Running Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SBS Running Man
RunningMan.jpg
Don't walk but run!
Genre acara permainan-varietas, Komedi
Pemeran Yu Jae-suk
Gary
Ha-ha
Ji Suk-jin
Kim Jong-kook
Lee Kwang-soo
Song Ji-hyo
Song Joong-ki (Ep.1-41)
Lizzy (After School) (Ep.18-26)
Negara Korea Selatan
Bahasa Korea
Jumlah episode 191 (sejak 30 Maret 2014) (Daftar episode)
Produksi
Produser Jo Hyo-jin
Im Hyung-taek
Durasi 50-95 menit per episode
Siaran
Saluran asli SBS
Format gambar 1080i (HDTV)
Format audio Stereo
Penayangan awal 11 Juli 2010 – Sekarang
Kronologi
Diawali oleh Family Outing 2
Tayangan terkait Good Sunday
Pranala luar
http://tv.sbs.co.kr/newsunday

Running Man (bahasa Korea: 런닝맨) adalah sebuah acara varietas dari Korea Selatan. Pertama kali ditayangkan tanggal 11 Juli 2010 di SBS.[1] Acara ini merupakan lanjutan dari variety show Korea juga, Family Outing. Pembawa acara sekaligus pemainnya adalah Yoo Jae-Seok. Variety show ini menampilkan beberapa permainan yang dilakukan pertim, dapat 2 tim, 3 tim maupun 4 tim. Kadang seseorang berbuat curang untuk dapat memenangkan permainan, namun Production Team (PD) sering menyatakan bahwa pelanggaran itu tidak sah. Di antara pemain ini, terdapat juga VJ, yang selalu mendamping pemain dalam jalan permainan.

Format[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Sejak episode 48, anggota dan bintang tamu mengambil bagian dalam serangkaian misi untuk menjadi pemenang di akhir lomba. Format acara itu bergerak menjauh dari format "misi perlombaan + misi lain" ke satu pertandingan panjang yang ketat dengan misi saat balapan.

Sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Episode 1[sunting | sunting sumber]

MC dan tamu yang terkunci dalam suatu tempat (mal, museum, dsb) selama jam tutup dan diminta untuk pergi sebelum jam buka. Dalam episode pertama, mereka dibagi menjadi dua tim dan berlari untuk menemukan kode tersembunyi dalam tempat tersebut yang diperlukan untuk membuka pintu utama.[2] Dengan total 5 nomor, setelah satu ditemukan, permainan ini dimainkan untuk menentukan tim mana yang akan mulai pertama dalam perlombaan berikutnya, dan tim yang kalah menerima hukuman sementara tim lainnya diberi mulai lebih awal. Setelah semua angka yang ditemukan oleh salah satu tim, mereka mendekati pintu utama dan memasukkan kode yang mereka yakini benar. Tim yang benar telah diizinkan meninggalkan tempat tersebut sedangkan tim yang kalah diminta untuk menyelesaikan hukuman di dalamnya.[3]

Episode 2-5[sunting | sunting sumber]

Dari episode kedua hingga episode kelima, kedua tim bersaing untuk menemukan celengan babi emas diisi dengan uang yang tersembunyi di dalam suatu tempat, dan berpartisipasi dalam permainan dalam upaya untuk memenangkan lebih banyak uang. Pada akhir setiap episode, tim dengan uang paling banyak dinyatakan sebagai pemenang dan diizinkan meninggalkan tengara sedangkan tim yang kalah menerima hukuman. Uang yang dikumpulkan oleh tim disumbangkan untuk menghormati tim pemenang itu. Pemirsa dapat memilih di homepage resmi Running Man pada siapa yang mereka percaya akan menjadi tim pemenang, dan penampil beruntung yang menebak dengan benar diizinkan untuk memilikinya/namanya termasuk dalam donasi.[4]

Episode 6-10[sunting | sunting sumber]

Dari episode 6 sampai 10, sebuah format permainan yang konsisten digunakan di mana kedua tim bersaing untuk mendapatkan Running Man Balls yang paling banyak (disingkat menjadi Running Balls di episode berikutnya). Running Balls diberikan kepada tim yang menemukan bola, dan juga diberikan kepada individu yang memenangkan permainan, yang menerima Running Ball sesuai warna tim mereka (biru atau merah).[5] Setiap permainan dan ras yang disebut sebagai pertandingan, dan adalah sebagai berikut:

  • Misi 1 : menampilkan permainan yang berkaitan dengan tengara (tempat mereka bertanding). Sebelumnya, Photo Zone Game dimainkan di setiap tengara.
  • Misi 2 : adalah misi perlombaan.
  • Misi 3 : adalah Kenyamanan Waktu untuk Secangkir Teh. Misi ini dihentikan setelah episode sepuluh karena kontroversi.[6]
  • Misi 4 : adalah Morning Team Sports. Misi ini ditayangkan secara penuh hanya di episode enam, dan menyoroti hanya ditunjukkan di episode tujuh karena kendala waktu.

