation 4". GameRankings. Diakses tanggal October 26, 2015. 
  12. ^ "Samurai Warriors 4 Critic Reviews for PlayStation 4". Metacritic. Diakses tanggal October 26, 2015. 
  13. ^ "Samurai Warriors 4 for PlayStation Vita Reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 26, 2015. 
  14. ^ Carter, Chris (October 21, 2014). "Review: Samurai Warriors 4". Destructoid. 
  15. ^ a b Romano, Sal (March 11, 2014). "Famitsu Review Scores: Issue 1319". Gematsu. 
  16. ^ Beck, Adam (October 24, 2014). "Review: Samurai Warriors 4". Hardcore Gamer. Diakses tanggal November 30, 2014. 
  17. ^ 2014-03-26, Media Create Sales: 3/17/14 – 3/23/14, Gematsu
  18. ^ 2014-09-14, Media Create Sales: 9/1/14 – 9/7/14, Gematsu
  19. ^ "Famitsu Review Scores: Issue 1366". Gematsu. 3 February 2015. Diakses tanggal 13 July 2022. 
  20. ^ Bohn, Jason (October 5, 2015). "Review: Samurai Warriors 4-II". Hardcore Gamer. Diakses tanggal October 7, 2015. 
  21. ^ "Samurai Warriors 4-II - Análisis - Más soldados, que son gratis..." (dalam bahasa Spanyol). IGN España. September 29, 2015. Diakses tanggal October 7, 2015. 
  22. ^ "Samurai Warriors 4-II for PlayStation 4 Reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 26, 2015. 
  23. ^ a b c "Media Create Sales: 2/9/15 – 2/15/15". 18 February 2015. 
  24. ^ "Ryota Takeuchi, Juurouta Kosugi, Unshou Ishizuka Join Sengoku Musou Special's Cast". Anime News Network. February 10, 2014. Diakses tanggal February 10, 2020. 

Pranata luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Musou series