Dinasti ketiga Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daftar Dinasti
pada zaman Mesir Kuno

Periode Predinastik
Periode Protodinastik
Periode Dinasti Awal
ke-1 ke-2
Kerajaan Lama
ke-3 ke-4 ke-5 ke-6
Periode Menengah Pertama
ke-7 ke-8 ke-9 ke-10
ke-11 (hanya Thebes)
Kerajaan Pertengahan
ke-11 (seluruh Mesir)
ke-12 ke-13 ke-14
Periode Menengah Kedua
ke-15 ke-16 ke-17
Kerajaan Baru
ke-18 ke-19 ke-20
Periode Menengah Ketiga
ke-21 ke-22 ke-23
ke-24 ke-25
Periode Akhir
ke-26
ke-27 (Periode Persia Pertama)
ke-28 ke-29 ke-30
ke-31 (Periode Persia Kedua)
Periode Yunani-Romawi
Alexander Agung
Dinasti Ptolemeus
Mesir Romawi
Serbuan Arab

Dinasti Ketiga dari Mesir Kuno adalah dinasti pertama dari Kerajaan Lama. Dinasti lain dari Kerajaan Lama meliputi dinasti keempat, kelima, dan keenam. Ibu kota pada periode Kerajaan Lama terletak di Memphis.

Penguasa[sunting | sunting sumber]

Manetho menyebut Necherophes sebagai raja pertama dari dinasti ketiga, sedangkan daftar Raja Turin menyebutkan Nebka (juga disebut Sanakhte). Banyak ahli sejarah Mesir Kuno saat ini percaya bahwa Djoser merupakan raja pertama dari dinasti ini, berdasarkan pada Papirus Westcar yang mendaftarkan beberapa raja yang pernah berkuasa sebelum Khufu (dinasti keempat) yang menyebutkan bahwa Nebka terletak di antara Djoser dan Huni, dan bukan sebelum Djoser. Yang lebih penting, segel bertuliskan nama Djoser ditemukan di pintu masuk makam Khasekhemwy di Abydos, yang menunjukkan bahwa Djoser, bukan Sanakhte, yang memakamkan dan menggantukan raja ini. Daftar Raja Turin menuliskan nama Djoser dengan tinta merah, yang menandakan penghargaan mengenai betapa pentingnya raja ini dalam sejarah kebudayaan Mesir Kuno. Dalam beberapa hal, Djoser adalah raja yang cukup terkenal dari dinasti ini, dengan memerintahkan viziernya, Imhotep untuk membangun piramida pertama, Piramida Bertingkat (Piramida Djoser).

Beberapa pihak percaya bahwa Imhotep hidup dalam masa pemerintahan raja Huni. Sedikit yang diketahui mengenai Sekhemkhet. Bagaimanapun, dipercaya bahwa Khaba kemungkinan membangun Piramida Berlapis di Zawyet el'Aryan.

Garis waktu dinasti ketiga[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]