Pada akhir setiap episode, Running Man Balls dikumpulkan sepanjang malam ditempatkan menjadi mesin lotere, dan warna bola pertama dikeluarkan menentukan tim pemenang untuk malam. Tim yang kalah diminta untuk perjalanan pulang menggunakan transportasi umum saat melakukan hukuman yang memalukan.

Episode 11-25[sunting | sunting sumber]

Pada episode kesebelas, anggota dan tamu Running man tidak lagi dibagi menjadi dua tim utama kecuali selama misi perlombaan, dengan tim yang lebih kecil atau individu game-play yang digunakan selama misi lainnya. Setiap orang secara individual memperoleh Running Ball diseluruh misi dan bola dipilih selama segmen mesin lotere mewakili individu yang adalah pemenang malam ini. Format misi juga berubah:

  • Misi 1 adalah Challenge 1 vs. X.
  • Misi 2 adalah Find the Thief. Dari episode 15 ini diubah menjadi permainan yang berbeda terkait dengan tengara.
  • Misi 3 adalah misi perlombaan, Bells Hide and Seek.

Pada episode kedelapan belas, hanya mereka yang tidak mendapatkan Running Balls sama sekali sepanjang malam dihukum.

Episode 26-43[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan episode dua puluh enam, misi perlombaan, Bells Hide and Seek, diganti menjadi misi Find the Guests. MC dan tamu terkunci di dalam tengara dan diminta untuk mendapatkan Running Balls untuk kesempatan untuk lolos dari hukuman. Melalui serangkaian misi, para anggota Running Man yang membagi menjadi beberapa tim dan/atau secara individu memperoleh Running Balls. Format untuk misi di episode 26-43 adalah:

  • Misi 1 adalah misi perlombaan, Find the Guests. Dari episode 39-41, hal ini adalah Catch the Running Man.
  • Misi 2 menampilkan game yang berkaitan dengan tengara.
  • Misi 3 adalah tantangan One Chance, yang dimainkan di episode 27 hingga 31.

Jika ada banyak anggota tanpa Running Balls, mereka secara otomatis dihukum dan undian tidak dilakukan. Selain itu, jika anggota berhasil dalam misi One Chance, mereka semua dibebaskan dari hukuman terlepas dari berapa banyak Running Balls yang masing-masing dimiliki.

Episode 44-47[sunting | sunting sumber]

Dari episode 44-47, staf tengara memilih yang mereka percayai akan menjadi pemenang dari game dan menjadi pendukung anggota/tim. Tim yang diputuskan oleh pemenang misi perlombaan, yang menerima Running Ball pertama, dan kedua tim kemudian bersaing untuk mengumpulkan lebih banyak Running Balls di seluruh misi yang tersebar di dua hari (dua episode). Format untuk misi adalah sebagai berikut:

  • Misi 1 adalah misi perlombaan, Find the Guests.
  • Misi 2 menampilkan misi yang terkait dengan staf tengara.
  • Misi 3 adalah misi perlombaan yang kedua.
  • Misi 4 menampilkan misi yang terkait dengan tengara.

Tim dengan Running Balls terbanyak dinyatakan pemenang dan pendukung mereka menerima bonus dari bos mereka.


Special Series[sunting | sunting sumber]

Sepanjang Sejarah Running Man, Seri khusus telah berkembang dengan episode cerita dan film seperti. Banyak dari seri ini telah dipuji karena sensasi dan kegembiraan, dan dianggap sebagai beberapa episode kualitas yang lebih tinggi dari Running Man.[7]

Yu-mes Bond[sunting | sunting sumber]

