Bora Bora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bora Bora
BoraboraISS006-E-39815.PNG
Citra NASA dari Pulau Bora Bora dan lagunanya
Geografi
Lokasi Samudera Pasifik
Koordinat 16°29′40″LU 151°44′11″BT / 16,49444°LS 151,73639°BB / -16.49444; -151.73639
Kepulauan Kepulauan Masyarakat
Luas 29,3 km2 (113,1 sq mi)
Ketinggian tertinggi 727 m (2.385 ft)
Puncak tertinggi Gunung Otemanu
Negara
Jajahan seberang laut Perancis Polinesia Perancis
Sub-Divisi Administratif Leeward
Komune Bora Bora
Kota terbesar Vaitape (pop. 4,927 penduduk)
Demografi
Populasi 8,880 (per sensus Agustus 2007)
Pemandangan Timur Laut Bora Bora dari Gunung Pahia

Bora Bora adalah sebuah pulau di gugus Leeward dari Kepulauan Masyarakat, Polinesia Perancis, sebuah jajahan seberang laut Perancis yang terletak di Samudera Pasifik. Pulau ini terletak sekitar 230 km (140 mi) barat laut dari Papeete. Pulau ini dikelilingi sebuah laguna dan deretan terumbu karang. Di tengah-tengah pulau terdapat bekas sebuah gunung berapi yang memiliki dua puncak, Gunung Pahia dan Gunung Otemanu, dengan titik tertinggi di 727 m (2,385 ft).

Bora Bora merupakan tujuan utama pariwisata internasional, yang terkenal akan resor aqua-centric yang mewah. Pemukiman utama, Vaitape, terletak di bagian barat pulau utama, berlawanan arah dengan jalur utama menuju laguna. Hasil produksi pulau ini kebanyakan terbatas pada apa yang dapat dimanfaatkan dari laut dan pohon kelapa, yang memiliki peran ekonomi bersejarah dalam menghasilkan kopra. Berdasarkan hasil sensus pada tahun 2008, populasi Bora Bora mencapai 8,880 jiwa.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Ekonomi Bora Bora saat ini lebih banyak digerakkan hanya oleh sektor pariwisata. Beberapa tahun belakangan ini, resor-resor mulai dibangun di beberapa motu (pulau kecil, bahasa Tahiti) yang mengelilingi laguna. Sekitar tiga puluh tahun yang lalu, Hotel Bora Bora membangun beberapa over-water bungalow pertama di Bora Bora, yang fondasinya menancap di dasar laguna. Saat ini, over-water bungalow sudah menjadi fitur standar dari kebanyakan resor di Bora Bora. Kualitas dari bungalow-bungalow tersebut amat beragam, mulai dari yang murah meriah, standar, hingga bungalow bertarif mahal yang menyajikan kemewahan.

Destinasi utama para wisatawan adalah resor-resor aqua-centric. Wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa tempat menarik di pulau ini seperti bekas meriam Perang Dunia II. Pintu masuk utama pulau ini adalah Bandar Udara Bora Bora di Motu Mute di sebelah utara, yang bisa dijangkau dari Papeete di Tahiti lewat penerbangan harian yang disediakan Air Tahiti.

Transportasi umum belum terdapat di pulau ini. Menyewa mobil dan sepeda pun menjadi salah satu cara transportasi yang direkomendasikan. Di pulau ini juga terdapat penyewaan perahu motor yang bisa digunakan untuk menjelajahi laguna.

Snorkeling dan selam scuba di dan sekitar laguna Bora Bora meruapakan kegiatan yang banyak dilakukan para wisatawan. Dengan adanya beberapa spesies hiu dan ikan pari yang mendiami sekeliling perairan ini, beberapa operator selam menawarkan paket selam bersama ikan pari dan memberi makan hiu.

Untuk menambah luas lahan dari pulau yang sudah ada di Bora Bora, motu buatan, Motu Marfo, telah dibangun di sebelah timur laut laguna milik St. Regis Resort.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]