Berenike I dari Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Berenice I

Berenice I pada koin "Promptuarii Iconum Insigniorum"
Lahir 340 SM
Meninggal Mesir, antara 279 dan 268 SM
Pasangan Philip, bangsawan Makedonia
Ptolemeus I Soter
Anak

Pernikahan dengan Philip :
Magas
Antigone
Theoxena

Pernikahan dengan Ptolemeus I :
Ptolemeus II Philadelphos
Arsinoe II dari Mesir
Philotera
Orang tua Magas (Ayah)
Antigone dari Makedonia (Ibu)

Berenice I (279 - 274 SM) adalah seorang wanita bangsawan Yunani Makedonia yang menikah dengan Ptolemeus I Soter dan menjadi ratu pertama dinasti Ptolemaik Mesir.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

Berenice adalah anak perempuan dari pasangan bangsawan (yang tidak begitu dikenal) Magas dan Antigone [1]. Kakek dari ibunya adalah seorang bangsawan yang bernama Cassander adalah saudara dari Antipater[2] dan melalui ibunyalah terjadi hubungan dengan keluarga Antipater.

Pernikahan pertama dengan Philip[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 325 SM Berenice menikah dengan sorang bangsawan yang bernama Philip[3]. Ada kemungkinan bahwa Philip sebelumnya pernah menikah dan mempunyai keturunan. Dari pernikahannya ini, Berenice dikaruniani tiga orang anak yaitu : seorang anak perempuan bernama Antigone, Antigone menikah dengan Raja Pyrrhus dari Epirus, anak lelaki bernama Raja Magas dari Cyrene, dan anak ketiga seorang perempuan bernama Theoxena[4].

Magas pernah menjadi seorang pendeta di kuil Apollo[5]. Pyrrhus memberi nama sebuah kota dengan nama mertuanya yaitu kota Berenike.

Pernikahan kedua dengan Ptolemeus I[sunting | sunting sumber]

Gambar kepala Ptolemy II dan ibunya Berenice I

Setelah kematian suaminya, Berenice hijrah ke Mesir dan menjadi dayang Eurydice yang merupakan sepupu pertama ibunya. Eurydice dari Mesir|Eurydice]] adalah istri pertama Ptolemeus I. Ptolemeus I adalah salah satu jendral Alexander Agung dan pendiri dinasti Ptolemeus di Mesir kuno. Ptolemeus I tertarik kepada sepupu Eurydice, Berenice dan kemudian menikahinya pada tahun 317 SM. Dari pernikahannya dengan Ptolemeus, Berenice melahirkan tiga orang anak yaitu : anak perempuan bernama Arsinoe II dari Mesir, anak laki-laki bernama Ptolemeus II Philadelphos, dan seorang anak perempuan bernama Philotera[6].

Di sebuah olimpiade disebutkan bahwa Berenice merupakan seorang pemenang dalam balapan chariot. Ptolemeus II merupakan penerus tahta kerajaan karena dia merupakan anak dari Ptolemeus I dan Berenice. Sebuah pelabuhan dengan nama Berenice dibangun di Laut Merah. Setelah kematian Berenice, Ptolemeus II dan Ptolemeus IV Filopator meminta Theocritus untuk membuat puisi sebagai penghormatan bagi Berenice[7].

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]