  • Episodes 38, 91, 140

Seri Yu-Mes Bond terkenal dengan Protagonisnya, Yu Jae-suk sebagai Yu-mes Bond, yang dikenal Menggunakan Pistol air untuk Mengeliminasi musunya untuk menyelesaikan misi. Seri ini dilengkapi Yu Jae-suk terhadap anggota Runnin Man lainnya, yang tidak tahu bahwa Yu Jae-suk adalah lawan mereka. Dalam episode 38, Selama misi Temukan Bintang tamu,Sebenarnya tidak ada bintang tamu dan Yu Jae-suk diberi misi untuk diam-diam Mengeleminasi anggota lain dengan menyemprotkan tag nama mereka dengan pistol air. Ini adalah pertama kalinya Yu-mes Bond muncul sebagai karakter. setahun kemudian, Yu-mes bond kembali hadir untuk ulang tahun pertamanya di episode 91, dimana sekali lagi ia menentang para anggota. Semua anggota yang ditangkap karena berbagai kejahatan yang mereka lakukan. Yu Jae-suk diberi kesempatan pengampunan,dimana dia harus kembali memenjarakan seluruh anggota melarikan diri dengan menyemprotkan tag nama mereka sebelum mereka melarikan diri dari gedung. Jika dia berhasil kemabli memenjarakan anggota lain, dia akan bebas untuk meninggalkan Penajara sementara anggota lainnya harus masuk penjara dengan waktu yg di tentukan. Episode 140 menandai ulang tahun kedua dari Yu-mes bond,dimana ua dijebak untuk menyebarkan "virus Kemarahan" dan menginfeksi sesama anggota. Dia harus menemukan orang yang meniru ia dan menghilangkan mereka untuk mengambil kembali vaksin Tertawa tersebut. Pada akhir episode ini, kata-kata "Yu-mes bond Tidak Pernah mati" muncul, mengisyaratkan pada episode masa yang akan datang dalam bentuk seri. yang telah dipuji karena seperti film bukan seperti Variety show.[8][9]

Pertandingan Best of the Best[sunting | sunting sumber]

