Hoist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hoist
Autobot
Nama Jepang Grap Super Mode
Sub-grup Autobot Cars
Fungsi Maintenance
Rekan Grapple (G1)
Refute (Armada)
Semboyan "You have to be rolling before you can be fighting." (G1)
Model alternatif Toyota Hilux Tow Truck
Backhoe
Seri Transformers: Generation 1
Machine Wars
Transformers: Universe
Transformers: Armada

Hoist (Treuil di Montreal, Buffalo di Italia) adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers: Generation 1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers original, Hoist adalah ahli perbaikan dan perawatan Autobots. Namun ia tidak sehandal Ratchet. Hoist memiliki karakter konfidern, dan juga loyalitas yang tinggi. Ia berubah menjadi truk derek warna hijau. Mainan Hoist dirilis tahun 1985 dan merupakan warna perubahan dari Trailbreaker. Senjata utamanya adalah dua roket yang tersimpan rapi di bagian badan mobilnya.

Pengisi suara Hoist versi bahasa Inggris adalah Michael Chain, sementara untuk versi bahasa Jepang oleh Koki Kataoka.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Hoist tampil adalah dalam episode #28, "The Master Builders". Ia bersama Grapple mendesain menara matahari untuk mengumpulkan energi. Namun rencananya untuk membangun tower tersebut menjadi kenyataan dilarang oleh Optimus Prime karena takut akan diambil alih oleh Decepticons.

Meskipun begitu, Grapple dan Hoist mendapat bantuan dari Constructicons. Mereka lantas membohongi Grapple dan Hoist bahwa mereka meninggalkan Decepticons dan akan menolong dua Autobots tersebut untuk mewujudkan impiannya. Grapple dan Hoist menyetujuinya dan menara tersebut selesai, sampai akhirnya direbut oleh Megatron dan kemudian dua Autobots tersebut dipenjarakan dalam semen. Kemudian rekan-rekan Autobots yang lain datang dan menolong mereka. Optimus kemudian memaafkan ulah Grapple dan Hoist sambil menasihati agar jangan terulang lagi.

Dalam "A Decepticon Raider in King Arthur's Court," Warpath, Hoist dan Spike Witwicky bertarung melawan Starscream, Ramjet, Rumble dan Ravage di Inggris. Kekurangan tenaga, Autobots dan Decepticons menemukan batu ajaib yang disebut the Dragon Mound dan membawa mereka ke tahun 543 (Inggris zaman kuno). Selanjutnya Starscream menguasai kastil dan membangun pasukan dengan klaim diri bahwa Starscream adalah kaisar. Pertolongan dari penyihir setempat akhirnya membantu Autobots dan mereka akhirnya bisa mengalahkan Decepticons. Setelah mengalahkan naga yang menelurkan Dragon Mound, Autobots dan Decepticons kembali ke zaman masa sekarang di Inggris modern.

Selanjutnya, Hoist tampil dalam Season 2 episode "Hoist Goes Hollywood", dimana ia bersama beberapa Autobots, seperti Tracks, Warpath, Powerglide, Sunstreaker, Spike dan Carly direkrut oleh seorang sutradara Hollywood untuk membintangi film berjudul Attack of the Alien Robots. Sekali lagi mereka semua harus melawan Decepticons, yang ternyata mencoba mencuri film yang merekam adengan jatuh Astrotrain yang membawa senjata dari Cybertron. Lantas Megatron mencoba merebut film tersebut –yang dipegang oleh Carly- dan Hoist berpura-pura menjatuhkan Spike dan Carly ke dalam larutan lava buatan, hingga seolah-olah Megatron menganggap bahwa film tersebut sudah musnah di telan lava.

Penampilan terakhir Hoist adalah di episode #64, "Masquerade". Ia tidak tampil dalam The Transformers: The Movie, season ketiga, dan semua seri ekslusif Transformers Jepang.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Armada, Hoist (Grap Super Mode di Jepang) adalah nama baru yang di adopsi oleh Smokescreen setelah ia dibangun ulang karena kerusakan yang ia alami saat melawan Megatron dan pasukan Requiem Blaster. Ia berubah menjadi backhoe warna putih, dan memilki rekan dengan Mini-Con Refute. Hoist, seperti Smokscreen sebelum ia, diisi suaranya oleh Dale Wilson.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Setelah nyaris tewas oleh Megatron's requiem blaster, Smokescreen dibangun ulang oleh Red Alert menjadi Hoist. Hoist kemudian melawan beberapa musuh dari Decepticons, dan selamat saat ia melawan Unicron.

Transformers: The Game[sunting | sunting sumber]

Playstation Portable version[sunting | sunting sumber]

Hoist adalah salah satu karakter yang bisa kita mainkan dalam versi PSP.

Transformers: Autobots[sunting | sunting sumber]

Ada sebuah karakter dalam game yang bernama Maintenance yang merujuk kepada Hoist.