Avatar (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Avatar
Avatar-Teaser-Poster.jpg
Sutradara James Cameron
Produser James Cameron
Jon Landau
Penulis James Cameron
Pemeran Sam Worthington
Zoe Saldana
Sigourney Weaver
Michelle Rodriguez
Stephen Lang
Joel David Moore
Giovanni Ribisi
CCH Pounder
Dileep Rao
Matt Gerald
Laz Alonso
Peter Mensah
Wes Studi
Musik James Horner
Sinematografi Mauro Fiore
Penyunting John Refoua
Stephen E. Rivkin
Studio Lightstorm Entertainment
Dune Entertainment
Ingenious Film Partners
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis Bendera Britania Raya 10 Desember 2009
Bendera Amerika Serikat 18 Desember 2009[1]
Durasi 162 menit
Negara  Amerika Serikat
 Britania Raya[2]
Bahasa Inggris
Anggaran $237 juta
Pendapatan kotor $2.209.268.605[3]

Avatar adalah sebuah film fiksi ilmiah 3-D yang disutradarai oleh James Cameron. Film ini dirilis pada tanggal 18 Desember 2009 di Amerika Serikat. Perilisan untuk seluruh dunia pada 16 Desember 2009 oleh 20th Century Fox.[1][4] Film ini berkisah mengenai konflik di dunia yang bernama Pandora, di saat manusia dan penduduk asli Pandora terlibat dalam peperangan. Film ini dirilis dalam format 2D dan 3D, dan juga akan dirilis di teater IMAX 3D.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jake Sully (Sam Worthington) adalah seorang mantan angkatan laut Amerika Serikat yang kedua kakinya lumpuh dikarenakan cidera tulang belakang. Ia terpilih untuk berpartisipasi dalam program Avatar untuk menggantikan kembarannya yang meninggal dunia. Proyek yang memungkinkannya bisa berjalan kembali. Jake menuju ke Pandora, sebuah bulan nan subur yang penuh dengan berbagai macam makhluk hidup. Pandora merupakan habitat bagi suku Na’vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki Pandora untuk menambang mineral bernama unobtanium yang ada di sana, suku Na’vi memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman.

Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Dikarenakan manusia tidak dapat menghirup udara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk yang mirip suku Na’vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanita muda dari suku Na’vi bernama Neytiri (Zoe Saldana).

Seiring berjalannya waktu, Jake berbaur dengan suku Na’vi dan jatuh cinta kepada Neytiri. Pada akhirnya, Jake dilanda dilema antara tujuannya dikirim oleh perusahaan tambang ke Pandora, dan suku Na’vi yang memaksanya untuk memihak pada satu pilihan yang akan menentukan nasib suku Na’vi dan manusia di Pandora.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Avatar International Release Dates". foxinternational.com. Diakses 2009-10-31. 
  2. ^ "Avatar". BFI. Diakses 20 Juli 2013. 
  3. ^ "Avatar". Box Office Mojo. Diakses January 3, 2010. 
  4. ^ "Avatar (2009) - Release dates". IMDB.com. Diakses 2009-10-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]