  • Episodes 42, 74, 130

The Best of The best berlangsung sesekali sebagai Kesempatan untuk Menentukan siapa yang terbaik di Running man. The Best of The Best pertama terjadi di episode 42 diawali dengan misi pertama terus dilanjutkan dengan misi mengeliminasi Anggota lainnya,Anggota yang berdir terakhir adalah Orang yang memilik gelar the best Running Man.e best of the best yang kedua terjadi di episode 74 dengan Kekuatan khusus. Setiap anggota diberikan Tenaga Super,dan dapat digunakan untuk membantu upaya mereka untuk menghilangkan anggota lain.Dua kali berturut-turut, Gary menang menjadi The Best Running Man.[10] The best of the best yang ketiga berlangsung di episode 130 dengan cerita khusus,dimana setengah dari perlombaan berlangsung pada tahun 1938 dan kemudian pada tahun 2013. Para naggota bereinkarnasi kembali dalam proses harus menemukan siapa anggota Running man yang masih hidup terakhir pada tahun 1938,dan mereka yang telah bereinkarnasi ditahun 2013, harus memecahkan misteri dan memenangkan perlombaan. Ha-ha menjadi The best of the best yang ketiga di Running Man.[11]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Nama Panggilan Durasi Karakter
Yu Jae-suk Yoo Jaesuk.jpg Yoo-ruce Willis (유르스 윌리스)
Yoo-hyuk (유혁)
Yoo-mes Bond (유임스 본드)
Grasshopper (메뚜기)
Episode 1 – sekarang Pembawa acara utama, Yu Jae-suk dikenal sebagai Yu-ruce Willis (유르스 윌리스) selama misi perlombaan mana dia pandai melarikan diri. Nama ini adalah parodi dari Bruce Willis di Die Hard. Dia juga dikenal sebagai Yu Hyuk (유혁), bertindak sebagai seorang mahasiswa populer yang dapat menari dengan baik. Di The Usual Suspects of Running Man (episode 38), Dia dikenal sebagai Yu-mes Bond (유임스 본드), mana ia harus menyamarkan sebagai tamu dan menghilangkan semua anggota dalam Find the Guests. Meskipun awalnya seorang pemain lemah dalam misi perlombaan, ia menjadi salah satu pemain kuat di kemudian hari.
Gary Kang Gary.jpg Peaceful Gary (평온개리)
Monday Boyfriend (월요남친)
Straight-Going Gary (직진개리)
Gary-sswi (개리쒸)
Wild Gary (야생개리)
Episode 1 – sekarang Tampil sebagai salah satu "variety rookies" bersama Lee Kwang-soo, dia sering mudah tertipu oleh orang lain. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari acara bersama Song Ji-hyo. Meskipun terkadang sering tak mengerti, ia ditampilkan cukup kuat selama misi lomba bahkan berhasil memenangkan kedua misi lomba khusus untuk menemukan Running Man Terbaik dan memenangkan perjalanan ke Eropa.
Ha-ha Ha Dong Hoon.jpg Haroro (하로로)
Roro (로로)
Penguin (펭귄)
Playboy (난봉꾼)
Kid (꼬마)
Episode 1 – sekarang Ha-ha biasanya diambil oleh anggota lain. Ia dikenal sebagai Ha-roro (하로로) karena penampilannya serupa dengan Pororo the Little Penguin. Selama misi perlombaan, ia disebut sebagai Ha-rad Pitt (하래드 피트), yang merupakan parodi dari Brad Pitt. Dia juga memiliki kecenderungan untuk merasa seolah-olah ia adalah pemimpin utama dalam sebuah film yang dibuat oleh imajinasinya. Ketika sesuatu tidak berjalan jalan, dia bulu mata keluar secara verbal, menyebabkan tawa besar di antara para pemain. Dia juga pemain playboy, seperti yang selalu mengaku cintanya untuk tamu perempuan.
Ji Suk-jin Ji Suk-jin.jpg Big Nose Older Brother (왕코형님)
Impala (임팔라)
Race Starter (레이스 스타터)
Episode 1 – sekarang Anggota tertua dari pertunjukan dan salah satu teman dekat Yu Jae-suk, mengenal satu sama lain selama lebih dari 20 tahun. Dia terbukti cemburu dari hubungan baik antara Yu Jae-suk dan Kim Jong-kook. Selama misi perlombaan, ia ditampilkan sebagai salah satu anggota terlemah dan adalah yang paling mudah dan paling sering dieliminasi pertama dari pemain, sehingga mudah bagi anggota lain, akan menyatakan bahwa perlombaan telah resmi dimulai setelah eliminasinya.
Kim Jong-kook Kim Jong-kook.jpg Sparta-kooks (스파르타국스)
Commander (능력자)
Kookie (꾹이)
Tiger (호랑이)
Coach Kook (코치국)
Episode 1 – sekarang Orang terkuat di acara ini, ia dikenal sebagai Sparta-kook (스파르타국스) dan Commander (능력자) untuk keahliannya dalam menangkap orang lain selama misi perlombaan, penampilan mendadak dan menunjukkan kekuatan biasanya disertai dengan ucapan "Sparta!" diambil dari film 300. Taktik cerdasnya sering berhasil untuk menghilangkan anggota lain dan sebagai hasilnya, ia dikenal karena memiliki kedua otak dan otot. Dia kerap kali juga ditampilkan untuk bertindak lucu dan memamerkan "aegyo" nya. Hanya kelemahan nyatanya adalah wanita dan ia sering diejek karena memiliki hubungan khusus terhadap Yoon Eun-hye.
Lee Kwang-soo Kwang-su.jpg Framer Kwang-soo (모함광수)
Kwang-vatar (광바타)
Giraffe (기린)
Icon of Betrayal (배신의 아이콘)
Prince of Asia (아시아 프린스)
Kwang-ja (광자)
Episode 1 – sekarang Anggota termuda dan tertinggi dari para pemain dan awalnya diperkenalkan bersama Gary dan Song Joong-ki sebagai salah satu "variety rookies" karena kurangnya pengalaman di berbagai pertunjukan sebelum Running Man. Selama episode sebelumnya ia dikenal untuk membingkai sesama anggota dengan rumor memalukan dan sering tidak masuk akal. Ia sering diejek oleh sisa pemain, terutama Kim Jong-kook, karena sifat pemalu nya serta penampilan mirip dengan spesies Na'vi di Avatar. Dia adalah salah satu pemain paling lemah dalam perlombaan dan salah satu yang pertama dieliminasi selama misi lomba. Namun, ia telah berkembang menjadi mudah mengkhianati sesama anggota tanpa keprihatinan.
Song Ji-hyo Ji-hyo.jpg Song Ji-yok (송지욕)
Mong Ji-hyo (멍지효)
Ace (에이스)
Miss Blank (미스멍)
Bad Ji-hyo (불량지효)
Monday Girlfriend (월요여친)
Blank Ji (멍지)
Gold Ji-hyo (금지효)
Episode 2 – 5 (bintang tamu)
Episode 6 – sekarang (regular)
Satu-satunya anggota wanita dalam acara, Song Ji-hyo dikenal sebagai Song Ji-hyo (송지욕), dimana "yok" berarti "bersumpah", karena "kata-kata buruk"nya terhadap beberapa anggota seperti Lee Kwang-su dan Ha-ha. Dia juga dikenal sebagai Mong Ji-hyo (멍지효), dimana "mong" berarti "bingung (blank)", karena ekspresi wajah yang membuat dia tampak bingung. Sepanjang seri, ia telah terlibat dalam Loveline utama dari pertunjukan bersama Gary. Serta, dia disebut sebagai Ace (에이스) karena kemampuannya dalam penangkapan serta kecerdasan yang sebanding dengan Kim Jong-kook.

