Piye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Piye adalah firaun pertama yang berasal dari pedalaman Afrika, Nubia (kini sebagian besar wilayahnya terletak di Sudan), yang menaklukkan Mesir Kuno pada tahun 730 SM. Jadilah dia menjadi penguasa dua negeri sekaligus, Nubia dan Mesir(Draper, 2008). Tulisan Robert Drawer sendiri, didasarkan atas penemuan Charles Bonet yang telah menemukan patung-patung kuno di Kerma, ibu kota Nubia, Sudan.

Tujuan penaklukan adalah untuk menyelamatkan dan menyatukan Mesir dari situasi politik yang terpecah belah oleh faksi-faksi yang bertikai saat itu. Di mana bagian utara Mesir saat itu diperintah oleh pemuka Libya yang berhasil meraih kepercayaan rakyat Mesir melalui jebakan tradisi firauniah. Tetapi begitu berhasil, secara perlahan tradisi tersebut justru dihilangkan. Piye telah berhasil mengembalikan adat istiadat, budaya, spiritual, pemakaman, dan bangunan-bangunan piramida sejati yang telah hilang dari Mesir yang sebelumnya telah diadopsi dan dilestarikan oleh Nubia. Berkat Piye lah akhirnya Mesir dapat kembali menjadi Mesir sejati.

Piye wafat pada tahun 721 SM dan dikebumikan dalam sebuah piramida bergaya Mesir. Piye adalah firaun pertama yang dimakamkan dengan cara tersebut lebih dari 500 tahun. Sampai saat ini para arkeologi belum berhasil menemukan gambaran utuh bentuk rupa wajahnya, selain patung kaki yang tersisa dan sebuah relief pada kuil yang menyatakan bahwa Piye memiliki kulit berwarna hitam, pada kuil di Napata, ibukota Nubia.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Robert Draper, Para Firaun Hitam, Majalah National Geographic Indonesia, Edisi Februari 2008.
  • Koran Tempo, 29 Januari 2003.