Organisasi Ibu kota dan Kota Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


منظمة العواصم والمدن الإسلامية
Organisation of Islamic Capital and Cities
Organisation des Capitales et Villes Islamiques
Organisasi Ibu kota dan Kota Islam
Pusat administrasiMekkah, Arab Saudi
Bahasa resmiArab, Inggris, Prancis
Keanggotaan141 kota anggota
Situs web resmi
www.oicc.org
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Organisasi Ibu kota dan Kota Islam (Arab: منظمة العواصم والمدن الإسلامية, bahasa Inggris: Organisation of Islamic Capital and Cities, Prancis: Organisation des Capitales et Villes Islamiques) disingkat dengan OICC adalah sebuah organisasi/Lembaga Swadaya Masyarakat internasional yang didirikan pada tahun 1980. Organisasi ini bermarkas di Mekkah, Arab Saudi dan tidak memiliki kegiatan dan hubungan politik, tidak mencampuri urusan kenegaraan, dan kegiatan-kegiatan organisasi ini terkonsentrasi dalam pencampaian tujuan kerangka pembangunan berkelanjutan berkenaan permukiman manusia.

Organisasi ini memiliki 141 anggota yang terdiri dari ibu kota dan kota, yang berasal dari 54 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam di 4 benua, yaitu Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Selatan, juga terdapat 8 kota anggota pengamat yang bukan merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam, 14 anggota tidak penuh dari Kementerian, Organisasi, Universitas, Pusat Riset dari negara-negara Islam yang memiliki hubungan sesuai dengan kegiatan dan tujuan organisasi. Bahasa resmi organisasi ini adalah bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

Sumber keuangan organisasi ini berasal dari keikutsertaan tahunan anggota, hibah anggota, pribadi, organisasi, pemerintah kota, pemerintah dan pemasukan dari investasi organisasi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]