Mantan Pemain[sunting | sunting sumber]

Nama Nama Panggilan Durasi Karakter
Lizzy Lizzy After School.jpg Busan Girl (부산 소녀) Episode 13 – 14 (bintang tamu)
Episode 18 – 26 (regular)
Awalnya muncul sebagai tamu di episode 13 dan 14, namun kemudian bergabung menjadi tokoh utama di episode 18. Lizzy dikenal untuk terlihat lucu dan "aegyo". Dia juga terbukti memiliki aksen negara ketika berbicara Korea sejak dia dari Busan di mana mereka memiliki sedikit aksen. Pada episode 26, dia meninggalkan acara ini karena kesibukannya di After School.[12]
Song Joong-ki Song Joong-ki 2.jpg Flower Joong-ki (꽃중기)
Brain Joong-ki (브레인 중기)
Active Young Man (적극청년)
Episode 1 – 41 (regular)
Episode 66 (bintang tamu)
Episode 71 (cameo)
Episode 97 (cameo)
Tampil sebagai salah satu "variety rookies" bersama Gary dan Kwang-soo, Song Joong-ki dikenal karena ketampanannya serta kepintarannya. Ia dikenal karena mampu mencari tahu teka-teki dan menyusun strategi selama misi ras. Ia juga terbukti sangat optimis dan sering terlihat mencoba hal baru tetapi akhirnya gagal. Pada episode 41, dia meninggalkan acara ini untuk fokus pada karir aktingnya.[13] Dia muncul kembali di episode 66 sebagai tamu, yang membuat para anggota terkejut. Dia juga menjadi cameo di episode 71 sebagai Sejong Joong-ki sebagai bagian dari promosi Deep Rooted Treenya serta di episode 97 sebagai anggota tim sepak bola untuk Asian Dream Cup 2012.

Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Hubungan/Relasi[sunting | sunting sumber]

Hubungan Anggota Detail
Kim Jong-kook and Two Kids (김종국과 아이둘) Kim Jong-kook, Ha-ha, Gary Sering ditemukan di tim yang sama, Ha-ha dan Gary sering muncul dengan rasa takut dan biasanya di bawah kendali Kim Jong-kook yang mendominasi.
Monday Couple (월요커플) Gary, Song Ji-hyo Loveline utama acara, mereka menunjukkan minat pada satu sama lain pada hari Senin, yang digunakan untuk menjadi hari perekaman pertunjukan (kemudian di acara itu direkam pada hari Senin dan Selasa, yang menyebabkan lelucon tentang pasangan tidak berlaku pada hari Selasa ).
Song-Song Couple (송송커플)
Song-Song Siblings (송송남매)
Song Joong-ki, Song Ji-hyo Pasangan dinamis ini dibuat resmi di episode 23, meskipun Loveline pasangan itu menarik perhatian dari episode 15 ketika Joong-Ki mencium Ji-hyo di pipi. Mereka kemudian berkembang menjadi hubungan saudara seperti sebagai Song-Song Siblings.
Same-Aged Friends (동갑내기) Lee Kwang-su, Song Joong-ki Lee Kwang-su mengaku sebagai teman dekat dengan Song Joong-ki karena usia yang sama mereka (26), tetapi Song Joong-ki sering menyangkal persahabatan dekat mereka, meninggalkan Kwang-su yang tampil tertekan. Song Joong-ki akhirnya mengakui hubungan mereka dalam sambutannya meninggalkan selama pembuatan film episode terakhirnya.
Ji Suk-jin, Lee Kwang-soo Easy Brothers (이지 브라더스) Hubungan New Dumb and Dumber pertama kali digambarkan di episode 65, ketika mereka menjadi duo kikuk, bertindak mirip dengan pasangan Dumb and Dumber dari Family Outing Mereka dinamai kembali dengan Easy Brothers ketika mereka ditunjuk mata-mata untuk Episode 68, dan petunjuk ditawarkan kepada anggota lain yang mengancam untuk mengungkapkan identitas mereka. Petunjuk itu "Easy (Mudah)", sebuah romanisasi dari kombinasi nama keluarga mereka 이 (Lee/Ea) dan 지 (Ji/Sy). Setiap kali mereka berpasangan, mereka juga dikenal untuk melakukan penghiburan "Feel, Touch, Cross!" sebelum setiap misi
YuLee (유이)
Lee-Yu (이유)
Yu Jae-suk, Lee Kwang-su Ini terbentuk ketika Yu Jae-suk dan Lee Kwang-su yang dipasangkan sebagai tim dalam Episode 90. Menggabungkan kedua nama keluarga mereka bersama-sama 유 (Yu), 이 (Lee). Sepanjang Episode 90, Yu Jae-suk dan Lee Kwang-su sering melakukan "Yulee" silang. Sering di mana, Lee Kwang-su akan menyatakan bahwa kedengarannya seperti nama Uee After School. Mereka mengatakan bahwa mereka merindukannya.
Jail Regulars Trio (감옥 단골 3인방)
Lee-Yoo-Ji Brothers (이유지 브라더스)
Lee Kwang-su, Yu Jae-suk, Ji Suk-jin Trio ini sering dihilangkan di awal waktu saat Bells Hide and Seek, dan saling bertemu di penjara. Sementara Lee-Yu-Ji adalah suatu bentuk evolusi dari Easy Brothers, diciptakan saat Ji Suk-jin mulai cemburu ketika Lee Kwang-su menjadi dekat dengan Yu Jae-suk, dan menyebut diri mereka Lee-Yu di episode 81. Menanyakan apakah Lee Kwang-su adalah dengan Easy atau yang baru Lee-Yu, Yu Jae-suk menjawab "itu adalah alasannya" ("alasannya" adalah "Lee-Yu-Ji" dalam hangul), dan Ji Suk-jin enggan bergabung dengan mereka untuk menjadi Lee-Yu-Ji, yang merupakan nama keluarga mereka yang disatukan.
Suk-Brothers (석브라더스) Yu Jae-suk, Ji Suk-jin Dua MC telah berteman dekat selama lebih dari 20 tahun dan bahwa mereka berdua memiliki "Suk" dalam nama mereka. Namun, Ji Suk-jin selalu cemburu pada hubungan yang baik Jae-suk memiliki dengan Kim Jong-kook. Dalam episode 27, Ji Suk-jin itu disebut sebagai "bunga matahari" Yu Jae-suk (selalu menghadap ke arah dia) dan secara resmi dinamai sebagai tersebut dalam Episode 40.
My Big Brother and My Little Brother (우리 형, 내 동생) Kim Jong-kook, Ha-ha Kedua sering di tim yang sama dan mereka memiliki hubungan kakak/adik selama acara tersebut.
Yoo-Ha (유하) Yu Jae-suk, Ha-ha Loveline baru ini dibentuk setelah pengumuman bahwa pemeran Ji-hyo berkencan dengan CEO perusahaannya. Ji Suk-jin berkomentar bahwa Loveline baru dibutuhkan dalam pertunjukan. Setelahnya, Ha-ha berkomentar bahwa dia mempersiapkan Loveline dan Yu Jae-Suk segera bercanda menjawab, mengatakan bahwa ia tidak bisa tidur karena dia telah berpikir tentang Ha-ha terlalu banyak.
Tiger and Giraffe (호랑이와 기린) Kim Jong-kook, Lee Kwang-su Ini dibentuk dalam Episode 82 dimana Lee Kwang-su dan Kim Jong-kook dipasangkan ke dalam tim. Jadi nama mereka dikombinasikan untuk membentuk "Kooksu" yang merupakan pelesetan karena juga berarti "Mie" di Korea. Juga, karena Kim Jong-kook menyerupai harimau dan Lee Kwang-su menyerupai jerapah, hubungan mereka juga dikenal sebagai Tiger and Giraffe (Harimau dan Jerapah). Hal ini terjadi lagi di Episode 84 dimana Lee Kwang-su dan Kim Jong-kook dipilih oleh tim lawan untuk berpasangan bersama-sama dengan borgol kertas, meninggalkan mereka berdua terjebak satu sama lain untuk sisa episode.
Traitors Club (배신자 클럽) Ha-ha, Ji Suk-jin, Lee Kwang-soo Dibentuk dalam episode 135 dan 142 ketika mereka bertiga bergabung dalam satu tim. Karena mereka sering mengkhianati anggota Running Man yang lain, tim mereka dinamakan "Traitor Club" atau "Klub Pengkhianat".

