PlayStation Vita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

PlayStation Vita (PSVita) adalah konsol permainan video game yang diluncurkan oleh Sony Computer Entertainment setelah meraih kesuksesan oleh PlayStation Portable (PSP) generasi pertama. PlayStation Vita yang berarti hidup dalam bahasa latin, secara resmi diperkenalkan oleh Sony pada saat acara Electronic Entertainment Expo (E3), di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 6 Juni 2011. PlayStation Vita mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Konektivitas menjadi andalan Sony pada PlayStation Vita. PlayStation Vita mempunyai spesifikasi 2 stik analog, 6-axis motion sensor, mempunyai 2 kamera di depan dan di belakang, dan mempunyai layar sentuh berjenis OLED (960 x 544 pixel). Tidak seperti versi PlayStation Portable sebelumnya yang hanya menggunakan Wi-Fi, pada PlayStation Vita Sony meluncurkan 2 versi. PlayStation Vita dengan versi Wi-Fi dan PlayStation Vita dengan versi Wi-Fi dan 3G. Sony menggandeng AT&T untuk memperluas dan meningkatkan pasar penjualan PlayStation Vita.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

PlayStation Vita (PSVita) mempunyai desain yang jauh berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya. Desain PlayStation Vita dibuat untuk mengutamakan kenyamanan. Dengan lekukan yang dirancang khusus agar saat berada ditangan terasa nyaman sampai dengan bentuknya yang tipis sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana saja dan dimainkan kapan saja. PlayStation Vita mempunyai lebar 7,2 inci dan tinggi 4,4 inci. Untuk layarnya PlayStation Vita mempunyai layar yang lebih besar dan resolusi gambar yang lebih bagus. PlayStation Vita menggunakan 5 inci layar sentuh OLED dengan resolusi 960 x 544 pixel. Dengan menggunakan perangkat internal ARM Cortex-A9 prosesor dan SGX543MP4 unit grafis. Untuk memenuhi kritik akan PlayStation Portable versi sebelumnya yang hanya menggunakan 1 stik analog, PlayStation Vita mempunyai 2 stik analog dan 6-axis motion sensor. PlayStation Vita juga mempunyai kamera pada bagian depan dan belakang yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah dan sensor. Tidak seperti generasi sebelumnya yang menggunakan Universal Media Disc(UMD) untuk media penyimpanan, PlayStation Vita menggunakan format terbaru yaitu NVG Card. PlayStation Vita selain menggunakan Wi-Fi juga didukung oleh 3G yang akan membuat pengguna PlayStation Vita dapat bermain online, berbagi video dan gambar, dan mengakses internet dimanapun dan kapanpun.

Spesifikasi PSVita Keterangan
CPU ARM Cortex-A9 core (4 core)
GPU SGX543MP4 unit grafis
Layar 5 inci (16:9) layar sentuh OLED, 960 x 544 pixel, 16 juta warna
Kamera Kamera depan, Kamera belakang
Koneksi 3G, Wi-Fi, Bluetooth 2.1+EDR
Media NVG Card


Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan terbaik yang disediakan Sony untuk PlayStation Vita saat ini seperti Uncharted : Golden Abyss, Little Big Planet, Hot Shots Golf, WipeOut, dan Hustle King. PlayStation Vita juga mempunyai trophy pada setiap permainan yang membedakan dari versi sebelumnya. Bahkan dengan adanya layar sentuh pada PlayStation Vita membuat adanya trik - trik baru dalam permainan, seperti dalam Uncharted : Golden Abyss, dengan sentuhan pada layar kita dapat menyesuaikan kamera pada saat sedang bermain. Banyak berbagai layanan dan hal baru dalam setiap permainan di PlayStation Vita yang ditawarkan oleh Sony.

Harga[sunting | sunting sumber]

Pada saat pergelaran akbar Electronic Entertainment Expo (E3), di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 6 Juni 2011. Selain secara resmi memperkenalkan PlayStation Vita kepada publik, Sony juga membuka harga untuk PlayStation Vita. Mulai dari $249 untuk Wi-Fi. Untuk 3G dan Wi-Fi Sony membuka harga $299.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]