Ptolemaios II Philadelphos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ptolemaios II Philadelphos (depan) bersama istri/adik, Arsinoe II

Ptolemaios II Philadelphos (dalam bahasa Yunani: Πτολεμαῖος Φιλάδελφος, Ptolemaĩos Philádelphos"), lahir pada 309 SM dan meninggal pada 246 SM adalah seorang raja Dinasti Ptolemaik (Ptolemaios Mesir) dari tahun 283 - 246 SM. Beliau merupakan anak dari pendiri kerajaan Ptolemaik yaitu Ptolemaios I Soter dan Berenike I, beliau mendapatkan pengajaran dari Philitas dari Kos. Dua orang saudara tiri yaitu Ptolemaios Keraunos dan Meleagros kemudian menjadi raja Makedonia pada tahun 281 sampai 279 SM, sebelum keduanya tewas dalam invasi ke Galia pada tahun 280-279 SM.

Ptolemaios II membuat prasasti Great Mendes Stela di Mendes, Mesir.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ia mulai memerintah sebagai raja muda bersama ayahnya, Ptolemaios I Soter dari tahun ~. 285 SM sampai ~ 283 SM di Alexandria.

Dalam masa pemerintahannya, Mesir terlibat dalam beberapa peperangan. Magas dari Cyrene memulai perang dengan saudara tirinya tahun 274 SM. Antiokhos I Soter, raja Seleukia, mengingini daerah Coele-Syria dan Yudea, memulai "Perang Suriah pertama" yang berlangsung 3 tahun. Kemenangan Mesir menguatkan kekuasaannya di Laut Tengah; armadanya (112 kapal) memiliki unit pengepungan laut terkuat pda zamannya, memberi jaminan akses ke semua kota pesisir di wilayahnya.

Dalam "Perang Suriah kedua" melawan raja Seleukia, Antiokhos II Theos (setelah tahun 260 SM), Ptolemaios mengalami kekalahan di Asia Kecil dan setuju untuk berdamai dimana Antiokhos II menikahi putrinya, Berenike (~ 250 SM). Hal ini menggenapi nubuat dalam Kitab Daniel pasal 11 di Alkitab.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ptolemaios I Soter
Dinasti Ptolemaik Diteruskan oleh:
Ptolemaios III Euergetes