Pemenang Running Man[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah Pemenang Episode Running Man hingga Episode 178

Daftar Episode & Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

Banyak para bintang tamu berpartisipasi dalam Running Man. Berikut ini adalah daftar bintang tamu dan jumlah episode mereka berpartisipasi di acara itu. Sehubungan dengan tamu yang beralih menjadi anggota (Song Ji-hyo dan Lizzy), hanya kali mereka ditunjuk sebagai tamu yang dihitung.

Note:Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan Pencarian


Survival Race[sunting | sunting sumber]

  • Survival Race 1 (episode 42) : Gary pada tanggal 6 Mei 2011 di SBS Tanhyeon-dong Production Center
  • Survival Race 2 (episode 74) : Gary pada tanggal 25 Desember 2011 di KINTEX
  • Survival Race 3 (episode 93) : Kim Jong-kook pada tanggal 6 Mei 2012 di Seoul Land
  • Survival Race 4 (episode 130) : Ha-ha pada tanggal 27 Januari 2013 di New Seoul City Hall

Popularitas Internasional[sunting | sunting sumber]

Penyiaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2011, hak siar acara Running Man dijual kepada sembilan negara di Asia, diantaranya Taiwan, Thailand, China, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Singapore, Kamboja, dan Indonesia membuktikan Running Man sebagai sebuah program Hallyu terkenal di Asia.[14]

Pada bulan Januari 2013, SBS mengumumkan Running Man in Asia sebagai salah satu proyek besar pada tahun 2013. Produser Jo Hyo-jin, menyatakan bahwa program tersebut akan tur dua negara di Asia pada paruh pertama tahun 2013. Program ini sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Thailand, China, dan Hong Kong untuk syuting. Jo Hyo-jin juga menyebutkan minat yang diajukan oleh stasiun televisi Singapura dalam pembelian format Running Man,[15] yang menegaskan kepopuleran Running Man di Asia.[16]

Di Indonesia, Running Man dapat disaksikan melalui saluran SET One dan KTV pada televisi berlangganan.

