Powerglide

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Powerglide (Survolo di Kanada, dan Jumbo di Italia) adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan salah satu dari sedikit Autobots yang bisa terbang, mengingat model alternatifnya sebagai pesawat tempur A-10 Thunderbolt II Warthog.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Powerglide pertama tampil dalam episode "A Prime Problem", menyelamatkan Spike setelah Megatron melemparkannya dari pesawat. Selanjutnya Powerglide tampil menggantikan Skyfire sebagai salah satu media transportasi udara Autobots selain Omega Supreme dan Cosmos.

Ia kemudian tampil dalam berbagai petualangan, diantaranya melawan Skywarp ("The Master Builders"), berakting debagai alien raksasa jahat dalam film Hollywood ("Hoist Goes Hollywood"), mengantarkan Perceptor, Brawn, dan Bumblebee untuk meng-KO Heart of Cybertron yang dipakai Megatron ("Micro-bots") dan pergi menuju Cybertron untuk menyelamatkan Optimus Prime dan bertarung melawan Decepticons. Ia kemudian bertemu dengan pacar lamanya, Moonracer ("The Search for Alpha Trion").

Dalam episode 54, "The Girl Who Loved Powerglide", ia diceritakan jatuh cinta pada seorang gadis bernama Astoria Carlton Ritz. Dalam episode itu, gadis itu diculik oleh trio coneheads (Dirge, Ramjet, dan Thrust). Powerglide kemudian berusaha untuk menyelamatkannya, namun malah terjebak dalam percobaan senjata baru Decepticons. Dimana gadis tersebut mempunyai alat yang sangat diincar oleh Megatron, dengan cerdas Astoria melemparkan alat tersebut dan menyebabkan markas bawah tanah mereka kebanjiran, Powerglide kemudian berhasil menyelamatkan Astoria, dan mereka akhirnya memutuskan untuk berteman saja.

Transformers: The Movie[sunting | sunting sumber]

Powerglide tidak tampil dalam The Transformers: The Movie, namun ia sempat muncul dalam beberapa episode setelah film. Penampilan terakhirnya adalah dalam episode 87, "The Big Broadcast of 2006".