Ptolemaios VI Philometor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Koin Ptolemaios VI Philometor

Ptolemaios VI Philometor (bahasa Yunani: Πτολεμαῖος Φιλομήτωρ, Ptolemaĩos Philomḗtōr, sek. 186–145 SM) adalah raja dari Dinasti Ptolemaik di Kerajaan Ptolemaik di Mesir. Dia berkuasa dari tahun 180 sampai 145 SM. Ptolemauis menggantikan ayahnya pada usia 6 tahun dan memerintah bersama ibunya, Kleopatra I, sampai ibunya meninggal pada tahun 167 SM. Setahun kemudian dia menikahi saudarinya sendiri, Kleopatra II.

Sejak tahun 169 SM–164 SM, Kerajaan Ptolemaik diperintah oleh triumvirat yang terdiri dari Ptolemaios VI, Kleopatra II, dan Ptolemaios VIII Physkon, adik Ptolemaios VI. Pada tahun 164 SM, Ptolemaios VI diusir oleh adiknya, dan dia pun meminta bantuan pada Republik Romawi, yang mengembalikannya ke tahta. Dia memerintah dengan keras dan meindak pemberontakan secara kejam.

Pada tahun 152 SM, dia memerintah berdua bersama putranya, Ptolemaios Eupator, tapi diperkirakan bahwa Eupator meninggal pada tahun yang sama. Pada tahun 145 SM, dia meninggal akibat luka yang dia peroleh dalam pertempuran mealwan Aleksander Balas dari Suriah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ptolemaios V Epiphanes
Kleopatra I
Raja Ptolemaik Mesir
bersama Kleopatra I
Kleopatra II
Ptolemaios VIII Physkon

181–164 SM
Diteruskan oleh:
Ptolemaios VIII Physkon
Didahului oleh:
Ptolemaios VIII Physkon
Raja Ptolemaik Mesir
bersama Kleopatra II
Ptolemaios VIII Physkon
Ptolemaios VII Neos Philopator

163–145 SM
Diteruskan oleh:
Kleopatra II
Ptolemaios VII Neos Philopator