Negara-negara yang pernah dikunjungi[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan berkembangnya popularitas Running Man, Running Man pernah mengunjungi negara-negara berikut.

Negara/Teritori Kota Episode Bintang Tamu
 Thailand Bangkok 50 Kim Min-jung, Nichkhun Horvejkul
971 Park Ji-sung, Jong Tae-se
Pattaya 51 Kim Min-jung, Nichkhun Horvejkul
 Republik Rakyat Tiongkok Beijing 61-622 Kim Ju-hyuk, Kang Jiyoung, Lee Yeon-hee
Hong Kong 72-73 Jung Yong Hwa, Lee Min-jung
Macau[17] 1333 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
Shanghai 154 Koo Ja-cheol, Park Ji-sung, Patrice Evra, Sulli (f(x))
 Vietnam Hanoi[17] 134 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
Hoa Lu[17] 136 Han Hye-jin, Lee Dong-wook
 Australia Melbourne[18][19] 188-189, 191 Rain, Kim Woo-bin

^1:Kontestan Running Man hadir di pertandingan Asian Dream Cup 2012 bersama Park Ji-sung. Saat pertandingan , terdapat penampilan khusus dari Lee Chung-yong dan Song Joong-Ki. Jong Tae-Se ikut ambil bagian dalam misi eliminasi di Thailand sebelum pertandingan dan saat misi tersebut, Pemain Manchester United, Rio Ferdinand ikut hadir dan bertemu kontestan Running Man
^2:Song Ji-hyo tidak tampil di episode 61, ia digantikan oleh Kang Jiyoung, ia tampil di episode 62 untuk mencuri uang yang dimiliki tim Running Man pada episode sebelumnya, ia dibantu oleh Kim Jong-kook.
^3:Kim Jong-kook datang terlambat dikarenakan cedera kaki, ia hadir ketika setengah acara sudah berjalan.

Rating Running Man[sunting | sunting sumber]

Rating yang Berwarna Merah adalah yang tertinggi, dan yang terendah adalah berwarna biru.

2010[sunting | sunting sumber]

2011[sunting | sunting sumber]

2012[sunting | sunting sumber]

2013[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima dan Nominasi Hasil
2010 4th SBS Entertainment Awards[22] Variety New Star Award Song Joong-ki Menang
Gary Menang
Lee Kwang-soo Menang
Variety Special Award Song Ji-hyo Menang
Best TV Star Award Kim Jong-kook Menang
Netizen Most Popular Program Award Running Man Menang
2011 5th Mnet 20's Choice Awards Hot Variety Star Song Ji-hyo Nominasi
5th SBS Entertainment Awards[23] Newbie Award: Variety Category Lee Kwang-soo Menang
Broadcast Writer Award Park Hyun-sook Menang
Best Entertainer Award: Variety Category Haha Menang
Most Outstanding Program Award Running Man Menang
Outstanding Award: Variety Category Kim Jong-kook Menang
Song Ji-hyo Menang
Netizen’s Most Popular Award Nominasi
Yoo Jae-suk Nominasi
Grand Award (Daesang) Menang
2012 48th Baeksang Arts Awards Best Female Entertainer Song Ji-hyo Nominasi
DramaFever Awards Best Couple NOT Meant to Be! Gary & Song Ji-hyo Nominasi
6th SBS Entertainment Awards[24] Outstanding Award: Variety Category Gary Menang
Ji Suk-jin Menang
Viewer's Most Popular Program Award Running Man Menang
Viewer's Most Popular Award Yoo Jae-suk Menang
Grand Award (Daesang) Menang
2013 49th Baeksang Arts Awards Best Female Entertainer Song Ji-hyo Nominasi
Best Male Entertainer Yoo Jae-suk Nominasi
Grand Award (Daesang) Menang
Best Variety Show Running Man Nominasi
Yahoo! Asia Buzz Award Asia’s Most Charismatic Korean Host Kim Jong-kook Menang
4th allkpop Awards Best Variety Show Running Man Menunggu
NATE Awards Menunggu
Best Couple Gary & Song Ji-hyo Menunggu
7th SBS Entertainment Awards[25] Friendship Award Lee Kwang-soo Menang
Best Couple Award Ji Suk-jin & Lee Kwang-soo Nominasi
Gary & Song Ji-hyo Nominasi
Viewer's Most Popular Award Running Man members Menang
Most Outstanding Program Award Running Man Menang
Male Outstanding Award Haha Menang
Kim Jong-kook Menang
Female Most Outstanding Award Song Ji-hyo Menang
Grand Award (Daesang) Yoo Jae-suk Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Korea) "SBS ‘일요일이 좋다’ 유재석 새 코너 ‘런닝맨’ 출격". Yahoo! Korea News. 25 June 2010. Diakses 28 June 2010. 
  2. ^ (Korea) "첫방 '런닝맨', 독특한 포맷은 '글쎄' 그래도…". Asia Economics. 11 July 2010. Diakses 1 February 2011. 
  3. ^ (Korea) "베일벗은 '런닝맨'의 기대 셋, 우려 셋". TV Report. 12 July 2010. Diakses 1 February 2011. 
  4. ^ (Korea) "런닝맨, 동전이 가득 든 '황금돼지저금통'을 찾아 떠난 멤버들". Arts News. 18 July 2010. Diakses 1 February 2011. 
  5. ^ (Korea) "'런닝맨', 게임+추격전 업그레이드…재미찾았다!". Osen. 22 August 2010. Diakses 2 February 2011. 
  6. ^ (Korea) "‘런닝맨’ 뜨거운 쌍화차 언제까지 원샷? ‘여유 아닌 안쓰러움’". Newsen. 6 September 2010. Diakses 1 February 2011. 
  7. ^ (Korea) "‘런닝맨’, 예능을 넘어 영화 같은 긴장감이 ‘쫄깃’하다". Review Star. 5 November 2012. Diakses 8 April 2013. 
  8. ^ (Korea) "‘런닝맨-바이러스’, 리얼버라이어티 속에 영화 있다". OSEN. 8 April 2013. Diakses 8 April 2013. 
  9. ^ (Korea) "'런닝맨' 3년 묵은 유임스본드 유재석, 왜 신선할까". TV Daily. 8 April 2013. Diakses 8 April 2013. 
  10. ^ (Korea) "'런닝맨', 스릴만점 초능력전..개리 2연속 '최강자'". Star News. 25 December 2012. Diakses 8 April 2013. 
  11. ^ (Korea) "‘런닝맨’ 반전 아이디어+최강호흡, ★없이 ‘재미 꽉’". Newsen. 28 January 2013. Diakses 8 April 2013. 
  12. ^ (Korea) "'애프터스쿨' 리지, 런닝맨 하차?…제작진 "장기 게스트로 출연했던 것"". My Star News. 7 February 2011. Diakses 10 February 2011. 
  13. ^ (Korea) "송중기 '런닝맨' 하차…5월 1일 마지막 방송". Sports Chosun. 27 April 2011. Diakses 27 April 2011. 
  14. ^ (Korea) "<런닝맨> 대만•태국•중국•일본 등 亞 9개국 수출... "한류 예능으로 우뚝"". SBS Entertainment News. 10 November 2011. Diakses 13 November 2011. 
  15. ^ (Korea) "'런닝맨' 조PD, 상반기 아시아 레이스 추진한다". OSEN. 3 January 2013. Diakses 13 January 2013. 
  16. ^ (Korea) ""런닝맨 해외인기 한류아이돌 능가" 제작진도 놀랐다". Newsen. 8 February 2013. Diakses 8 February 2013. 
  17. ^ a b c (Korea) "런닝맨 마카오 하노이 떠난다 “보안상 극비촬영”". Newsen. 30 January 2013. Diakses 30 January 2013. 
  18. ^ (Korea) "'런닝맨', 호주 간다..PD "새로운 그림 담을것"". Star News. 5 February 2014. Diakses 5 February 2014. 
  19. ^ "‘Running Man’ to Continue the Chase in Australia". MWAVE. 6 February 2014. Diakses 6 February 2014. 
  20. ^ a b c d e f g (Korea) TNmS Multimedia Ratings Page
  21. ^ a b c d e f g (Korea) AGB Nielsen Media Research Ratings Page
  22. ^ (Korea) "강호동, SBS연예대상 대상..통산 5번째(종합)". Yahoo! Korea News. 30 December 2010. Diakses 31 December 2010. 
  23. ^ (Korea) "2011 SBS 연예대상 ‘국민MC’ 유재석 대상 <종합>". Poli News. 31 December 2011. Diakses 8 January 2012. 
  24. ^ (Korea) "유재석, 2012 SBS '연예대상' 대상 수상…8년 연속 최고영예(종합)". OSEN. 30 December 2012. Diakses 30 December 2012. 
  25. ^ (Korea) "'SBS 연예대상' 김병만 대상, 모두가 공감한 진정한 예능인들의 축제[종합]". TV Daily. 30 December 2013. Diakses 30 December 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]